Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Komentar
14 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Image source: doktersehat.com

Apa manfaat buah sawo? Siapa sih yang tidak kenal dengan buah sawo ini? Buah sawo termasuk populer di Asia Tenggara. Buah sawo yang rasanya manis dan daging buah yang lembut, juga bisa dimakan secara langsung. Memiliki nama ilmiah Manilkara zapota, buah sawo yang sering kamu lihat di pasar atau penjual buah pinggir jalan ternyata bukan berasal dari Indonesia.

Namun sekarang sudah banyak dibudidayakan di banyak negara seperti Thailand, India, Kamboja, dan juga Indonesia. Buah sawo bukan hanya enak dimakan, tapi buah sawo ini juga punya segudang manfaat bagi kesehatan yang tidak disangka untuk tubuh.

Selain rasanya yang manis, buah ini mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh Anda. Kandungan serat, vitamin C, vitamin A, vitamin B, niasin, dan folat dalam buah sawo ini sangat diperlukan tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung berbagai mineral penting, seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, selenium, dan fosfor.

Manfaat buah sawo untuk kesehatan ini memang belum banyak yang tahu. Manfaat buah sawo bagi Kesehatan mengandung kandungan gizi yang melimpah, untuk mengatasi penyakit seperti infeksi, anemia dan diabetes.

Apa saja manfaat dari buah sawo? Faktanya buah sawo menyimpan segudang khasiat untuk kesehatan. Wajibbaca.com telah merangkumnya dalam artikel berikut ini. Inilah 14 manfaat buah sawo yang baik untuk kesehatan tubuh Anda yang akan kami bahas dalam artikel ini. Simak penjelasan selengkapnya mengenai apa manfaat buah sawo untuk kesehatan.

Baca Juga:

14 Manfaat buah sawo untuk kesehatan

Apa manfaat buah sawo bagi tubuh? Manfaat buah sawo pastinya ada kaitannya dengan kandungan zat dan nutrisi di dalam buah sawo. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mencegah anemia

Apa manfaat buah sawo untuk ibu hamil? Manfaat buah sawo bagi kesehatan yang pertama yaitu dapat mencegah anemia. Hal ini karena buah sawo ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi.

Kandungan zat besi ini akan membantu tubuh memproduksi sel darah merah dengan baik sehingga akan mencegah terjadinya anemia. Sedangkan, bagi wanita yang lebih berisiko terkena masalah anemia saat haid, ada baiknya memperbanyak konsumsi buah ini menjelang atau sesudah fase menstruasi. Konsumsilah buah ini secukupnya saja.

2. Menjaga kecantikan kulit

Selain mencegah anemia, manfaat buah sawo bagi kesehatan yang lainnya adalah menjaga kecantikan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah sawo dapat membantu tubuh untuk mengusir radikal bebas. Tak hanya itu, manfaat buah sawo bagi kesehatan ada kaitannya dengan antioksidan yang terdapat dalam sawo.

Antioksidan dalam buah sawo bernama polifenol, yang bersifat antiperadangan, antiparasit, antivirus, serta antibakteri. Sehingga baik unuk kulit Anda dalam mencegah keriput dini sekaligus membuat kulit tetap awet muda.

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah sawo bagi kesehatan yaitu dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena kandungan vitamin A yang tinggi pada sawo membuat tubuh akan lebih baik dalam menjaga kesehatan mata Anda.

4. Mengatasi wasir dan gangguan pencernaan lainnya

Bagi Anda yang punya masalah wasir Anda dapat rutin mengkonsumsi sawo. Manfaat buah sawo yang kaya akan kandungan serat dan tanin dapat mengatasi peradangan dan infeksi karena wasir. Selain itu, mengkonsumsi sawo ternyata bisa juga mencegah masalah sembelit, kanker usus besar, sekaligus membuat pencernaan menjadi lebih sehat.

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Khasiat atau manfaat buah sawo lainnya adalah punya kemampuan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi dalam sawo yang tinggi ternyata bisa membuat tulang dan gigi menjadi lebih sehat dan kuat.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah sawo bagi kesehatan selain menjaga kesehatan tulang dan gigi adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Buah sawo mengandung sumber sukrosa dan fruktosa alami yang berfungsi memberi energi untuk tubuh. Kandungan tersebut bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

7. Menjaga kesehatan ginjal

Mengkonsumsi buah sawo ternyata dapat membuat ginjal menjadi lebih bersih. Manfaat ini karena adanya senyawa kimia yang akan membuat racun dengan cara meningkatkan volume air seni. Proses ini membuat tubuh menjadi lebih bersih dan sehat. Mengkonsumsi jangka panjang dari manfaat buah sawo bagi kesehatan ini akan membuat ginjal terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

8. Mengatasi nyeri otot

Saat otot tubuh Anda bekerja ekstra dampak yang bisa terjadi adalah munculnya nyeri otot pada kaki, tangan, punggung dan pinggang. Manfaat sawo berguna karena mengandung bahan alami yang akan mengurangi infeksi akibat bakteri dan virus. Bahan inilah yang penting untuk mencegah otot tubuh menjadi lebih mudah sakit dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

9. Mengatasi stres

Khasiat buah sawo bagi kesehatan tidak hanya terkait dengan kesehatan fisik saja, melainkan juga memberikan dampak positif terhadap psikis. Buah sawo dipercaya mampu menghilangkan stres. Hal ini diakibatkan oleh kandungan obat penenang alami yang membantu tubuh dan sistem saraf menjadi rileks. Khasiat buah sawo lanjutannya adalah membantu mengatasi insomnia dan serangan panik.

10. Mengatasi sariawan

Manfaat buah sawo untuk kesehatan yaitu kemampuannya dapat mengatasi radang mulut dan sariwan. Kandungan vitamin A dan C yang tinggi, buah ini mampu menjaga tubuh dari berbagai macam radikal bebas. Sehingga, tubuh akan lebih kuat dan kebal terhadap serangan penyakit.

11. Mencegah kekurangan zat besi

Kurangnya asupan zat besi dapat menyebabkan kelelahan kronis dan sakit kepala. Manfaat buah sawo dapat meningkatkan sel darah merah dan menghasilkan kadar hemoglobin yang diperlukan secara efektif. Ahli gizi juga merekomendasikan mengkonsumsi buah sawo untuk membantu meningkatkan zat besi pada tubuh.

12. Meningkatkan energi

Manfaat buah sawo untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat dipercaya meningkatkan energi Anda untuk mendukung aktifitas seharian. Tingkat energi yang rendah akan mempengaruhi kualitas kesehatan Anda. Oleh karena itu, Anda harus memilih opsi makanan yang dapat menambah energi seperti buah sawo ini salah satunya.

13. Mengobati batuk dan pilek

Tahukah Anda, ternyata manfaat buah sawo untuk kesehatan dapat mengatasi batuk dan pilek. Buah sawo mengandung zat anti-inflamasi yang membantu meredakan sesak dan produksi lendir.

Beberapa ahli gizi juga merekomendasikan mengkonsumsi buah sawo ke dalam menu sehari-hari karena secara alami dapat mengobati virus flu dan demam.

14. Menjaga kesehatan rongga mulut

Jangan pernah mengabaikan masalah pada rongga mulut seperti gusi berdarah. Selain itu, kurangnya perawatan mulut juga berperan pada masalah mulut kronis.

Dengan mengkonsumsi buah sawo ke dalam menu harian, hal itu dapat mempertahankan berbagai masalah oral termasuk gigi berlubang dan kerusakan gigi. Selain itu, juga bisa mengurangi risiko yang terkait dengan kesehatan giginya.


Nah, itulah tadi manfaat buah sawo untuk kesehatan yang bisa didapatkan oleh tubuh. Selain mengkonsumsi buah sawo untuk kesehatan, Anda juga perlu memenuhi asupan gizi lainnya yang diperlukan oleh tubuh.

Demikian penjelasan tentang apa saja manfaat buah sawo untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.
Top