Bukan Dengan Obat, Begini Atasi PMS Agar Sakitnya Tidak Mengganggu

 04 Mar 2019  Penulis
Bukan Dengan Obat, Begini Atasi PMS Agar Sakitnya Tidak Mengganggu

Sumber gambar shutterstock.com

Banyak wanita yang merasa kesakitan setiap kali periode menstruasi mereka datang. Terdapat berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Coba kamu lakukan hal-hal ini.

Banyak diantara wanita yang merasakan sakit ketika masa menstruasi mereka datang. Munculnya rasa sakit pada saat menstruasi ini membuat sebagian wanita menjadi sulit dan tidak nyaman dalam menjalani aktivitasnya.

Terdapat berbagai cara yang bisa kita lakukan agar rasa sakit yang muncul ini tak membuat kita merasa muram dan suntuk. Dikutip dari merdeka.com, berikut sejumlah hal terkait menstruasi yang perlu kamu perhatikan.

Hindari Stres

Menghindari stres merupakan salah satu hal yang sulit dilakukan terutama ketika mood tak menentu pada saat menstruasi. Melakukan aktivitas seperti yoga, olahraga, dan meditasi dapat membantu menghadirkan ketenangan dalam jiwa. Namun jika masalah stres ini tak kunjung hilang, segera hubungi psikolog atau psikiater.

Baca juga:

  1. Sakit Perut Sebelah Kiri, Ini Sumber 5 Penyakit Berbahaya
  2. Penderita Obesitas Meninggal Dunia, 5 Fakta yang Harus Kamu Juga Sadari

Berolahraga

Melakukan olahraga dan kegiatan aktif dapat menjadi cara untuk melepaskan endorfin. Hal ini dapat mengatasi masalah mood tak menentu yang kamu alami serta mengatasi masalah nyeri fisik seperti kram yang sering muncul ketika menstruasi.

Konsumsi Kalsium

Penelitian telah menyebut bahwa mineral dapat membantu mengatasi depresi dan kelelahan selama PMS. Susu, sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, almond, serta ikan kalengan merupakan salah satu sumber makanan kaya kalsium.

Perhatikan Kebiasaan Makan

Ganti kebiasaan makan tiga kali sehari menjadi enam kali namun dengan porsi yang lebih kecil. Hal ini dapat membantu menjaga tingkat gula darah dan mencegah turunnya mood. Selain itu kamu juga bisa untuk mencegah konsumsi alkohol, kafein, dan makanan tinggi gula.

Lakukan Pengalihan

Ketika kamu berdiam diri, kondisi PMS bisa membuatmu merasakan sakitnya secara keseluruhan. Untuk menghindari masalah ini, kamu bisa melakukan pengalihan dengan berkumpul dan bersenang-senang bersama teman-teman.

Sejumlah hal itu bisa kamu lakukan selama PMS untuk menghindari munculnya rasa sakit. Dalam kondisi kesehatan yang baik-baik saja, PMS kamu bakal berlalu dengan lancar.

KOMENTAR