4 Jenis Makanan yang Mengandung Serat Tinggi Cocok Untuk Ibu Hamil

Komentar
4 Jenis Makanan yang Mengandung Serat Tinggi Cocok Untuk Ibu Hamil
Image source: hellosehat.com

Apa makanan yang mengandung serat? Menjaga kesehatan tubuh adalah sebuah hal yang gampang-gampang susah. Mengapa demikian? Untuk menjaga kesehatan tubuh setiap orang pastinya berbeda-beda. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh Anda.

Serat adalah karbohidrat yang ditemukan pada makanan nabati seperti buah, sayur, dan biji-bijian. Selain itu, buah dan sayuran yang mengandung serat, kebanyakan serat tersebut terkandung dalam kulitnya. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi merupakan salah satu langkah sederhana untuk memulai hidup sehat. Sebab zat gizi tersebut sangat diperlukan tubuh salah satunya berperan penting dalam sistem pencernaan.

Bagi Anda yang sedang diet, mengkonsumsi makanan kaya serat diyakini dapat menurunkan berat badan. Tapi mungkin banyak juga yang belum mengetahui tentang daftar makanan yang mengandung serat alami ini. Sebenarnya, semua jenis buah memiliki serat di dalamnya, namun ada beberapa macam buah yang mengandung serat cukup tinggi jika mau Anda konsumsi.

Tak hanya menyehatkan saluran cerna, mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung serat tinggi juga dapat mencegah kanker dan beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Apa saja makanan yang mengandung serat? Berbicara tentang makanan yang mengandung serat, berikut ini wajibbaca.com akan memberikan beberapa daftar sumber makanan sehat alami yang mengandung serat tinggi untuk turunkan berat badan secara ideal. Lengkap dengan jumlah serat yang terkandung didalamnya.

Baca Juga:

4 Jenis makanan yang mengandung serat yang tinggi

Apa makanan yang mengandung serat tinggi? Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung serat yang dikelompokkan sesuai jenis makanannya, yaitu:

1. Kelompok buah-buahan tinggi serat

Sebenarnya, semua jenis buah memiliki serat di dalamnya, namun ada beberapa macam buah yang mengandung serat cukup tinggi jika dibandingkan dengan yang lainnya, yaitu:

Alpukat 

Alpukat adalah buah yang mudah dijumpai disekitar kita. Meskipun menjadi sumber lemak baik, tentunya buah ini ternyata memiliki serat yang cukup tinggi sekitar 6,7 gram per 100 gram alpukat.

Apel

Siapa sih yang tidak kenal buah apel ini? Buah ini punya rasa manis dan menyegarkan. Ternyata dalam satu buah apel ukuran sedang Anda dapat menemukan serat sebanyak 4,4 gram

Pir

Buah pir adalah buah yang hampir mirip dengan apel, hanya saja rasa dan teksturnya saja berbeda. Pir termasuk dalam makanan tinggi serat karena didalamnya mengandung 5,5 gram serat dalam satu buah pir ukuran sedang.

Kelompok buah beri

Kelompok buah beri seperti strawberi dan raspberi merupakan buah yang memiliki serat yang tinggi. Hal ini karena, dalam 100 gram raspberi terdapat 6,5 gram serat.

Pisang

Buah berkulit kuning ini merupakan buah yang sangat mudah dijumpai. Selain rasanya yang enak, pisang juga punya kandungan vitamin C, vitamin B6, dan kalium yang baik untuk tubuh. Selain itu, serat yang dimiliki pisang sebanyak 3,1 gram dalam satu buah pisang ukuran sedang.

2. Kelompok sayur-sayuran tinggi serat

Sayuran apa saja yang mengandung serat tinggi? Sama seperti buah-buahan, ternyata sayur juga dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat harian tubuh. Berikut beberapa jenis sayuran yang termasuk makanan tinggi serat:

Brokoli

Sayur brokoli merupakan sayuran hijau yang banyak dimasak dalam berbagai olahan makanan. Tahukah Anda, bahwa di dalam 100 gram sayuran hijau ini Anda dapat menemukan 2,6 gram serat yang terkandung didalamnya.

Wortel

Wortel adalah sayuran yang berasal dari akar tumbuhan. Wortel banyak vitamin terkhusus vitamin A, mineral, dan serat. Hal ini terbukti karena, serat yang ada di dalam 100 gram wortel sebanyak 3,4 gram serat.

Daun kale

Mungkin bagi banyak orang jarang yang mengetahui apa itu daun kale. Daun kale dianggap sebagai salah satu sayuran yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, daun kale mempunyai serat sebanyak 3,6 gram dalam 100 gram kale.

Bayam

Bayam merrupakan sayuran yang punya kandungan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, bayam juga mengandung serat, sekitar 2,2 gram serat di dalam 100 gram bayam.

3. Kelompok kacang-kacangan tinggi serat

Kacang-kacangan ternyata termasuk ke dalam makanan tinggi serat dan berikut adalah beberapa jenis kacang yang paling tinggi seratnya:

Kacang merah, punya serat yang cukup tinggi yaitu sekitar 7 gram per 100 gram kacang merah.
Almond mengandung 3,5 gram serat per 23 kacang almond.

4. Makanan pokok tinggi serat

Makanan pokok merupakan salah satu sumber utama karbohidrat yang pasti memiliki kandungan serat tinggi di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan pokok yang tinggi akan serat:

Oat

Oat merupakan makanan pokok yang cocok bagi Anda yang sedang dalam diet ketat. Selain bentuknya padat, oat juga dapat membuat Anda sangat kenyang karena mengandung 10,6 gram serat dalam 100 gram oat.

Beras merah

Beras merah adalah beras yang punya manfaat bagi kesehatan. Tidak seperti beras putih yang tidak memiliki banyak serat, beras jenis ini mempunyai 3,5 gram serat per satu gelas beras merah.

Nah, itulah tadi beberapa makanan yang mengandung serat yang tinggi. Selain mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, Anda juga harus memenuhi kebutuhan gizi lainnya. Serta Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan olahraga secara teratur.

Demikian penjelasan apa makanan yang mengandung serat tinggi dan baik untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat.
Top