Viral Video Bocah Mabuk BBM Pertalite, Ternyata Seperti Ini Efek Mengerikannya

 25 Feb 2019  Cheryl mikayla
Viral Video Bocah Mabuk BBM Pertalite, Ternyata Seperti Ini Efek Mengerikannya

Video miris bocah mabuk peralite viral dimedia sosial (facebook.com)

Hati-hati para orangtua!!

Tren mabuk BBM Pertalite, nampaknya semakin menjamur dikalangan remaja.

Baru-baru ini video bocah mabuk BBM Pertalite beredar viral di media sosial. Padahal seperti ini efek mengerikan yang bakal ditimbulkan.." Sama saja dengan bunuh diri".

Sungguh miris apa yang dilakukan anak-anak generasi zaman sekarang. Setelah ramai mabuk lem, mabuk pembalut, kini malah ada lagi mabuk BBM Pertalite.

Baru-baru ini beredar viral mi media sosial, sebuah video seorang bocah mengalami mabuk berat akibat menghirup BBM Pertalite.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh akun facebook @ucapsyukur kemudian menjadi viral dan banyak direpost di medsos lainnya seperti Instagram.

"Mabuk Miras, Mabuk lem, Mabuk Janda sudah banyak. Kalau adek ini mabuk Pertalite. Mohon dinas terkait, bantuan pembinaan untuk adek kita ini, generasi penerus bangsa" tulis akun @ucapsyukur dalam keterangan unggahan videonya.

Dalam video unggahan tersebut terlihat jelas seorang bocah sedang memegang botol berisi BBM Pertalite, dalam kondisi mabuk dan sempoyongan.

Mabuk BBM Sama Saja dengan Bunuh Diri

Belajar dari kejadian diatas, orangtua wajib waspada. Sebab, efek mabuk BBM yang sedang ngetren ini sungguh mengerikan bagi kesehatan.

Dilansir dari hipwee.com, menurut Wisconsin Department of Health Services, menghirup uap gas BBM sama saja dengan bunuh diri. Bahaya bagi kesehatanpun sungguh mengerikan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Diantaranya:

1. Efek pertama yang ditimbulkan akibat menghirup aroma bensin adalah mabuk dan linglung

Bau bensin yang menyengat dan kandungan zat-zat kimia berbahaya di dalamnya lah pemicunya. Efek ini akan meningkat jika disertai dengan menghirup asap hasil pembakaran bensin, yang biasanya berasal dari uap kendaraan bermotor.

Pusing dan sakit kepala ini menyebabkan gangguan koordinasi yang membuat seseorang mengalami mabuk dan linglung.

2. Gangguan koordinasi tubuh dan otak yang semakin sering akan menyebabkan kerusakan sistem saraf

Saat seseorang menghirup uap bensin akan mengganggu koordinasi dalam otak. Kemampuan tubuh untuk mengirimkan pesan ke otak pun menjadi terhambat.

Kondisi ini memengaruhi kemampuan otak untuk menerjemahkan sinyal dan mengoordinasikan tubuh untuk merespon sinyal tersebut. Semakin sering dan semakin banyak seseorang menghirup uap bensin, maka kerusakan sistem saraf ini akan semakin besar.

Baca Juga: Karena Ada Bahan Kimia Ini Pada Pembalut, Banyak Remaja Merebus Pembalut Untuk Dibuat Mabuk

3. Zat-zat kimia berbahaya yang terkandung di dalam bensin juga memicu penyakit kanker

Seperti yang diungkapkan oleh Wisconsin Department of Human Services, bensin mengandung zat kimia yang disebut benzene.

Zat ini telah dikaitkan dengan kemungkinan peningkatan leukemia atau kanker darah.

Bahkan, Canadian Centre for Occupational Health and Safety telah mengidentifikasikan adanya ethylene dibromide dalam bensin dan telah terbukti sebagai karsinogen yang bisa menyebabkan kanker.

4, Meski jarang terjadi di kehidupan sehari-hari, bahaya paling fatal dari menghirup uap bensin adalah mengalami kematian mendadak.

Kejadian ini pernah dilaporkan oleh New South Wales Department of Education yang menyebutkan bahwa ada korban yang meninggal secara tiba-tiba karena sengaja dan terbiasa menghirup uap bensin.

Kondisi seperti ini disebut dengan sudden sniffing death. Ketika menghirup uap bensin, saraf dalam tubuh akan terangsang dan memperlambat denyut jantung.

Jika denyut jantung semakin melambat dan berhenti, maka tak menutup kemungkinan jika orang tersebut mengalami kematian mendadak.

Nah, mulai sekarang tingkatkan lagi pengawasan pada ana-anak Anda, jangan sampai ikut-ikutan jadi korban.

KOMENTAR