6 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Menggunakan Obat

Komentar
cara meredakan sakit kepala tanpa minum obat
Image Source: liputan6.com

Sakit kepala adalah penyakit yang paling lazim kita temui sehari-hari. Deretan hal yang dapat memicu sakit kepala nampaknya tak bisa ditebak begitu saja. Nah, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meredakan sakit kepala dengan segera. Cara ini mungkin bisa kamu coba agar sakit kepala tidak semakin parah.

Sakit kepala memang bukan penyakit yang serius tapi cukup mengganggu dan kebanyakan orang berusaha menyelesaikannya dengan obat. Sakit kepala tidak memiliki jangka waktu tertentu, bisa berlangsung kurang dari satu jam atau bahkan sampai berhari-hari.

Bagaimana cara meredakan sakit kepala? Ada banyak cara untuk mengatasi serangan sakit kepala, salah satunya dengan minum obat pereda nyeri. Namun ada pula beberapa cara alami yang juga ampuh untuk meredakan sakit kepala Anda. Tidak usah terburu-buru menghilangkan sakit kepala menggunakan obat-obatan.

Ada cara menghilangkan sakit kepala secara alami, berikut ini wajibbaca.com akan memberikan cara meredakan sakit kepala tanpa obat.

Baca Juga:

Cara meredakan sakit kepala tanpa minum obat

Saat kamu mengalami sakit kepala, kamu dapat mengatasinya dengan cara-cara berikut:

1. Memijat Pelipis dan Melakukan Peregangan Kecil

Saat sakit kepala tegang terjadi ketika bekerja, tentu akan mengganggu fokus kamu. Sebaiknya luangkan waktu beberapa menit untuk memijat area pelipis dan melakukan peregangan kecil, agar otot-otot kamu mengalami relaksasi dan kamu dapat kembali bekerja dengan tegang. Lakukan pula terhadap otot-otot yang kamu rasa tegang, misalnya leher dan tangan.

2. Istirahat di Ruangan Gelap dan Tenang

Beristirahat sambil menutup mata di ruangan yang gelap dan sunyi dapat membantu meredakan sakit kepala, karena umumnya sakit kepala peka terhadap cahaya dan suara. Di kegelapan, biarkan otot-otot yang tegang rileks dengan sendirinya. Kamu juga dapat menikmati suasana ini sambil mendengarkan musik yang tenang atau yang biasa digunakan untuk meditasi.

3. Kompres dengan Air Panas atau Es Batu

Cara ini umum dan sering dilakukan orangtua kamu saat kecil dulu. Cara ini cukup berpengaruh. Coba saja gunakan kompresan air panas untuk merelaksasi area bahu dan leher. Cara ini dapat meredakan sakit kepalamu. Untuk sakit kepala berdenyut, gunakan es batu yang dibalut dengan handuk, kemudian tempelkan pada dahi dan pelipis.

4. Minum Air Jahe

Bagaimana cara menghilangkan sakit kepala? Minum air jahe dianjurkan untuk menghilangkan rasa nyeri pada bagian kepala. Tanaman herbal ini dapat kamu kombinasikan dengan bahan alami lainnya, biasanya dengan campuran madu, lemon, kayu manis, daun serai, dan buka pekak. Minum air jahe ini selagi hangat.

Perlu kamu ketahui bahwa hawa panas dalam kandungan jahe dapat berbahaya jika kamu mengalami hipertensi dan sakit kepala tegang. Minuman ini dapat menaikkan tekanan darah dalam tubuhmu.

5. Minum Kopi Secukupnya

Mungkin terasa aneh, karena kadang-kadang kopi juga menyebabkan sakit kepala. Namun menurut para ahli, kandungan kafein dapat menenangkan sistem saraf yang tegang. Namun tidak dalam jumlah banyak, cukup satu gelas untuk meredakan sakit kepala.

6. Mengonsumsi Kentang Rebus

Menurut seorang ahli vitamin, dr. George Obikoya, kalium dapat menjadi pereda nyeri alami, termasuk sakit kepala. Kekurangan kalium dapat menyebabkan sakit kepala atau keluhan lainnya. Kentang mengandung kalium yang tinggi, sehingga baik untuk meredakan sakit kepalamu. Sebaiknya konsumsi kentang yang direbus, bukan digoreng.

Itulah beberapa cara sederhana yang dapat kamu lakukan ketika mengalami sakit kepala. Jika sakit kepala tak kunjung membaik segeralah konsultasi kepada dokter agar tidak semakin parah.

Demikian cara untuk meredakan sakit kepala tanpa obat yang bisa dicoba dirumah. Semoga bermanfaat.
Top