10 Rekomendasi Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Komentar
10 Rekomendasi Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda
Buah yang baik untuk ibu hamil muda via popmama.com

Saat hamil muda, Bunda perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang baik untuk ibu hamil muda selalu menjadi perhatian khusus bagi siapa saja yang ingin memiliki janin yang sehat. Makanan yang baik untuk ibu hamil muda ini terutama berasal dari buah-buahan.

Hal ini karena buah-buahan sangat dianjurkan untuk ibu hamil muda untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan dalam perkembangan janin yang optimal. Buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh ibu hamil dan janin. Selain itu, buah juga mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi susah BAB atau sembelit pada ibu hamil.

Bagi calon mama-mama muda, hamil bukan berarti bisa mengkonsumsi semua makanan. Hal ini bertujuan agar janin dalam kandungan selalu dalam keadaan yang sehat. Banyak pakar kesehatan menyarankan pada ibu hamil untuk memberikan asupan yang baik untuk dirinya dan janin yang sedang dikandungnya. Salah satu asupan yang baik itu adalah memperbanyak asupan buah terutama untuk ibu hamil muda.

Buah apa saja yang baik buat ibu hamil muda? Dari sekian banyak buah yang ada di dunia, namun hanya terdapat beberapa buah saja yang sangat baik bagi ibu hamil muda. Namun, tidak semua buah itu baik untuk ibu hamil muda. Pilihlah buah untuk ibu hamil muda yang bergizi dan pastinya tidak membahayakan janin dalam kandungan.

Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan memberikan beberapa jenis buah yang baik untuk ibu hamil muda untuk dikonsumsi rutin. Yuk, simak 10 rekomendasi buah buahan yang baik untuk ibu hamil muda dalam artikel berikut ini!

Mengapa buah penting bagi ibu hamil dan janin?

Asupan yang bergizi sangat penting bagi ibu hamil dan janin karena dapat mempengaruhi perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Apabila ibu hamil tidak mengkonsumsi makanan bergizi, maka bayi akan mengalami perubahan permanen dalam fisiologi dan metabolisme dalam rahim. Buah merupakan salah satu jenis asupan yang mengandung nutrisi penting untuk mewujudkan program kehamilan yang sehat. Hal ini karena asupan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat sangat diperlukan tubuh selama masa hamil.

Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda 

Berikut ini 10 rekomendasi buah yang bagus untuk ibu hamil muda.

1. Pisang

Buah yang baik untuk ibu hamil muda yang pertama yaitu pisang. Pisang adalah salah satu jenis buah untuk ibu hamil muda dengan ciri-ciri berkulit kuning. Buah pisang mengandung banyak potasium yang merupakan salah satu mineral penting dibutuhkan oleh ibu hamil.

Selain itu, potasium juga mempunyai manfaat untuk menjaga keseimbangan antara cairan dan elektrolit dalam tubuh Anda. Inilah sebabnya pisang dapat mengatasi kram dan kelelahan.

2. Apel

Apel adalah buah yang bagus untuk ibu hamil muda karena kandungannya seperti vitamin C, A, E, D, serat dan seng. Buah apel ini selain punya rasa yang lezat tapi juga kaya manfaat. Kandungan zat gizi yang terdapat pada buah apel bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan janin. Selain itu, buah apel juga bermanfaat untuk mengurangi risiko asma, eksim, dan salah satunya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan sistem percernaan agar tetap baik.

3. Jeruk

Siapa sih yang tidak kenal denga buah jeruk? Jeruk dikenal sebagai buah yang memiliki rasa yang enak. Selain itu, buah jeruk juga termasuk ke dalam jenis buah yang bagus untuk ibu hamil dan janin. Hal ini karena buah jeruk mengandung banyak vitamin C, folat, dan air.

Kandungan air inilah yang dapat mencegah ibu hamil dari dehidrasi. Sedangkan kandungan folat di dalam jeruk bermanfaat untuk mencegah janin dari kecacatan otak dan saraf tulang belakang. Kandungan vitamin C yang terkandung dalam jeruk bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

4. Alpukat

Buah alpukat juga merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil muda dan sering dikonsumsi untuk jus. Alpukat mengandung beberapa kandungan zat gizi seperti vitamin C, B, K, serat, kolin, folat, magnesium, dan kalium.

Kandungan kalium dan magnesium di dalam alpukat punya manfaat untuk membantu meredakan mual. Selain itu, manfaat alpukat bagi ibu hamil juga bisa untuk menghilangkan kram kaki, menjaga perkembangan otak dan saraf pada bayi, dan mencegah risiko penyakit jantung.

5. Mangga

Buah mangga adalah buah punya kandungan vitamin C dan vitamin A yang tinggi. Vitamin C dan vitamin A inilah yang menjadikan mangga bagus untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungan vitamin C yang terkandung didalamnya bermanfaat untuk mengatur pencernaan, mengurangi sembelit, dan membebaskan Anda dari infeksi ringan. Sedangkan vitamin A bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan mencegah penyakit seperti diare dan infeksi pernapasan.

6. Semangka

Selain buah jeruk yang memiliki banyak kandungan airnya, buah semangka juga memiliki kandungan air yang cukup banyak. Selain itu, buah semangka juga mengandung vitamin, magnesium, dan potasium. Kandungan air yang melimpah di dalam buah semangka bermanfaat untuk menjaga tubuh ibu hamil muda tetap terhidrasi. Tidak hanya itu saja, buah semangka juga bisa mengurangi kram otot yang biasa terjadi saat trimester akhir.

7. Anggur

Anggur adalah buah yang juga bagus untuk ibu hamil karena mengandung magnesium, folat, dan beberapa vitamin lainnya. Buah anggur memiliki manfaat untuk mengurangi kram selama kehamilan karena kandungan magnesium yang terkandung didalamnya. Kandungan zat gizi lainnya yang ada pada buah anggur juga memberikan efek positif pada pencernaan dan metabolisme ibu hamil muda.

8. Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin E, C serta sumber serat yang baik dan mengandung asam folat. Ketika ibu hamil akan mengkonsumsi pepaya ini, dianjurkan untuk tidak memilih pepaya yang masih mentah karena mengandung lateks yang dapat memicu kontraksi pada rahim. Kandungan vitamin E, C serta sumber serat yang baik dan mengandung asam folat menjadikan pepaya bermanfaat untuk mencegah dan mengendalikan sembelit serta nyeri ulu hati.

9. Nanas

Banyak masyarakat yang mempercayai bahwa nanas adalah buah yang harus dihindari oleh ibu hamil. Faktanya, nanas mengandung bromelain dalam jumlah banyak yang dipercaya dapat menyebabkan perdarahan. Kandungan bromelain dalam satu sajian nanas, kecil kemungkinannya dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan.

Nanas banyak mengandung vitamin C, magnesium, vitamin B6, asam folat, zat besi dan beragam nutrisi lain yang penting untuk kesehatan ibu dan janin. Meski demikian, tidak dianjurkan mengonsumsi nanas secara berlebihan, terutama pada ibu hamil yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif.

Baca Juga:

10. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang banyak dijumpai disekitar kita. Kandungan serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium menjadikan apel buah yang bagus untuk ibu hamil. Manfat apel untuk ibu hamil muda yaitu dapat mengurangi risiko asma dan alergi pada saat hamil.

Nah, itu tadi beberapa buah yang baik untuk ibu hamil muda yang bisa dikonsumsi mulai sekarang. Tapi sebaiknya sebelum mengkonsumsi buah yang sudah disebutkan diatas tadi konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter supaya tidak menimbulkan kekhawatiran.

Demikian penjelasan tentang apa saja buah yang baik untuk ibu hamil muda yang bisa dikonsumsi. Semoga bermanfaat.
Top