12 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

 15 May 2019  Wahyu Fajar
12 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

Image source: vanbumen.com

Apa manfaat puasa bagi kesehatan? Selama berabad-abad, puasa merupakan salah satu ibadah yang dijalani oleh masyarakat Muslim di seluruh dunia untuk memenuhi tuntutan agama atau tradisi. Bagi umat Islam, puasa merupakan sebuah ibadah yang wajib dijalani tiap hari terutama selama bulan Ramadhan.

Puasa Ramadhan sebulan penuh merupakan perintah Allah kepada umat Rasulullah SAW. Dan kewajiban ini terdapat dalam Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 183.

Sehingga ketika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan harus diyakini pastilah ada manfaatnya, termasuk dalam aspek kesehatan atau menyehatkan tubuh kita. Banyak manfaat puasa bagi kesehatan yang memberi efek yang luar biasa dan tidak pernah diduga sebelumnya oleh para ilmuwan.

Apa manfaat puasa untuk kesehatan? Sebagian besar orang menilai puasa hanya sebagai kewajiban agama, namun hanya sedikit yang tahu manfaat puasa Ramadhan ini. Tak hanya menahan hawa nafsu, puasa ternyata juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Selain mendapat pahala, ibadah puasa ternyata memiliki manfaat kesehatan bagi orang-orang yang menjalankannya. Hasilnya, terdapat manfaat luar biasa dan tidak disangka sebelumnya dan mungkin belum disadari oleh sebagian orang. Manfaat puasa bagi kesehatan sebagian telah terbukti secara ilmiah.

Puasa, baik karena kewajiban keagamaan maupun alasan kesehatan, memiliki berbagai manfaat bagi fisik dan mental Anda.

Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan berbagi mengenai manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani yang luar biasa. Yuk simak informasi selengkapnya penjelasan mengenai apa saja manfaat puasa bagi kesehatan di sini.

Baca Juga:

Inilah 10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

1. Puasa membersihkan racun (detoksifikasi)

Apa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh? Makanan olahan yang dikonsumsi setiap hari mengandung banyak zat tambahan, zat ini bisa menjadi racun dalam tubuh apabila tidak dikeluarkan rutin. Proses penyaringan melalui organ hati saja tidak cukup, tetapi harus ada upaya lain yang dilakukan agar tubuh benar-benar bersih dari racun.

Sebagian besar racun yang ada di dalam tubuh tersimpan dalam lemak. Lemak tersebut akan dibakar pada saat puasa, terutama jika sudah lama. Organ-organ yang terlibat dalam proses pelepasan racun (detoksifikasi) diantaranya adalah hati, ginjal dan organ tubuh lainnya.

2. Puasa mengistirahatkan sistem pencernaan

Manfaat puasa bagi kesehatan yang paling terasa bagi tubuh yaitu kerja organ pencernaan yang tidak terlalu berat. Fungsi fisiologis normal akan tetap berlanjut terutama saat produksi sekresi dalam proses pencernaan. Tapi proses tersebut hanya berlangsung pada tingkat yang lebih rendah. Sehingga proses ini membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Puasa mengatasi peradangan

Dari penelitian yang dilakukan bahwa puasa membantu menurunkan efek peradangan dan alergi. Beberapa contoh penyakit peradangan diantaranya rheumatoid arthritis, arthritis dan penyakit kulit seperti psoriasis. Beberapa ahli menyatakan bahwa puasa dapat meningkatkan penyembuhan penyakit radang usus besar seperti kolitis ulserativa.

4. Puasa mengurangi gula darah

Tubuh akan merespon dengan menggunakan glukosa yang tersimpan dalam jaringan tubuh untuk menghasilkan energi saat Anda sedang berpuasa. Sehingga gula darah Anda dapat turun dengan baik.

Tapi sebaiknya orang yang menderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menunaikan ibadah puasa. Tetapi bagi mereka yang memiliki gula darah tinggi dan tidak menderita diabetes, maka akan mendapatkan manfaat dari puasa ini.

5. Puasa membantu mengatasi kegemukan

Manfaat puasa bagi kesehatan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau sedang diet. Puasa adalah salah satu proses diet alami tanpa efek samping bagi orang-orang tanpa riwayat penyakit sebelumnya.

Saat kita sedang berpuasa tubuh akan memecahan glukosa yang tersimpan. Ketika glukosa habis, proses ketosis akan dimulai. Pada proses ini tubuh akan memecah lemak-lemak yang ada di ginjal dan otot-otot sebagai sumber energi. Banyaknya lemak yang terbuang, sehingga peluang untuk mendapatkan tubuh ideal akan menjadi semakin terbuka.

Lemak yang tertimbun dalam tubuh tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena akan mengakibatkan tubuh mengalami kegemukan atau obesitas yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit serius.

6. Puasa menurunkan tekanan darah tinggi

Puasa merupakan metode alami untuk mengurangi tekanan darah salah satunya membantu mengurangi risiko Atherosclerosis. Atherosclerosis adalah penyakit yang terbentuk karena adanya plak di dinding arteri. Yang menyebabkan arteri menjadi lebih tebal. Arteri sendiri merupakan pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung. Plak terbentuk akibat dari kegemukan, kolesterol, kalsium dan substansi lain yang terdapat pada darah.

7. Puasa membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat puasa yang paling banyak orang-orang sukai adalah puasa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Namun puasa bukanlah metode penurunan berat badan yang baik dan bukan satu-satunya solusi. Mengurangi asupan lemak, gula, serta meningkatkan konsumsi buah-buahan adalah langkah yang baik untuk mendapatkan berat badan ideal.

8. Puasa adalah diet sehat

Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi makanan junk food, saat puasa adalah waktu yang tepat untuk menghentikan kebiasaan tidak sehat tersebut. Aktivitas puasa akan membuat seseorang untuk lebih mempertimbangkan mengkonsumsi makanan alami, terutama air dan buah-buahan daripada junk food.

Sehingga manfaat puasa Ramadhan selain menjalankan kewajiban dan ibadah puasa juga ternyata sebagai program gaya hidup sehat.

9. Puasa meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh)

Seseorang yang menerapkan pola makan seimbang saat sahur dan berbuka, maka akan membuat kekebalan tubuh Anda meningkat. Ketika Anda berbuka puasa menggunakan buah-buahan, hal itu akan membuat tubuh meningkatkan penyimpanan vitamin dan mineral esensial yang dibutuhkan tubuh untuk menjalani hari-hari. Vitamin A dan E adalah antioksidan yang baik terkandung dalam buah. Zat-zat tersebutlah yang akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengkonsumsi buah di waktu berbuka dan sahur, selain kandungan air nya yang melimpah juga dapat menggantikan cairan yang hilang selama puasa. Hal ini karena buah mengandung banyak vitamin yang akan tetap membuat tubuh fit dan mampu memproduksi energi kembali.

10. Puasa dapat membantu mengatasi kecanduan

Manfaat puasa bagi kesehatan selanjutnya adalah mengatasi kecanduan. Ketika puasa kita diajarkan untuk menahan diri hampir sepanjang hari, contohnya seperti kecanduan pada nikotin (para perokok), alkohol, kafein dan obat-obat berbahaya lainnya.

Meski ada banyak cara mengatasi kecanduan ini, puasa setidaknya sedikit berperan untuk mengontrol keinginan seseorang untuk mengkonsumsi zat-zat yang dilarang untuk sementara waktu.

11. Puasa membuat hati dan pikiran menjadi tenang

Pada saat bulan puasa ini umat Muslim dilatih untuk menjadi seseorang yang dermawan dan murah hati. Salah satunya dengan rajin beramal, mengajak orang lain untuk berbuka puasa, meningkatkan intensitas ibadah, berdoa, dan pengendalian diri untuk berlaku sopan santun. Semua kebiasaan ini membangun perasaan damai, ketenangan dan kepuasan diri.

12. Meningkatkan kadar lemak baik dalam darah

Manfaat puasa yang satu ini berasal dari kebiasaan makan dan olahraga kita lakukan. Di bulan Ramadhan, orang-orang lebih cenderung memilih jenis makanan sehat seperti kurma, kacang-kacangan, berbagai buah-buahan, dan makanan yang dimasak rumah.

Sebuah studi mencatat bahwa lemak jenuh, biasanya ditemukan dalam mentega, lemak babi, daging berlemak, dan makanan cepat saji. Hal itu dapat berkurang saat bulan Ramadhan. Selain itu, shalat malam “tawarih”  juga dapat memberikan efek olahraga yang memadai, yang setara dengan aktivitas fisik untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan juga kadar lemak baik dalam darah.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Selain sebagai ibadah, puasa juga merupakan proses untuk membersihkan diri secara rohani dari dosa-dosa maupun secara fisik dari racun-racun di dalam tubuh.

Demikian penjelasan tentang manfaat puasa bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa.

KOMENTAR