8 Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Manusia

 27 May 2019  Khoirul Rizky F
8 Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Manusia

Image Source: salingamanah.com

Secara umum, pengertian sumber daya alam adalah segala sesuatu yang bersumber dari alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dan keberlangsungan hidup manusia.

Nah, berbicara mengenai sumber daya alam, sebenarnya banyak hal yang bisa kita bahas. Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan membahas mengenai 8 manfaat sumber daya alam bagi manusia, hewan dan tumbuhan.

Sebenarnya, banyak sekali sumber daya alam yang terdapat di tanah air kita ini. Dan juga tentunya, sumber daya alam yang melimpah ruah ini sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan sehari-hari kita. Karena, pada dasarnya semua kegiatan yang kita lakukan setiap hari membutuhkan sumber daya alam.

Lalu apa saja manfaat sumber daya alam? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi mengenai beberapa manfaat dari sumber daya alam dibawah ini.

Berikut Ini Beberapa Manfaat Sumber Daya Alam

8 Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Manusia
Image Source: salingamanah.com

1. Memenuhi Kebutuhan Pangan Manusia

Apa manfaat dari sumber daya alam yang pertama? Salah satu manfaat dari sumber daya alam yang penting merupakan sebagai pemenuh kebutuhan pangan manusia dan juga hewan.

Sumber daya alam yang berdasarkan flora dan fauna adalah sumber daya utama untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Kebanyakan, sumber daya ini diolah sedemikian rupa sampai mampu menjadi bermacam-macam bentuk pangan bagi orang maupun hewan di bumi.

2. Sumber Bahan Bakar dan Energi

Pemananfaatan sumber daya alam yang tidak kalah penting adalah sebagai sumber energi dan juga bahan bakar yang biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari ataupun kebutuhan industri.

Sumber daya alam berupa minyak bumi dan gas alam misalnya, bermanfaat sebagai sumber bahan bakar yang bisa menghidupkan listrik, kendaraan bermotor, juga kompor yang bisa digunakan untuk mengolah makanan.

Selain minyak bumi dan gas alam, sekarang energi matahari dan angin pun sudah mulai digunakan sebagai pengganti minyak bumi dan gas untuk sumber energi dan bahan bakar.

3. Sebagai Sumber Energi Pembangkit Listrik

Seperti telah disebutkan di poin ke 2, salah satu manfaat menurut SDA merupakan sebagai tenaga pembangikt listrik yang sangat diharapkan oleh rakyat.

Dengan memakai bahan bakar minyak bumi ataupun menggunakan menggunakan energi matahari, sumber daya alam akan dikonversi menjadi energi listrik.

4. Membantu Pengembangan Teknologi

Teknologi merupakan hal yang terus berkembang tanpa henti. Untuk mengembangkan teknologi menjadi lebih canggih, dibutuhkan sumber daya alam yang merupakan unsur penting dalam hal ini.

Secara sadar ataupun tidak, cepat atau lambat, segala macam wujud pengembangan teknologi yang kita rasakan sudah pasti membutuhkan sumber daya alam.

Karena dalam proses penilitian maupun produksi sebuah teknolgi pasti membutuhkan sumber daya dari alam untuk menyelesaikannya sehingga menjadi teknolgi yang akan mempermudah keseharian kita.

5. Suplai Oksigen

Oksigen merupakan unsur yang sangat krusial bagi kehidupan mahluk hayati di bumi ini. Apabila tidak ada oksigen yang ada pada udara maka telah dipastikan tidak akan terdapat mahluk hidup yang sanggup bertahan & akan terjadi kepunahan mahluk hidup.

Oksigen yang merupakan unsur krusial bagi mahluk hidup banyak dihasilkan oleh pepohonan atau flora-flora. Maka menjadi salah satu sumber daya yangg bisa diperbaharui, oleh karena itu pepohonan termasuk oksigennya sangat krusial dan sangat diharuskan dijaga keberadaanya.

6. Menjaga Keseimbangan Alam

Selain berfungsi menunjang kebutuhan hidup manusia, sumber daya alam juga memiliki peran dalam menjaga keseimbangan alam dan juga kelestarian bumi.

Tidak sepatutnya kita mengeksploitasi SDA secara besar-besaran tanpa diimbangi oleh pelestariannya. Sumber daya yang tidak dijaga dan dieksploitasi secara berlebihan akan rusak dan habis.

Kalau saja alam tidak lagi seimbang karena keserakahan manusia, maka akibatnya yang paling fatal adalah akan terjadi bencana alam dimana-mana dimulai dari perubahan iklim yang begitu cepat.

Baca Juga:

7. Sumber Mata Pencaharian

Manusia membutuhkan pendapatan dari mata pencaharian yang mereka geluti untuk terus hidup. Seperti misalnya;

  • Para pekerja tambang yang menggantungkan hidupnya dari hasil tambang
  • Pekerja di rig lepas pantai yang hidupnya menggantung pada hasil minyak bumi
  • Selain itu, ada juga para petani yang hidupnya tergantung oleh sumber daya seperti tumbuh-tumbuhan, tanah, air supaya hasil panennya bagus dan bisa dijual.

8. Sebagai Cadangan Devisa Bagi Negara

Devisa merupakan salah satu media yang digunakan oleh negara untuk melaksanakan transakasi legal secara internasional.

Cara transaksi devisa adalah apabila suatu negara membutuhkan dana yang besar, maka sumber daya yang menjadi cadangan devisa bisa dikomersilkan sehingga sebuah negara mendapat keuntungan tersebut.

Jadi melimpahnya kekayaan alam di indonesia ini dimanfaatkan oleh negara untuk kelancaran berjalannya ekonomi di indonesia.

Demikian penjelasan diatas mengenai apa manfaat sumber daya alam. Semoga bermanfaat!