Keutamaan Puasa Senin Kamis Menurut Islam

Penulis Taufiq F | Ditayangkan 10 Sep 2019

Keutamaan Puasa Senin Kamis Menurut Islam

Keutamaan puasa senin kamis - Image from youtube.com

Banyak sekali keutamaan puasa sunnah senin kamis, dimana tidak hanya sebatas amalan sunah puasa senin kamis biasa saja, namun terdapat satu manfaat dari puasa senin kamis dan keutamaan puasa senin kamis menurut islam.

Untuk itu penting bagi umat islam agar selalu mengamalkan puasa senen kamis di setiap minggunya untuk melaksanakan ibadah sunah tersebut kecuali di hari-hari tertentu yang memang di haramkan untuk berpuasa.

Keuntungan puasa senin kamis tidak hanya sebatas dari sisi pahala puasa senin kamis menurut islam, tetapi juga mencakup kehidupan duniawi meliputi masalah menjaga kesehatan badan.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini wajibbaca akan membahas keutamaan puasa sunah senin kamis dan keistimewaan puasa senin kamis, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Tujuan Puasa Senin Kamis

Ada beberapa keterangan yang menjelaskan bahwa sunnah puasa senin kamis salah satunya karena hari senin menjadi hari kelahiran baginda Nabi sehingga beliau selalu berpuasa pada hari tersebut tidak pernah meninggalkannya.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam pernah ditanya tentang puasa hari Senin, beliau Shalallahu 'alaihi wassalam menjawab: "Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya Al-Quran kepadaku pada hari tersebut". (HR. Muslim).

Sementara untuk puasa hari kamis, di jelaskan dalam salah satu hadist yang artinya Rasulullah SAW bersabda, "Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa" (HR Turmudzi dan yang lainnya).

Maka dari itu kita sebagai umat Rasulullah, sudah sepantasnya jika kesunnahan-kesunahannya di laksanakan sebagai mana beliau juga mengerjakannya, bahkan tidak hanya puasa senin dan kamis saja bahkan puasa sunnah lainnya juga.

Keutamaan Puasa Senin Kamis dan Dalilnya

Terdapat hikmah puasa sunnah senin kamis dan fadhilah puasa senin kamis, bahkan terdapat keajaiban tersendiri dari pengalaman puasa sunnah senin kamis tersebut manfaat puasa senin kamis bagi wanita secara spiritual yang ingin melakukan cara diet terbaik menurut islam untuk merawat kecantikannya.

Ditinjau dari segi medis ternyata pada pelaksanaan puasa hari kamis itu terdapat manfaat puasa sunah senin kamis yang begitu besar yang bisa dirasakan dampak dari mengamalkan amalan tersebut diantaranya dapat menjadi perisai bagi kewajiban seseorang.

Melatih diri untuk berdisiplin, dapat terhindar dari godaan syaitan, dapat meningkatkan amalan dan juga dapat melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur terhadap nikmat yang telah di terima.

Bahkan terdapat pula keutamaan berpuasa senin kamis lainnya seperti mudah mencapai kesuksesan, mudah untuk mendapatkan jodoh, mampu mengendalikan hawa nafsu. Sehingga begitu besar manfaatnya jika bisa dilakukan dengan mengetahui bacaan niatnya.

Hikmah Puasa Senin Kamis Menurut Islam

Selain manfaat puasa senen kamis menjadi salah satu perisainya amal umat islam, juga pada puasa senen kemis tersebut menjadi waktu dibukakannya pintu-pintu surga serta bagi hamba Allah SWT yang tidak menyekutukannya dengan suatu apapun maka semuanya akan dihapuskan dosa terkecuali mereka yang dengan saudaranya memiliki permusuhan.

Pernyataan ini berdasarkan dengan hadist nabi yang diriwayatkan oleh imam muslim sebagaimana dalam terjemahan hadistnya berikut ini:

"Dari Abu Hurairah Radiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda:"Pintu-pintu surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan:"Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai"
(HR Muslim).

1. Kejiwaan yang stabil

Puasa sunah senin kamis membuat kejiwaan, serta kesehatan kita menjadi lebih baik atau stabil. Secara kejiwaan puasa senin kemis membiasakan kesabaran, puasa senin kamis menguatkan kemauan, puasa sunat senin kamis mengajari dan membantu bagaimana menguasai diri, serta manfaat puasa senin dan kamis dapat mewujudkan dan membentuk ketaqwaan yang kuat dalam diri. Inilah manfaat puasa senin kamis dalam islam yang paling utama.

2. Melatih untuk terhindar dari dosa

Berdasarkan "Segala sesuatu itu ada zakatnya, sedang zakat jiwa itu adalah berpuasa. Dan puasa itu separuh kesabaran" (HR. Ibnu Majah). Dan dengan menghilangnya perangai buruk kita, minimal seminggu dua kali, maka bisa juga dikatakan bahwa "Puasa adalah benteng yang membentengi seseorang dari api neraka yang membara" (HR Ahmad dan Baihaqi)

3. Bisa meningkatkan amalan

Dengan manfaat puasa senin kemis, paling tidak, dalam dua kali seminggu, kita membatasi kalori yang masuk dalam tubuh. Sebuah penelitian yang membuktikan bahwa puasa malah meningkatkan daya pikir kita. Masih banyak lagi manfaat puasa sunnah senin kamis, misalnya kegunaan puasa senin kamis bisa menghindarkan atau mengurangi diabetes dan penyakit vascular seperti jantung.

Manfaat Puasa Senin Kamis Menurut Islam

  1. Hikmah puasa senin kamis dapat menjadi perisai bagi kejiwaan seseorang
  2. Manfaat puasa sunah ini dapat melatih diri untuk berdisiplin
  3. Manfaat puasa sunnah senin kamis ini dapat terhindar dari godaan syaitan
  4. Faedah puasa senin kamis dapat meningkatkan amalan
  5. Kelebihan puasa senin kamis ini bisa melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur
  6. Keutaman puasa senin kamis berpengaruh besar pada kesehatan tubuh
  7. Manfaat puasa senin kamis sebagai kunci sukses mencapai cita-cita yang diinginkan
  8. Fungsi puasa senin kamis juga dapat sebagai cara mendapatkan jodoh
  9. Berkah puasa senin kamis dapat menahan nafsu
  10. Manfaat berpuasa senin kamis juga dapat mengencangkan kulit
  11. Khasiat puasa senin kamis menurunkan tekanan darah tinggi
  12. Mamfaat puasa senin kamis dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
  13. Keutamaan puasa senin kamis ini juga dapat meremajakan sel kulit.

Keutamaan Shaum Senin Kamis

1. Pintu-pintu surga di buka pada hari senin dan kamis

"Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai".  (HR Muslim).

2. Dibukanya pintu "Ar-Rayyan di surga"

Sesungguhnya di surga ada satu pintu namanya "Ar-Rayyan", yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang berpuasa di katakan: "manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi. (HR Bukhari dan Muslim).

3. Diperlihatkannya amal pada hari senin dan kamis

Amal perbuatan seseorang diperlihatkan di hadapan Allah SWT pada hari senin dan kamis. Di hadapan para nabi, ayah, dan ibu yang bersangkutan sendiri, amal diperlihatkan pada hari Jumat. Sementara di hadapan Rasulullah, amal seseorang diperlihatkan setiap hari.

Demikianlah penjelasan mengenai arti puasa senin kamis menurut islam, puasa senin kamis dan manfaatnya, cara puasa senin kamis dan manfaatnya, puasa senin kamis dalam islam yang bisa wajibbaca sampaikan pada kesempatan kali ini.

Bila anda ingin memahami lebih dalam lagi bisa dengan mengecek pada penjelasan wajibbaca.com yang berhubungan dengan gambar puasa senin kamis, puasa senin kamis adalah, apa manfaat puasa senin kamis, tentang puasa senin kamis, apa itu puasa senin kamis, apa arti puasa senin kamis, arti puasa senin kamis, puasa senin kamis manfaat, semoga bermanfaat untuk kita semuanya.

SHARE ARTIKEL