10 Manfaat Buah Kedondong, Ternyata Bisa Untuk Diare Lho!

 13 May 2019  Wahyu Fajar
10 Manfaat Buah Kedondong, Ternyata Bisa Untuk Diare Lho!

Image lintar.net

Apa manfaat buah kedondong? Buah kedondong pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, ketika mendengar nama buah ini pasti langsung terbayang rasa yang asam namun menyegarkan dari buah ini. Buah kedondong merupakan tanaman buah berbentuk pohon yang hidup di derah tropik. Tumbuhan ini berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Buah kedondong atau dondong yang rasanya asam manis ini banyak disukai orang, terutama untuk dijadikan rujak atau manisan. Tidak hanya buah kedondong, daun dan kulit batang pohon kedondong ternyata memiliki manfaat untuk kita. Buah kedondong termasuk salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh kaum wanita. Karena idaman utama yang jarang ditinggalkan wanita hamil.

Apa khasiat buah kedondong? Khasiat buah kedondong bukan hanya buah pelengkap hidangan rujak, kedondong juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang tak disangka-sangka. Walaupun memang rasanya yang identik dengan rasa asam, buah kedondong memiliki banyak sekali kegunaan bagi tubuh kita. Berikut ini adalah wajibbaca.com berikan beberapa manfaat buah kedondong bagi tubuh.

Baca Juga:

Kandungan buah kedondong

Sebelum mengetahui apa saja manfaat buah kedondong ini, perlu Anda ketahui juga bahwa buah kedondong memiliki kandungan senyawa alami yang baik untuk kesehatan.

  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Kalium dan fosfor
  • Vitamin B2
  • Zat Besi
  • Protein
  • Sukrosa

Manfaat buah kedondong bagi tubuh

1. Menjaga kesehatan mata

10 Manfaat Buah Kedondong, Ternyata Bisa Untuk Diare Lho!

Image pixabay.com

Apa manfaat dari buah kedondong? Kesehatan mata bagi setiap orang memang perlu dijaga, agar mata tetap sehat sampai tua nanti. Manfaat buah kedondong yang pertama yaitu menjaga kesehatan mata. Hal ini karena,Vitamin A yang terkandung dalam senyawa alami buah kedondong ini bisa menjaga kesehatan mata dari berbagai penyakit mata.

2. Mengobati batuk

10 Manfaat Buah Kedondong, Ternyata Bisa Untuk Diare Lho!

Image okezone.com

Penyakit seperti batuk memang sering menjadi permasalahan bagi sebagian orang. Batuk dapat menyerang siapa saja baik orang dewasa maupun anak-anak. Biasanya batuk bisa disertai dengan gejala-gejala penyakit seperti radang tenggorokan, mual, demam.

Mungkin banyak orang yang mencari bagaimana cara mengobati batuk. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mengkonsumsi buah kedondong dan jahe merah, dengan cara sederhana. Yaitu dengan mengupas kemudian memotong buah lalu dicuci hingga bersih.

Kemudian masukkan ke dalam blender setelah itu pisahkan sari buah kedondong dari ampasnya. Kemudian minum sari buah tersebut hingga batuk Anda mereda.

3. Mengatasi penyakit diare

10 Manfaat Buah Kedondong, Ternyata Bisa Untuk Diare Lho!

Image pixabay.com

Penyakit diare ini memang sangat umum terjadi, terutama anak-anak. Diare umumnya disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat seperti jajan sembarangan. Buah kedondong punya kemampuan yang dipercaya dapat mengatasi diare. Karena dalam buah kedondong ini mempunyai kandungan anti bakteri yang dapat meredakan diare.

4. Mengatasi penyakit anemia

10 Manfaat Buah Kedondong, Ternyata Bisa Untuk Diare Lho!

Image fergon.com

Anemia atau kekurangan darah memang banyak terjadi bagi sebagian orang. Tapi tahukah Anda, Anemia atau kekurangan darah ternyata bisa diatasi dengan memakan buah kedondong. Lho kok bisa? Karena dalam buah kedondong memiliki banyak kandungan zat besi yang mampu membantu memproduksi sel darah merah pada tubuh Anda.

5. Mencegah penuaan dini

10 Manfaat Buah Kedondong, Ternyata Bisa Untuk Diare Lho!

Image dream.co.id

Siapa sih yang tidak mau punya kulit sehat? Bagi semua orang wanita maupun pria, punya kulit yang sehat menjadi dambaan tersendiri untuk mendukung kepercayaan diri mereka. Manfaat buah kedondong selain dapat mencegah Anemia, buah kedondong juga bisa mencegah penuaan dini. Buah kedondong memiliki kandungan alami didalamnya yaitu Vitamin C. Vitamin ini selain cocok untuk obat sariawan, ternyata juga bisa sebagai obat pencegahan penuaan dini.

6. Mencegah penyakit jantung

10 Manfaat Buah Kedondong, Ternyata Bisa Untuk Diare Lho!

Image idntimes.com

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya, karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit jantung ini. Buah kedondong selain mencegah penuaan dini juga bisa mencegah penyakit jantung. Kandungan alami yang ada dalam buah kedondong yaitu kalium ternyata berfungsi untuk meningkatkan kinerja jantung lebih normal kembali. Agar tubuh dapat beratifitas lebih sehat dan bugar.

7. Menyehatkan sistem pencernaan

10 Manfaat Buah Kedondong, Ternyata Bisa Untuk Diare Lho!

Image Source: pixabay.com

Apa manfaat buah kedondong untuk ibu hamil? Manfaat buah kedondong selanjutnya ialah melancarkan sistem pencernaaan. Mungkin banyak yang kurang tahu tentang hal ini, karena banyak orang yang enggan mengkonsumsi buah ini karena rasanya yang asam. Manfaat kedondong yang dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan ini juga bagus untuk ibu hamil. Karena kedondong memiliki kandungan asam yang membantu dalam pembentukan cairan asam lambung secara alami.

  • Catatan: bagi Anda yang memiliki penyakit asam lambung sebaiknya tidak mengkonsumsi buah kedondong ini secara berlebihan. Karena hal tersebut akan menimbulkan cairan asam lambung yang tinggi.

8. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

10 Manfaat Buah Kedondong, Ternyata Bisa Untuk Diare Lho!

Image pixabay.com

Siapa sih yang tidak ingin punya tubuh yang selalu sehat dan bugar? Pasti semuanya ingin mendapatkannya. Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya buah kedondong ini memiliki kandungan Vitamin C dan antioksidan yang membantu dalam mengatasi penyakit seperti sariawan, bibir pecah-pecah dll.

Rasa asam yang mengandung Vitamin C dalam buah kedondong juga dapat memberikan efek pada orang yang memakannya menjadi lebih segar dan sehat.

9. Mengobati luka pada kulit

10 Manfaat Buah Kedondong, Ternyata Bisa Untuk Diare Lho!

Image merdeka.com

Kandungan Vitamin C pada kedondong selain bisa mencegah penuaan dini dan memberikan sistem kekebalan tubuh, ternyata Vitamin C dalam buah kedondong ini juga bisa membantu dalam percepatan regenerasi sel.

Bagi Anda yang memiliki luka pada kulit baik itu luka bakar maupun infeksi. Cobalah mengkonsumsi buah kedondong untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

10. Menyehatkan gigi dan tulang

10 Manfaat Buah Kedondong, Ternyata Bisa Untuk Diare Lho!

Image pixabay.com

Selain punya manfaat mengobati luka, buah kedondong juga bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. Memiliki tulang yang sehat hingga tua menjadi keinginan semua orang. Bagaimana caranya? Caranya yaitu cukup mengkonsumsi buah kedondong. Hal tersebut karena buah kedondong memiliki senyawa alami kalsium yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa kadar kalsium yang terkandung dalam buah kedondong, ternyata cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium kita sehari-hari.

Nah, itulah beberapa manfaat buah kedondong yang bisa Anda dapatkan. Selain mengkonsumsi buah kedondong Anda juga perlu konsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis lainnya untuk masalah kesehatan Anda.

Demikian penjelasan tentang manfaat buah kedondong untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.