5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur dan Nasi

Komentar
 5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang Efektif
Image emaksuper.com

Bagaimana cara mengatasi anak susah makan? Anak balita yang susah makan seakan sudah menjadi problem umum bagi kalangan ibu. Jangan frustasi! Baca cara mengatasi anak balita susah makan berikut ini.

Anak susah makan merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan orang tua, terutama para ibu. Berbagai cara seolah tidak berhasil dilakukan untuk mengatasi susah makan pada anak. Sederet cara dilakukan orangtua untuk menghadapi anak susah makan. Mulai dari membujuknya dengan makanan manis hingga cara lainnya.

Anak yang sulit makan memang sering kali membuat orangtua pusing dan bingung. Bagaimana tidak, usia anak-anak adalah masa 'golden moment', dimana anak lebih sering bermain. Anak susah makan disebabkan oleh beberapa faktor. Simak cara mengatasi anak susah makan berikut ini agar anak mau makan.

Berikut ini merupakan cara terbaik dan efektif untuk mengatasi anak yang susah makan nasi sehingga buah hati memiliki tumbuh kembang yang sehat. Yuk, simak bagaimana cara menghadapi anak susah makan dalam artikel ini.

Baca Juga:

5 Cara ini dapat mengatasi anak susah makan

Jangan biarkan masalah anak susah makan ini berkepanjangan ya, Mam. Apabila dibiarkan malah menimbulkan anak tidak mau makan yang akan membahayakan kesehatannya. Yuk, cari tahu bagaimana cara mengatasi anak susah makan berikut ini.

1. Tidak memaksa

Bagaimana cara mengatasi anak sulit makan? Cara mengatasi anak susah makan dengan memaksa mungkin banyak dilakukan oleh orang tua. Tapi, kenyataannya cara tersebut terbukti tidak efektif.

Untuk mengatasi anak susah makan yaitu cobalah bersikap tenang dan tidak memaksanya. Tanyakan kenapa ia tidak mau makan, lalu coba tawarkan alternatif lain. Memaksa si kecil memakan makanan yang tidak disukai hanya akan menyebabkan kesan buruk tentang makanan di pikirannya.

2. Praktekkan pola makan teratur

Pola makan yang teratur menjadi salah satu cara mengatasi anak susah makan. Sajikan makanan dan camilan pada waktu yang sama setiap hari. Meski sesekali si kecil menolak menyantap makanan atau camilan yang di sajikan, ia akan mengerti bahwa setiap hari, pada waktu tertentu, pasti tersedia makanan di meja makan. Dengan begitu, ia akan bilang pada Mam saat akhirnya lapar dan ingin makan.

3. Variasikan menu

Bagaimana cara mengatasi anak susah makan nasi? Umumnya anak memiliki sifat cepat bosan, termasuk dalam hal makanan. Salah satu cara mengatasi anak yang susah makan adalah Mam harus lebih kreatif lagi dalam menyajikan menu untuk si kecil. Variasikan menu makanan yang Mam hidangkan, antara lain dengan mengkombinasikan rasa gurih dan manis pada lauk maupun hidangan sayur.

Anak mudah sekali tertarik pada sesuatu yang terlihat berwarna-warni atau bentuk yang ia kenali. Mam bisa menata nasi dalam bentuk hewan atau memotong wortel dalam bentuk bintang. Si kecil akan menganggap makan sebagai aktivitas menyenangkan.

4. Sajikan dalam porsi kecil

Anak biasanya memiliki selera makan yang berbeda dengan kita. Di antara pilihan makanan yang tersedia, tanyakan apakah ia ingin memakannya secara bersamaan atau satu per satu.

Mam juga bisa menghidangkan lauk atau sayuran saja dalam porsi kecil. Melihat piring makannya tidak penuh terisi makanan, bisa saja membuat si kecil menjadi lahap menghabiskan makanannya. Bila sudah habis, Mam dapat menawarkan menu lainnya. Bersabarlah dalam mencoba-coba berbagai cara mengatasi anak yang susah makan ya, Mam.

5. Sediakan alat makan khusus

Cara mengatasi anak susah makan nasi tak harus selalu berpatokan pada jenis makanannya. Mam juga dapat berusaha membangun suasana makan yang menyenangkan. Salah satunya dengan memberi si kecil alat makan khusus miliknya.

Ajak si kecil memilih sendiri peralatan makannya sehari-hari, mulai dari sendok, garpu, piring, mangkuk, hingga gelas. Dengan memiliki alat makan bergambar karakter favorit atau berwarna cerah sesuai kesukaannya, si kecil bisa menjadi lebih bersemangat menyambut momen makan.

Pada kenyataannya, banyak orang tua yang menyikapi permasalahan anak susah makan dengan keliru. Memaksa si kecil makan misalnya atau memberikan ancaman agar si kecil mau makan dan menakut-nakuti. Alih-alih hanya akan membuat si kecil bersemangat makan, orang tua justru menciptakan kesan negatif tentang makanan pada anak.

Saat anak menolak menyantap makanan yang ditawarkan kepadanya, sebenarnya bukan berarti tidak menyukai makanan tersebut. Bisa saja pada saat itu ia memang belum lapar. Atau, bisa juga ia sedang bosan dengan tekstur makanan tersebut.

Nah itulah beberapa cara mengatasi anak susah makan yang bisa dicoba mulai sekarang. Karena asupan nutrisi disaat tumbuh kembang anak sangat diperlukan. Semoga cara mengatasi anak susah makan nasi di atas dapat menjadi solusi yang tepat bagi Mam, ya.

Demikian penjelasan tentang cara untuk mengatasi anak susah makan. Semoga bermanfaat.
Top