6 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Normal dan Caesar

 04 May 2019  Dzikir Pikir
6 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Normal dan Caesar

Cara mengecilkan perut - image unsplash.com/@zahedahmad

Setelah melahirkan, perut saya masih saja membuncit. Bunda juga mengalaminya? Kalau iya, coba deh cara mengecilkan perut berikut ini.

Sebenarnya banyak tips dan bagaimana  cara mengecilkan perut setelah melahirkan, bahkan ada artikel menyebutkan hingga 10 tips. Tapi wajibbaca.com akan menyeleksi dan hanya memberikan 6 cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal yang dapat Anda praktekkan, antara lain dilakukan,

- Pada waktu menyusui.

- Makan sedikit demi sedikit tapi sering.

- Hindari tidur setelah makan.

- Gunakan korset.

- Mulailah untuk beryoga.

- Latihan Kegel.

- Minum banyak air putih.

- Minum teh hijau.

Karena itu bagi Bunda yang menginginkan agar perutnya kembali kencang setelah persalinan, terus simak bagaimana langkah mengecilkan perut setelah melahirkan normal dibawah ini.

Metode mengecilkan perut setelah melahirkan berikut ini dijamin mudah dan aman. Salah satunya adalah dengan diet alami adalah cara tercepat untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Ada kebiasaan buruk bagi sebagian ibu setelah melahirkan, hingga aktifitas dan cara ini justru membuat perut tambah buncit. Seperti yang kami sebut diatas, tidur setelah makan membuat makanan yang telah dikonsumsi tidak bisa dicerna dengan baik, dan ini menjadikan timbunan lemak.

Salah satu pertanyaan yang paling sering dilontarkan para ibu adalah bagaimana cara mengecilkan perut setelah melahirkan sesar, kami juga akan membahasnya, tapi kali ini wajibbaca.com memaparkan cara mengecilkan perut setelah melahirkan secara alami dengan kelahiran normal terlebih dahulu.

Baca Juga:

Bagaimana sih cara mengecilkan perut setelah melahirkan? Hmm, Bunda bisa banget menerapkan enam cara ini nih.

Banyak ibu baru yang mencari cara untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Pasalnya, otot perut yang kendur, kulit bergelambir, dan lemak pada bagian perut sangat membuat risih. Lalu gimana cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal secara tradisional agar aman dan nyaman?

Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Dalam memilih menu sehat setelah melahirkan anda dapat meminta bantuan dan saran dokter, tetapi coba terapkan cara-cara berikut ini.

6 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Normal Secara Alami

1. Makan dengan porsi sedikit

Ini mungkin susah bagi orang yang biasanya makan habis sampai dua mangkuk. Tapi sebenarnya cara pertama ini paling efektif untuk mengecilkan perut. Susah sih. Memang ibu-ibu biasanya kalau makanan anaknya tidak habis, maka jadi penampung. Tapi paling kendalikan nafsu makan. Agar berat badan dapat terkontrol dengan baik.

2. Terapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat. Ini lebih susah lagi. Bagaimana tidak, jika bicara tentang pola hidup sehat, maka tak cuma makanan, kegiatan sehari-hari pun perlu diseimbangkan, misal dengan rutin berolahraga setiap 3 hari sekali.

Selain rutin olahraga 30 menit setiap 3 hari, banyak-banyaklah konsumsi buah, sayur, karbohidrat kompleks, dan protein. Selain itu hindari minuman dengan kandungan gula, atau minuman karbonasi.

3. Melakukan olahraga ringan

Mungkin langkah ketiga ini bisa jadi penjabaran dari tips kedua, yaitu melakukan olahraga. Tetapi karena kesibukan sebagai ibu baru yang pastinya melelahkan pasti untuk berolahraga mesti pikir-pikir 1000 kali.

Tapi tenang Bun, ada caranya olahraga yang ringan tapi sangat baik efeknya untuk mengecilkan perut setelah melahirkan.

Tips olahraga yang ringan

Caranya latihan otot pada perut dengan duduk, berdiri atau berbaring. Bunda, hanya perlu menarik perut ke bagian perut dalam dengan cara mengkontraksikan pada otot perut, kemudian tahan beberapa menit.

Olahraga ringan diatas di teliti dapat mengencangkan kembali otot-otot yang kendor menjadi kembali kencang. 

4. Perbanyak mengkonsumsi air putih

Em, kalau seperti saya Bun, maunya minum yang manis-manis aja, tapi itu tidak baik. Jika Bunda benar-benar ingin mengecilkan perut setelah melahirkan maka banyaklah minum air putih.

Hal ini sudah dijelaskan dalam berbagai penelitian ilmiah. Dengan banyak mengkonsumsi air putih dapat mencairkan konsentrasi sodium di dalam tubuh sehingga dapat memperbanyak air yang keluar pada sistem pencernaan.

5. Menyusui

Fakta mencengangkan, ternyata menyusui bisa melangsingkan perut lho Bun. Jadi sayang sekali jika misal Bunda wanita karir hingga tidak bisa melakukan aktifitas menyusui.

Semua tahu, menyusui dapat meningkatkan imunitas bayi. Yang jarang diketahui adalah, bahwa menyusui juga membantu membakar kalori tubuh lho, terutama 6 bulan setelah melahirkan.

Telah diteliti bahwa, menyusui dapat membakar kalori dalam jumlah yang cukup besar yakni 500 hingga 700 kalori perhari. Wow, istimewa ya Bun.

6. Banyak bergerak dan jalan kaki

Tips keenam ini mungkin sangat - sangat mudah dilakukan, yaitu banyak berjalan kaki. Tak perlu belajar senam atau olahraga berjalan kaki sudah menjadi aktifitas tak terelakkan.

Bunda juga bisa mengajak buah hati jalan-jalan di pagi hari. Dengan menempuh jarak 1,5 km per hari saja, Bunda bisa membakar kalori sebanyak 100 kalori.

Nah, itu tadi beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Hal ini jangan dijadikan rujukan utama, mengingat kondisi setiap ibu hamil pasca melahirkan berbeda - beda. Selalu konsultasikan dulu dengan dokter untuk memastikan keadaan tubuh Bunda, apakah mampu untuk melakukan berbagai gerakan dan tips-tips diatas.

KOMENTAR