5 Gejala Demam Berdarah yang Sepele Hingga Sering Dianggap Demam Biasa

 21 Mar 2019  Wahyu Fajar
5 Gejala Demam Berdarah yang Sepele Hingga Sering Dianggap Demam Biasa

Image Source: hellosehat.com

Seiring intensitas hujan yang meningkat di beberapa wilayah di Indonesia, tak dapat dipungkiri akan memunculkan beberapa penyakit, salah satunya DBD.

Sakit demam berdarah tentunya tidak asing lagi di telinga. Lalu bagaimana cara pertolongan pertama dan pengobatan bagi penderita sakit demam berdarah?

Gejala penyakit demam berdarah tidak dirasakan seketika setelah seseorang digigit nyamuk Aedes Aegypti. Demam berdarah atau dikenal oleh kebanyakan masyarakat sebagai demam dengue adalah penyakit yang dapat membuat suhu tubuh penderita menjadi naik tinggi.

Apa saja gejala penyakit demam berdarah? Akan kita bahas lengkap hingga akhir artikel.

Sebenarnya, tanda-tanda demam berdarah tak hanya demam tinggi dan bintik merah. Serangkaian gejala mengantarkan pasien melewati beberapa fase-fase demam berdarah.

Gejala demam berdarah yang umum meliputi: demam tinggi mendadak, nyeri pada otot, sakit kepala parah dan sakit pada bagian belakang mata, mual dan muntah, serta kelelahan. Untuk penjelasan secara terperinci dapat Anda baca di bawah ini.

Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan memberikan apa saja gejala demam berdarah yang wajib anda ketahui.

Baca Juga:

Apa itu demam berdarah?

Apa yang dimaksud dengan gejala demam berdarah? Demam berdarah dengue atau DBD adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Demam berdarah DBD dulu disebut penyakit “break-bone” karena kadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak.

Penyakit demam berdarah yang ringan dapat menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Sedangkan penyakit demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba drastis dan bahkan bisa berujung kematian.

Ada empat serotipe virus dengue (DENV) yaitu DENV-1, -2, -3, dan -4, dan infeksi dari virus tersebut menyebabkan berbagai gejala seperti demam, pusing, nyeri pada bola mata, otot, sendi, dan ruam. Orang yang terinfeksi virus dengue sering kali juga mengalami kelelahan jangka panjang. Virus dengue dapat berkembang menjadi hal yang dapat mengancam jiwa (severe dengue), mengakibatkan nyeri perut dan muntah, sulit bernapas, dan penurunan trombosit darah yang bisa mengakibatkan pendarahan internal.

Penyakit demam berdarah biasa ditemukan pada daerah tropis dan sub-tropis, terutama di area urban dan semi-urban. Hingga saat ini belum ada penanganan yang spesifik untuk demam berdarah. Namun, vaksin demam berdarah telah dikembangkan oleh WHO pada bulan April 2016. Vaksin tersebut berfungsi untuk mencegah terjadinya fase ke-2 demam berdarah.

Gejala demam berdarah

Dilansir dari Web MD, gejala demam berdarah dimulai sekitar empat sampai sepuluh hari setelah pasien mendapat gigitan dari nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albocpictus.  Pada anak-anak yang sebelumnya tidak pernah terinfeksi, gejala demam berdarah yang dialami cenderung lebih parah dibanding dengan orang dewasa.

Untuk itu, pasien dan keluarga perlu mengetahui perbedaan gejala demam berdarah yang muncul dengan  gejala penyakit lain sehingga tidak mengabaikannya. Berikut beberapa gejala demam berdarah yang sebaiknya tidak boleh diabaikan oleh pasien.

1. Demam tinggi mendadak

5 Gejala Demam Berdarah yang Sepele Hingga Sering Dianggap Demam Biasa
Image Source: hellosehat.com

Demam mungkin sering terjadi pada banyak penyakit. Namun pada gejala demam berdarah, demam terjadi secara mendadak dan banyak orang yang tidak tahu perbedaan demam biasa dengan demam yang disebabkan oleh DBD.

Perbedaan yang kontras antara gejala demam berdarah dengan  gejala demam lainnya adalah demam DBD bisa mencapai 40 Celcius. Demam yang terjadi akibat flu dan infeksi dari virus atau bakteri biasanya disertai dengan gejala bersin atau batuk sedangkan gejala demam pada DBD tidak demikian. Demam pada DBD bisa terjadi selama dua sampai tujuh hari.

2. Nyeri pada otot

5 Gejala Demam Berdarah yang Sepele Hingga Sering Dianggap Demam Biasa
Image Source: hellosehat.com

Setelah gejala demam berdarah seperti demam terjadi, pasien akan merasakan nyeri pada bagian otot dan sendi. Gejala  demam berdarah ini disertai dengan tubuh menggigil dan berkeringat.

3. Sakit kepala parah dan sakit pada bagian belakang mata

5 Gejala Demam Berdarah yang Sepele Hingga Sering Dianggap Demam Biasa
Image Source: hellosehat.com

Beberapa jam setelah mengalami demam, gejala selanjutnya yang akan muncul adalah sakit kepala parah. Biasanya rasa sakit terjadi di sekitar dahi. Sakit kepala parah juga disertai dengan sakit pada bagian belakang mata. Ini merupakan gejala umum yang sering terjadi.

4. Mual dan muntah

5 Gejala Demam Berdarah yang Sepele Hingga Sering Dianggap Demam Biasa
Image Source: hellosehat.com

Pada beberapa orang, masalah pencernaan juga bisa terjadi, seperti mual dan muntah. Selain itu, bagian perut atau punggung terasa tidak nyaman. Gejala ini bisa terjadi selama dua sampai empat hari.

5. Kelelahan

5 Gejala Demam Berdarah yang Sepele Hingga Sering Dianggap Demam Biasa
Image Source: hellosehat.com

Demam disertai nyeri otot dan masalah pencernaan yang terjadi pada pasien DBD dapat menurunkan nafsu makan. Tentu hal ini menyebabkan tubuh menjadi kelelahan karena kurangnya asupan makanan dan sistem imun tubuh yang melemah.

Jadi itulah beberapa gejala demam berdarah yang bisa Anda ketahui. Agar Anda selalu berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar Anda. Karena perkembangbiakan nyamuk demam berdarah ini terletak pada air jenuh yang menggenang.

Demikian penjelasan apa saja gejala demam berdarah. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.