5 Manfaat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis Menurut Islam

 07 Mar 2019  Khoirul Rizky F
5 Manfaat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis Menurut Islam

Image Source: cosmopolitan.co.id

Sebagai umat islam tentunya kita sudah mengenal berbagai puasa-puasa sunnah. Diantaranya adalah, puasa arafah, puasa asyuro, puasa senin kamis, dan sebagainya. Dan juga di antara sekian banyak puasa sunnah, yang paling populer adalah puasa senin kamis.

Banyak yang menganggap puasa senin kamis sangat dianjurkan, karena selain pahalanya yang besar. Keutamaan puasa senin kamis memberikan manfaat besar bagi yang menjalankannya. Lalu apa saja keutamaan puasa senin kamis?

Apa keutamaan dari puasa senin kamis? Apa keutamaan puasa sunah senin kamis? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga:

Berikut Keutamaan Puasa Senin-Kamis

1. Dapat menjadi perisai bagi kejiwaan seseorang

Dengan menjalankan puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa-puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang.

Manfaat berpuasa juga dapat membantu dalam melatih kesabaran, melatih menguasai diri, melatih diri dalam meredam hawa nafsu, serta dapat meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas ketaqwaannya kepada Allah SWT.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

2. Melatih diri untuk berdisiplin

Dengan menjalankan puasa, maka seseorang akan dilatih untuk selalu berdisiplin dalam segala hal. Karena dia akan merasa Allah SWT selalu mengawasi setiap tindakan yang dilakukan. Sehingga dia akan selalu mawas diri dan menghindari segala hal-hal yang dapat menimbulkan dosa dan dapat membatalkan puasanya.

3. Dapat terhindar dari godaan syaitan

Dengan menjalankan puasa, memberikan gambaran bahwa dengan melakukan ibadah tersebut jalan syaitan untuk mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat. Sehingga dapat meminimalkan pengaruh-pengaruh syaitan pada manusia seperti berbuat kemaksiatan atau melakukan hal-hal yang dilarang Allah SWT.

4. Dapat melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur

Dengan menjalankan puasa, rasa simpatik terhadap orang lain akan semakin meningkat, terutama bagi mereka yang memiliki keberuntungan yang masih jauh dibawah kita. Sehingga dengan begitu akan menjadikan kita lebih tahu cara mensyukuri nikmat Allah SWT.

5. Dapat menjaga kesehatan tubuh

Dengan menjalankan puasa, dipercaya berdampak baik bagi kesehatan seseorang. Puasa dapat membersihkan tubuh serta sebagai penyembuhan berbagai penyakit. Karena saat berpuasa, sistem pencernaan dapat beristirahat sehingga sistem tubuh yang lainnya juga dapat bekerja dengan lebih baik.

Demikian penjelasan diatas tentang keutamaan dari puasa senin kamis. Semoga bermanfaat!

KOMENTAR