6 Dampak Pencemaran Air dan Bahayanya Bagi Kehidupan

Komentar
6 Dampak Pencemaran Air Bagi Kehidupan
Dampak pencemaran air via koran-jakarta.com

Air merupakan salah satu sumber kehidupan. Air juga memiliki fungsi yang sangat vital dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan hampir seluruh penyusun tubuh manusia adalah air.

Selain itu, air digunakan untuk kebutuhan sehari–hari seperti untuk mandi, mencuci baju dan peralatan masak serta untuk pengairan dan lain–lain.

Nah, berbicara mengenai air. Sebenarnya banyak hal yang bisa dibahas, seperti dampak pencemaran air dan upaya mengatasinya. Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan membahas mengenai berbagai dampak pencemaran air.

Tercemarnya air ini akan memberikan banyak sekali dampak yang merugikan bagi lingkungan, dampak pencemaran air bagi kesehatan, dan dampak pencemaran air bagi berbagai makhluk hidup di bumi lainnya.

Contoh saja, dampak pencemaran air bagi kesehatan tidak hanya diare. Pencemaran air bahkan juga dikaitkan dengan risiko hepatitis, penurunan IQ, dan keterbelakangan mental pada anak. Dan juga masih banyak lagi dampak-dampak yang merugikan dari pencemaran air.

Lalu apa saja dampak pencemaran air? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi mengenai beberapa dampak negatif pencemaran air dibawah ini.

Beberapa Dampak Pencemaran Air


Image Source: pakmono.com

1. Menurunkan jumlah oksigen

Air yang tercemar mengandung berbagai macam larutan yang akan menghalangi sinar matahari masuk ke dalam air tersebut. Hal ini akan berakibat tumbuhan-tumbuhan air kesulitan melakukan proses fotosintesis.

Fotosintesis pada tumbuhan akan menyebabkan tumbuhan tersebut memproduksi oksigen. Apabila tumbuhan terhalang melakukan fotosintesis, hal ini akan menyebabkan air mendapatkan oksigen yang hanya sedikit.

2. Mematikan binatang-binatang yang ada di air

Masih dalam kaitan dampak pencemaran air yang menurunkan jumlah oksigen, dampak ini akan diikuti oleh matinya binatang-binatang air. Hal ini karena binatang air bernafas menggunakan oksigen.

Ketika jumlah oksigen yang tersedia di dalam air menurun, otomatis binatang akan kesulitan untuk bernafas. Hal ini akan berakibat matinya binatang-binatang air karena tidak meperoleh oksigen untuk bernafas.

3. Meningkatkan kecepatan reaksi kimia

Air yang tercemar adalah air yang telah mengandung aneka bahan polutan. Banyak jenis polutan yang merupakan bahan-bahan kimia. Ketika air banyak mengandung bahan kimia, hal ini akan meningkatkan kecepatan reaksi kimia yang terjadi di dalam air.

4. Mengganggu kehidupan binatang dan tumbuhan

Air yang tercemar jelas akan mengganggu kehidupan semua makhluk hidup, baik yang berada di darat maupun di air, baik berupa manusia, binatang, maupun tumbuh-tumbuhan. Air yang tercemar akan diminum oleh makhluk hidup yang tinggal di daratan.

Hal ini akan menyebabkan berbagai polutan masuk ke dalam perut sehingga menimbulkan rasa sakit. Dan untuk binatang serta tumbuhan air, jelas akan terganggu karena air merupakan habitat dari tumbuhan dan binatang air tersebut.

5. Mengganggu kesuburan tanah

Air yang tercemar jelas akan mengganggu kesuburan tanah. Hal ini karena air akan meresap ke tanah yang ada di sebelah kanan atau kiri. Hal ini berakibat tanah tersebut ikut mengandung berbagai zat polutan. Jika tanah telah tercemar zat polutan, otomatis tanah tersebut tidaklah subur.

Baca Juga:

6. Mengganggu produktivitas tumbuhan

Masih serangkaian dengan dampak pencemaran air yang mengganggu kesuburan tanah, hal ini akan otomatis mengganggu produktivitas tumbuhan. Bagaimanapun tumbuhan hidup di atas tanah.

Ketika tanah yang mereka tempati tidak subur lagi, dan justru terkontaminasi zat polutan, maka tumbuhan tidak akan produktif lagi. Justru hal ini akan memberikan dampak berupa matinya tumbuh-tumbuhan yang berada di sekitar yang tercemar tersebut.

Demikian penjelasan diatas mengenai apa sajakah dampak dari pencemaran air. Semoga bermanfaat!
Top