10 Cara Melestarikan Hutan Agar Tetap Terjaga Dengan Baik

Komentar
10 Cara Melestarikan Hutan Agar Tetap Terjaga Dengan Baik
Image Source: rcw.org.nz

Masalah kerusakan hutan merupakan salah satu permasalahan yang bukan hanya bersifat lokal maupun translokal, tetapi sudah bersifat regional sampai global.

Karena dampak yang ditimbulkan tidak main-main, seperti banjir, erosi, tanah longsor, kekeringan, punahnya berbagai spesies binatang langka, lahan menjadi tandus, banyaknya hewan-hewan liar yang mengganggu perkampungan penduduk, sampai masalah global warming dan masih banyak lagi.

Nah, karena berbicara mengenai kerusakan hutan. Oleh karena itu, yang akan menjadi poin utama pembahasan pada kesempatan kali ini yaitu mengenai cara mudah untuk membantu pelestarian hutan Indonesia.
Jadi dengan begitu diharapkan supaya semua orang mengetahuinya dan kita semua bisa menerapkannya, supaya hutan-hutan di Indonesia tetap terjaga kelestariannya.

Lalu bagaimana cara melestarikan hutan? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi mengenai beberapa cara melestarikan hutan agar tetap terjaga dengan baik dibawah ini.

Beberapa Cara Melestarikan Hutan


Image Source: abc.net.au

1.  Melakukan reboisasi

Cara untuk melestarikan hutan yang pertama yaitu dengan reboisasi. Reboisasi adalah salah satu alternatif untuk melestarikan hutan. Dengan adanya reboisasi ini, hutan akan semakin tetap hidup.

Selain itu, dengan adanya reboisasi ini hutan juga akan kembali menghijau dan terus menghijau, sehingga hutan akan menjadi lestari dan tetap bersih.

2. Menerapkan sistem tebang pilih

Walaupun salah satu manfaat hutan bagi manusia adalah sumber ekonomi yakni dari pohon-pohon hutan tersebut. Namun, walaupun begitu banyak manusia yang sembarangan menebang demi faktor ekonomi mereka, sehingga tidak adanya sistem tebang pilih.

Jadi dengan adanya sistem tebang pilih ini, akan dapat mengurangi dampak penebangan hutan secara liar dan dalam jumlah besar-besaran. Selain itu, sistem ini juga berguna untuk masyarakat agar tidak sembarang dalam melakukan penebangan hutan.

3. Menerapkan sistem tebang tanam

Sistem penebangan hutan yang kemudian diganti dengan menanam hutan yang telah ditebang agar hutan tetap terjaga keberadaannya.

Dengan menanam kembali juga atas apa yang sudah di tebang, maka hutan akan tidak menjadi gundul dan hutan akan tetap terjaga kelestariannya dan akan terhindar dari penyebab pemanasan global.

4. Melakukan penebangan secara konservatif

Melakukan penebangan secara konservatif adalah penebangan dengan cara menebang pohon yang sudah tidak berproduktif lagi di hutan tersebut.

Sehingga tidak terjadinya kesalahan penebangan di mana ada pohon yang masih muda atau pohon yang masih bisa berproduktif di tebang secara sembarangan yang dapat mengakibatkan kerugian bagi manusia itu sendiri.

5. Memberikan sanksi bagi pelaku penebangan sembarangan

Memberikan sanksi di sini bertujuan agar penebang yang melakukan penebangan secara sembarangan jera terhadap apa yang sudah dilakukannya. Jadi pemerintah juga harus ikut terlibat dalam pelestarian hutan.

Dan sebaiknya, pemerintah juga memberikan sanksi yang berat bagi para pelakunya dan bisa membuat mereka jera dan tidak melakukan kesalahan mereka lagi.

6. Tidak membuang sampah sembarangan di hutan

Contoh kecil dan nyata yang seringkali manusia lakukan adalah dengan sengaja membuang sampah sembarangan di hutan. Hal ini sangat rawan sekali terjadinya bencana yang tidak diinginkan. Seperti kebakaran hutan yang seringkali terjadi dan dialami oleh negara Indonesia saat ini.

Dengan adanya kebakaran hutan, akan sangat berdampak pada fungsi lingkungan hidup bagi manusia itu sendiri seperti halnya kabut asap yang dapat mengganggu aktivitas sehari hari.

7. Melindungi dan menjaga habitat di hutan

Hal ini di perlukan karena keberadaan mahluk hidup ini perlu dijaga agar tidak mengalami kepunahan yang disebabkan kebakaran hutan maupun penebangan hutan secara sembarangan yang telah banyak di lakukan oleh manusia demi kepentingan pribadi mereka.

Kepedulian ini harus diterapkan, karena sudah banyak flora dan fauna di dunia ini yang semakin punah dan terganggu lingkungan dan keberadaanya akibat dari ulah manusia.

8. Tidak mencoret-coret pohon yang ada di hutan

Banyak sekali para remaja maupun dewasa yang sedang berkunjung atau mendatangi hutan-hutan yang ada di pegunungan melakukan hal tersebut.

Dengan meninggalkan jejak mereka dengan cara mengukir suatu tulisan di batang pohon yang ada di hutan tersebut, atau mencoret-coretnya dengan sesuatu yang membuat kelestarian hutan menjadi berkurang. Hal ini sangat perlu untuk di cegah agar pohon-pohon tersebut menjadi terjaga dan bersih.

9. Mengurangi penggunaan kertas berlebih

Kertas yang dibuat di pabrik-pabrik sangat perlu diperhatikan dalam jumlah yang di perlukan dan tidak dihambur-hamburkan atau berlebih, karena akan mempercepat proses terjadinya efek rumah kaca.

Selain itu, dengan menekan produksi penggunaan kertas yang berasal dari pepohonan hutan, hutan akan menjadi tetap terjaga kelestariaannya dan menekan juga proses penebangan hutan secara berlebih.

Baca Juga:

10. Melakukan seminar pelestarian hutan

Dengan melakukan seminar untuk menjaga pelestarian hutan, diharapkan bagi masyarakat betapa pentingnya melakukan pelestarian hutan.

Selain itu, diberikan juga apa manfaat hutan bagi manusia dan mahkluk hidup lainnya serta fungsi-fungsi yang dapat diambil untuk kepentingan-kepentingan positif.

Dan juga tidak hanya manfaat manfaat saja, akan tetapi dampak yang akan terjadi jika manusia itu sendiri tidak melakukan pelestarian terhadap hutan.

Demikian penjelasan diatas mengenai 10 cara melestarikan hutan. Semoga bermanfaat!
Top