10 Gunung Tertinggi di Indonesia yang Memukau

Komentar
Wow! Ini Dia 10 Gunung Tertinggi di Indonesia yang MemukauImage Source: merdeka.com

Gunung adalah gundukan tanah yang sangat besar dan tinggi (lebih besar dan lebih tinggi dari bukit), dan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang biasanya digolongkan sebagai gunung adalah gundukan tanah atau bukit dengan ketinggian diatas 600 meter dari permukaan laut.

Atau juga bisa diartikan gunung merupakan bagian dari bumi yang menjulang ke atas. Sedangkan untuk sekumpulan gunung itu disebut sebagai pegunungan.

Nah, berbicara mengenai gunung di Indonesia memang sangat banyak sekali. Bahkan negara ini dilewati oleh 2 sirkum pegunungan berapi yaitu sirkum mediterania dan sirkum pasifik.

Negara ini juga terletak di pertemuan 3 lempeng bumi, yaitu lempeng Eurasia, Pasifik, dan Indo-Australia.

Kondisi itulah yang menyebabkan terbentuknya banyak gunung indah di Indonesia, baik itu masih aktif atau tidak. Bahkan beberapa di antaranya sangat tinggi hingga masuk ke dalam 10 puncak gunung tertinggi di Indonesia.

Oleh karena itu, karena 10 gunung tertinggi di indonesia yang menawan ini Indonesia dikenal juga sebagai negara yang memiliki beberapa gunung tertinggi yang tersebar di hampir semua pulau di Indonesia.

Lalu apa saja daftar nama gunung tertinggi di Indonesia? Daripada penasaran, yuk simak berikut ini 10 gunung tertinggi di indonesia beserta gambarnya.

Baca Juga:

1. Puncak Jaya


Image Source: idntimes.com

Puncak Jaya atau biasa dikenal Carstensz Pyramid mempunyai ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung cartenz tertinggi di indonesia ini masuk sebagai kawasan Situs Warisan Dunia UNESCO. Saking tingginya, Carstensz masuk dalam daftar "Tujuh Puncak" gunung-gunung tertinggi dari tujuh benua di dunia.

2. Puncak Soekarno


Image Source: idntimes.com

Selain di Puncak Jaya, Taman Nasional Lorentz masih punya tiga puncak alternatif. Kamu bisa mendaki puncak Soekarno (4862 mdpl), Cartenzs Timur (4840 mdpl), dan Soemantri (4808 mdpl).

Menelusuri Taman Nasional Lorentz, terbilang sangat susah dan mahal. Kamu harus benar-benar siap menghadapi tantangan luar biasa, seperti hujan salju atau es.

3. Puncak Mandala


Image Source: idntimes.com

Masih di Papua, di peringkat ke lima ada puncak Mandala setinggi 4.760 mdpl. Puncak Mandala membentuk bagian Pegunungan Bintang bagian timur dan berada dekat perbatasan Papua Nugini. Suhunya yang sangat rendah membuat puncaknya selalu diselimuti salju.

4. Puncak Trikora


Image Source: idntimes.com

Puncak Trikora atau Ettiakup merupakan sebuah gunung yang terdapat di Papua Barat. Puncak Trikora setinggi 4.751 mdpl ini awalnya bernama Wilhelminatop pada zaman pemerintahan Belanda.

Puncak Trikora mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

5. Puncak Idenberg


Image Source: idntimes.com

Puncak yang memiliki ketinggian 4.673 mdpl ini tergabung dalam Pegunungan Jayawijaya. Pegunungan Jayawijaya memiliki beberapa puncak lain, seperti puncak Mandala, Trikora, Yamin Carstenz.

6. Gunung Yamin


Image Source: idntimes.com

Puncak terakhir tertinggi di Papua dipegang Gunung Yamin setinggi 4.595 mdpl. Untuk mendaki Gunung Yamin, diperlukan waktu kurang lebih tiga hari. Struktur gunung ini berupa bebatuan gamping, klastik, dan karang glaciated.

7. Gunung Kerinci


Image Source: idntimes.com

Di posisi ke-9 ada Gunung Kerinci setinggi 3.805 mdpl. Salah satu puncak impian di Provinsi Jambi,  Sumatra Barat, ini menawarkan pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah.

8. Gunung Rinjani


Image Source: idntimes.com

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi ke-2 setelah Kerinci setinggi 3.726 mdpl. Selain puncaknya, Gunung Rinjani mempunyai daya tarik berupa Danau Segara Anak. Lokasi tersebut dapat ditempuh dari dua jalur resmi pendakian, yakni Senaru dan Sembalun.

9. Gunung Semeru


Image Source: idntimes.com

Melalui film 5 CM,  Gunung Semeru menjadi sangat terkenal. Gunung dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ini memiliki puncak setinggi 3.676 mdpl. Puncak Mahameru bisa didaki dengan menelusuri Ranu Pani, Ranukumbolo, Kalimati, dan Arcopodo terlebih dahulu.

10. Gunung Sanggar


Image Source: idntimes.com

Tidak setenar Rinjani, Lombok ternyata juga punya Gunung Sanggar. Gunung Sanggar terletak di Nusa Tenggara Barat memiliki ketinggian 3.492 mdpl. Meski begitu, Gunung Sanggar akan membawamu pengalaman yang tak kalah seru dibandingkan Rinjani.

Demikian penjelasan diatas tentang info gunung tertinggi di indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.
Top