Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

 29 May 2019  Putri Alh
Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajahmanfaat daun mint unsplash.com/josefin

Apakah manfaat daun mint bagi kesehatan? Daun mint adalah salah satu daun yang memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa. Daun mint mempunyai aroma yang menyegarkan, daun mint ini digunakan untuk menghilangkan bau mulut, dan penyegar mulut.  Selain menghilangkan bau mulut dan penyegar mulut, daun mint juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

  •  Meningkatkan Kekebalan Tubuh.
  •  Melancarkan Proses Pencernaan. 
  •  Gangguan Saluran Pencernaan.
  •  Membantu Meredakan Sakit Kepala dan Mual. 
  •  Meredakan Nyeri Otot.
  •  Menurunkan Berat Badan.
  •  Menurunkan Risiko Kanker.
  •  Meningkatkan Kesehatan Mata.

Selain mempunyai manfaat untuk kesehatan  juga mempunyai manfaat daun mint bagi kecantikan wajah. Tanaman mint memiliki beberapa spesies yaitu peppermint, spearmint, apple mint dan coklat mint. Daun mint mengandung beberapa vitamin yaitu vitamin A, C, D dan E

Tanaman herbal yang kaya manfaat banyak digunakan untuk perawatan kulit alami. Salah satunya adalah daun mint. Daun mint ini memiliki berbagai khasiat untuk kecantikan, daun mint mengandung asam salisilat yang bisa mendinginkan kulit serta mengatasi inflamasi. Selain untuk kecantikan, daun mint mempunyai fungsi daun mint pada kebugaran.

Apa saja manfaat daun mint yang berguna bagi kesehatan Anda? Simak penjelasan selengkapnya mengenai manfaat daun mint bagi kesehatan, dan kencantikan wajah.

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

1. Menghilangkan Bau Mulut

Mint selalu dipercaya dapat menghilangkan bau mulut, namun faktanya adalah produk mint hanya bisa menahan bau yang tidak sedap selama beberapa jam

2. Mengatasi Nyeri

Kandungan antispasmodic yang ada di dalam daun mint, dapat dipecaya untuk mengendurkan otot yang menegang

3. Baik untuk Pencernaan

Manfaat daun mint untuk sistem pencernaan tubuh anda. Daun  mint juga mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh anda. Sebab ada antioksidan dan fitonutrien.

4. Menyembuhkan Mata Minus

Kaya akan kandungan beta-karoten dan vitamin A, manfaat daun mint yang bisa Anda dapatkan adalah membantu menjaga kesehatan mata. Bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan dan lanjut usia, sebaiknya rutin mengonsumsi daun mint agar gangguan mata tidak bertambah parah.

5. Baik untuk Kesehatan Gigi

Selain memberikan efek segar, kandungan daun mint yang terdapat di obat kumur atau pasta gigi dapat mematikan bakteri yang menempel pada dinding mulut, gigi dan gusi.

6. Mengatasi Sel Kulit Mati

Minyak daun mint selain bisa digunakan untuk memijat, bisa juga digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Cara membuatnya, campurkan setidaknya 6 tetes minyak esenssial mint dengan 1/3 cangkir minyak zaitun dan 1 gelas air garam.

7. Meredakan Batuk

Daun mint dapat digunakan sebagai obat batuk berdahak alami. Kandungan mentol yang terdapat di daun mint dapat membantu memecah lendir di dalam tenggorokan.

Manfaat Daun Mint bagi Kecantikan Wajah

1. Meredakan jerawat

Daun mint yang mengandung antibakteri dan mengandung salicylicacid mencegah munculnya jerawat. Hal ini karena daun mint mempunyai beberapa vitamin yaitu vitamin A dan C. Haluskan daun mint, kemudian aplikasikan ke area yang berjerawat. Diamkan beberapa sesaat, bilas dengan air bersih.

2. Mengatasi masalah penuaan dini

Kamu punya masalah penuaan ? kamu bisa memanfaatkan daun mint untuk mengatasi masalah penuaan luna. Caranya haluskan daun mint dan mentimun yang sudah dibersihkan kemudian terapkan pada wajah yang sudah bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin agar mempunyai hasil yang memuaskan.

Baca Juga :

3. Untuk menyamarkan mata panda 

Antioksidan juga mampu menangkal radikal yang bisa menimbulkan permasalahan kulit. Caranya gunakan daun mint pada bagian kebawah matamu, lakukanlah perawatan ini secara rutin agar mempunyai hasil yang memuaskan.

4. Cerahkan Kulit Wajah

Antioksidan yang ada di dalam daun mint dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan membuat kulit terlihat lebih sehat, lembap, dan cerah. Caranya haluskan daun mint dengan tambahan kunyit dan air mawar, kemudian oleskan ke wajah hingga leher kamu, diamkan selama 15 menit. Bilas wajah menggunakan air dingin lalu keringkan, wajahmu akan terlihat bercahaya.

Demikian pembahasan mengenai manfaat daun mint untuk kesehatan dan kecantikan wajah yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.