Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Mulai Diabetes Hingga Kanker

Komentar
Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan Mulai Diabetes Hingga KankerImage hellosehat.com

Apa manfaat ginseng? Ginseng adalah tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat dan telah digunakan dalam pengobatan Cina sejak ribuan tahun lalu. Ginseng sudah erat melekat dengan masyarakat Korea, sehingga Korea disebut Negeri Ginseng. Mengkonsumsi ginseng setiap hari akan membuat tubuhmu merasakan khasiat yang tak terduga. Yuk cari tahu apa saja manfaat ginseng untuk kesehatan dalam artikel ini.

Ginseng merupakan tanaman herbal yang populer, karena dipercaya punya banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Khasiat dan manfaat ginseng dalam dunia herbal pertama kali diketahui oleh ahli herbal Cina. Selama ini sebagian orang hanya mengenal ginseng sebagai penambah stamina kesehatan. Tapi ternyata, manfaat ginseng tidak hanya itu saja, masih banyak khasiat ginseng yang belum diketahui oleh banyak orang.

Di dalam pengobatan tradisional, ginseng merupakan tanaman herbal yang terkenal. Tanaman ini dipercaya memiliki banyak khasiat dan telah diuji.

Tanaman ginseng sering disebut sebagai “ramuan ajaib” karena punya sejumlah manfaat untuk kesehatan yang begitu banyak. Akar dari tanaman ginseng sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional. Tapi, tahukah Anda apa saja manfaat ginseng bagi kesehatan? Yuk simak penjelasannya dalam artikel ini.

Baca Juga:

Manfaat Ginseng Untuk Kesehatan

1. Fungsi kognitif

Apa manfaat ginseng bagi tubuh? Meningkatkan kemampuan berpikir atau kognitif memang sangat penting untuk hidup setiap orang.  Ginseng dipercaya dapat meningkatkan kemampuan berpikir atau kognitif. Hal ini telah terbukti karena ada penelitian yang menyebutkan bahwa ginseng mempunyai beberapa manfaat untuk kognitif, perilaku, dan kualitas hidup.

Antioksidan yang terkandung dalam ginseng dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel di otak. Sehingga, ginseng juga dapat mencegah demensia, Alzheimer, dan gangguan kognitif lainnya.

2. Efek antiperadangan

Selain mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh, ginseng juga mempunyai efek antiperadangan. Efek antiperadangan pada ginseng ini mungkin ada karena senyawa ginsenosida dalam ginseng. Senyawa ini telah diteliti dan membuktikan bahwa dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Mengurangi stres

Apa saja manfaat dari ginseng? Stres bisa saja dialami oleh siapa saja terutama bagi pekerja kantoran yang biasanya sampai lembur pulang malam karena tugas menumpuk. Apabila stres terus dibiarkan akan sangat mengganggu kesehatan Anda. Bagaimana cara mengatasi stres tersebut?

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengkonsumsi ginseng. Ginseng dapat memengaruhi sistem saraf tubuh dalam berbagai cara, seperti merangsang metabolisme dan meningkatkan tingkat energi. Karena senyawa Adaptogen dalam ginseng dapat mengganggu kadar hormon yang dihasilkan tubuh saat stres.

4. Membantu mengontrol diabetes

Diabetes mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Banyak penderita diabetes yang bingung tentang bagaimana cara mengatasinya. Ternyata disekitar kita ada tanaman yang bisa mengontrol kadar diabetes Anda, yaitu tanaman ginseng.

Ginseng telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Tanaman herbal ini dapat membantu mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi ginseng ini, gula darah Anda akan tetap stabil.

5. Mencegah kanker

Apa saja kegunaan ginseng? Kanker memang sebuah penyakit yang sangat berbahaya bahkan sampai memicu kematian juga. Untuk mencegah penyakit kanker ini Anda cukup mengkonsumsi ginseng sebagai obatnya. Ginseng mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat mencegah Anda dari kanker. Senyawa Ginsenosida yang terdapat dalam ginseng mempunyai sifat antitumor sehingga dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker.

6. Mencegah penuaan dini

Wajah kita mungkin hampir setiap hari terpapar sinar matahari maupun terkena polusi. Sehingga menyebabkan kulit kita menjadi tidak sehat dan menimbulkan gejala kerusakan kulit. Cara untuk mengatasinya cukup mudah yaitu menggunakan ginseng.

Ginseng mampu mengurangi tanda-tanda penuaan. Hal ini karena sifat antioksidan yang dimiliki oleh ginseng. Antioksidan ini mampu mencegah efek negatif dari radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel sehat. Serta membantu merangsang aliran darah keseluruh tubuh, terutama sel-sel kulit.

Yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi ginseng

Selain manfaat ginseng yang sudah Anda ketahui tadi, tanaman ginseng ternyata juga punya efek sampingnya. Mengkonsumsi ginseng sebagai obat herbal memang sangat manjur, tetapi sebaiknya jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.

Beberapa efek samping dari mengkonsumsi ginseng secara berlebihan adalah sakit perut, sakit kepala, gangguan tidur, dan reaksi alergi. Apabila masih ragu dengan masalah kesehatan Anda sebaiknya konsultasikan kepada dokter, sebelum mengkonsumsi ginseng sebagai obatnya.

Nah, itulah beberapa manfaat ginseng untuk kesehatan yang sudah dipercaya sudah ribuan tahun lalu. Selain mengatasi beberapa masalah kesehatan, Anda juga harus selalu konsultasi dengan dokter.

Demikian penjelasan tentang apa manfaat ginseng untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.
Top