Pengertian, Jenis, dan Fungsi Seni Rupa Murni

 05 Mar 2019  Wahyu Fajar
Pengertian, Jenis, dan Fungsi Seni Rupa Murni

Image Source: windowsnesia.com

Seni merupakan sesuatu yang dibuat atau diciptakan oleh manusia yang memiliki nilai keindahan yang dapat membuat orang disekitar merasakannya. Seni dibuat karena atas sebuah ide atau gagasan sebuah seniman yang membuatnya. Dalam seni, terdapat 2 macam jenis yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni rupa sebenarnya sangat berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari, contohnya seperti lukisan, patung, dan lain-lain. Tapi lukisan dan patung apakah termasuk seni rupa murni atau seni rupa terapan? Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian seni rupa murni dan contoh seni rupa murni untuk menambah wawasan Anda mengenai seni.

Banyak dibaca:

Pengertian seni rupa murni

Apa pengertian seni rupa murni? Seni rupa murni adalah cabang seni rupa untuk menghasilkan sebuah karya serta lebih menonjolkan atau mementingkan pada keindahannya untuk dinikmati saja. Pembuatan seni rupa murni lebih difokuskan pada nilai keindahan dan estetisnya tanpa memperhatikan nilai-nilai praktis dari karya yang akan dibuat. Apa saja karya seni rupa murni?Meskipun hanya dapat dinikmati keindahannya saja, karya seni rupa murni banyak dijumpai disetiap tempat contohnya rumah, kantor, dan lain-lain.

Fungsi seni rupa murni

Seni rupa murni juga memiliki fungsi untuk menumbuhkan atau meningkatkan kebahagiaan seseorang karena adanya unsur keindahan atau estetika yang ada di dalam sebuah karya seni rupa. Selain keindahan yang membuat orang bahagia, seni rupa murni juga dapat memperindah dan memepercantik ruangan agar ruangan terlihat menjadi lebih indah. Seni rupa murni juga bermanfaat sebagai cara untuk berkomunikasi kepada pecinta seni dan menjadi sebuah media untuk memberikan pengetahuan yang sifatnya baik untuk kepribadian dan kehidupan manusia.

Seni rupa murni juga mempunyai fungsi sosial karena ketika seseorang melihat karya seni yang dibuat kemudian orang tersebut tertarik, orang tersebut akan mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas karya seni yang telah dibuatnya.

Jenis seni rupa murni

Seni rupa murni memiliki 2 jenis yaitu seni rupa murni dua dimensi dan seni rupa murni tiga dimensi. Berikut ini penjelasan tentang seni rupa murni dua dimensi dan seni rupa murni tiga dimensi.

1. Seni rupa 3 dimensi

Pengertian, Jenis, dan Fungsi Seni Rupa Murni

Image Source: sumberpengertian.co

Seni rupa murni tiga dimensi adalah seni rupa yang terdiri dari tiga jenis unsur pembentuknya, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Ketiga unsur tadi akan membentuk suatu volume dan isi yang dapat menjadikan seni rupa murni dapat terlihat indah dari segala arah. Seni rupa murni tiga dimensi memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan yang dua dimensi di dalam pembuatannya. Tetapi secara keindahan akan memberikan kesan tersendiri dalam karyanya. Contoh seni rupa murni 3 dimensi seperti karya seni patung, seni ukir, dan lain sebagainya.

2. Seni rupa 2 dimensi

Pengertian, Jenis, dan Fungsi Seni Rupa Murni

Image Source: satujam.com

Jenis seni rupa murni selanjutnya yaitu seni rupa dua dimensi. Dalam seni rupa dua dimensi, hanya terdiri dari dua unsur pembentuk antara lain panjang dan lebar. Karena terdiri dari dua unsur pembentuknya, karya seni yang dihasilkan juga akan bisa dilihat dari arah tertentu saja. Contoh seni rupa murni 2 dimensi meliputi gambar grafis, poster, lukisan, dan lain sebagainya.

Fungsi umum seni rupa 

1. Sebagai sarana komunikasi

Fungsi seni rupa yang pertama adalah sebagai sarana komunikasi. Karya seni sejak zaman dahulu hingga sekarang ini dipercaya mampu digunakan untuk menyampaikan suatu gagasan atau ide secara tersirat atau tersurat. Contohnya seperti wayang biasanya digunakan sebagai media hiburan untuk menyampaikan pesan moral kepada orang-orang.

2. Sarana edukasi

Fungsi seni rupa selanjutnya yaitu sebagai sarana menambah wawasan. Seni banyak digunakan sebgai sarana untuk menambah wawasan sejak zaman dahulu hingga sekarang. Contohnya wayang, wayang sejak zaman dahulu sudah digunakan sebagai sarana pendidikan tua ataupun muda. Tujuannya adalah untuk menyampaikan sesuatu untuk memperbaiki kualitas diri sebagai manusia khususnya perilaku yang baik dan luhur.

3. Kebutuhan emosional

Selain sarana edukasi fungsi seni rupa juga dapat memenuhi kebutuhan emosional. Manusia memiliki banyak sekali sifat, contohnya marah, sedih, ,malas, senang dan lain sebagainya. Peran seni sebagai sarana emosional penting bagi orang yang sedang mempunyai perasaan sedih atau tidak nyaman karena perasaaan tersebut dapat hilang dengan melihat lukisan yang indah.

Demikian apa yang dimaksud seni rupa murni dan contohnya. Semoga bermanfaat.