Deteksi Sejak Dini, 10 Cara Mencegah Diabetes Secara Alami

 20 Apr 2019  Wahyu Fajar
Deteksi Sejak Dini, 10 Cara Mencegah Diabetes Secara Alami

Image Source: merdeka.com

Bagaimana cara mencegah diabetes secara alami? Diabetes merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada manusia. Cukup banyak orang yang menderita penyakit ini. Diabetes melitus menjadi penyakit mematikan yang menghantui masyarakat. Penyakit ini sering dianggap sebagai penyakit yang menakutkan hingga menyebabkan kematian.

Kata diabetes telah menjadi begitu umum terdengar oleh masyarakat saat ini, karena ini adalah salah satu penyakit yang paling umum. Diabetes adalah penyakit seumur hidup yang disebabkan oleh tingginya kadar gula di dalam darah. Hal ini terjadi karena tubuh tidak bisa memproduksi cukup banyak insulin atau tubuh tak bisa menggunakannya dengan baik.

Sehingga penting mengetahui cara mencegah diabetes yang tepat. Diabetes dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, kebutaan, gagal ginjal, amputasi bahkan kematian. Pola hidup memegang andil besar sebagai salah satu faktor pemicu diabetes pada seseorang. Namun, sebenarnya kadar gula darah dalam tubuh dapat dikendalikan.

Anda tentu tak ingin terkena diabetes, bukan? Apa cara mengatasi diabetes? Untuk itu, berikut ini adalah cara ampuh untuk mencegahnya!

Cara mencegah diabetes yang terbukti ampuh

1. Tahu apa itu diabetes

Sebelum memulai tindakan pencegahan terhadap diabetes, sangat penting untuk mengetahui apa sebenarnya diabetes itu. Setelah Anda akrab dengan penyakit ini, Anda dapat memulai terapi pencegahan Anda dengan mudah.

2. Mengurangi porsi makan

Mengurangi porsi makan setiap hari bisa menjadi cara terbaik untuk menghindari diabetes. 

3. Olahraga

Berolahraga setiap hari membantu menjaga berat badan yang sehat, menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas Anda terhadap insulin. Jadi, berolahragalah setiap hari selama minimal 30 menit untuk menjaga tingkat gula darah dalam rentang normal.

4. Menurunkan berat badan

Berat badan berlebih dapat menjadi memperbesar risiko seseorang terkena diabetes. Jadi, pastikan bahwa Anda dapat menurunkan berat badan dan menjaganya tetap normal.

5. Sarapan sangat penting

Tidak peduli seberapa bencinya Anda pada sarapan, sangat penting untuk sarapan setiap hari. Hal itu membantu mengurangi risiko terkena diabetes. Makan sarapan yang sehat tidak hanya membantu mengontrol nafsu makan, tetapi juga membantu mengontrol konsumsi kalori.

6. Hindari makanan berlemak

Junk food dan makanan yang biasa Anda beli di jalan umumnya tinggi lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Ini pada gilirannya juga dapat mempengaruhi tingkat gula darah dalam tubuh. Jadi, hindari junk food dan makanan berlemak lainnya.

7. Hindari minuman manis

Soda, minuman ringan atau berperasa dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Semua minuman berpemanis merupakan sumber gula yang tak terlihat, yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

8. Makan banyak sayuran

Daging memang lezat, namun Anda tidak harus memakannya setiap hari, karena dapat menimbulkan risiko diabetes. Dengan demikian, perbanyak konsumsi sayuran setiap hari. Mereka akan membantu Anda mencegah diabetes.

9. Hindari stres

Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Jadi, kurangi tingkat stres dengan berlatih yoga, meditasi atau latihan pernapasan.

10. Tidur nyenyak

Mendapatkan setidaknya enam jam tidur di malam hari sangat penting untuk mencegah diabetes. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat meningkatkan tingkat insulin dan menyebabkan ketidakseimbangan gula darah. Selain itu, tidur yang tidak nyenyak juga bisa membuat nafsu makan menggila.

Nah, Inilah sepuluh cara mencegah diabetes. Sebelum terlambat, Anda bisa melakukan pencegahan sejak dini dan memulai gaya hidup sehat. Selain menerapkan cara yang telah disebutkan diatas Anda juga perlu konsultasi kepada dokter agar diabetes tidak semakin parah.

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara mencegah diabetes. Semoga bermanfaat. 

KOMENTAR