10 Manfaat Susu Kedelai Bagi Tubuh

 13 Feb 2019  Wahyu Fajar
10 Manfaat Susu Kedelai Bagi Tubuh

Image Source: pixabay.com

Susu kedelai merupakan salah satu minuman sehat yang penuh gizi. Susu kedelai kaya asam lemak, protein, serat, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Pengganti susu sapi ini sebenarnya bukanlah susu, namun merupakan sari kedelai berwarna putih yang dihasilkan melalui proses perendaman, penggilingan, dan perebusan kacang kedelai. Dengan kandungan nutrisi yang beragam, manfaat susu kedelai bisa dirasakan oleh setiap orang yang ingin mendapat manfaat sehat dari jenis susu lainnya.

Banyak yang mengambil manfaat susu kedelai karena minuman tersebut menjadi sumber yang baik untuk serat, magnesium, fosfor, potasium, dan protein. Dalam kedelai sendiri mengandung laktosa serta rendah akan lemak jenuh dan kolesterol. Banyak penelitian sudah memberi bukti jika sari kacang kedelai sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja manfaat dari susu kedelai? Apa manfaat susu kedelai untuk ibu menyusui?

Manfaat susu kedelai untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Apa manfaat susu kedelai untuk kesehatan? Susu kedelai mengandung protein yang dibutuhkan manusia sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Protein terbuat dari asam amino yang memiliki keuntungan mencegah berbagai penyakit. Asam amino dan isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Beberapa penelitian membandingkan susu kedelai dengan susu sapi dalam menurunkan tekanan darah. Bahwa susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan dengan susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan sampai sedang. Di antara pasien dengan diabetes tipe 2, konsumsi susu kedelai memiliki efek yang baik untuk tekanan darah. Sehingga, konsumsi susu kedelai sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

2. Anti oksidan

Efek antioksidan yang dimiliki isoflavone pada susu kedelai memiliki keuntungan untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. Susu kedelai memiliki efek anti oksidan dan pelindung hati yang dapat membantu menurunkan stress oksidatif dan kerusakan yang terjadi didalam tubuh. Kerusakan sel sebagai hasil stres oksidatif dipercaya merupakan penyebab utama dari penyakit kardiovaskular melalui oksidasi LDL dan kanker melalui DNA. Wanita menopause rentan terhadap penyakit kronis yang berhubungan dengan proses penuaan dan hormon. Isoflavone dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada populasi tersebut dan menghambat kerusakan oksidatif DNA pada wanita setelah menopause.

3. Mengandung karbohidrat 

Apa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil? Secara umum karbohidrat memang berkhasiat untuk memberikan asupan energi di dalam tubuh. Mengingat ibu hamil pasti membutuhkan energi ekstra untuk melakukan aktivitas sehari-hari, jadi bisa dibilang mengonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil itu cukup penting. Tujuannya adalah untuk memenuhi asupan karbohidrat yang bisa mengatasi kelelahan. Terutama bagi kamu yang suka dengan rasa susu kedelai, mungkin ini bisa jadi pilihan saat nafsu makan menurun karena derita mual dan muntah.

4. Mengurangi gejala post-menopause

Susu kedelai dapat mengurangi masalah kesehatan pada wanita setelah menopause. Beberapa penelitian menemukan bahwa isoflavone pada kedelai dapat menjaga kadar estrogen pada wanita menopause. Sistem imun dapat tertekan setelah menopause karena efek penuaan dan berkurangnya estrogen. Isoflavone adalah komponen yang mengandung bahan estrogenik dan antioksidan, sehingga bisa membantu menguatkan daya tahan tubuhpada wanita pada periode ini.

5. Mengurangi risiko kanker payudara

Apa manfaat susu kedelai untuk payudara? Karena kedelai mengandung fitoestrogen yang mirip dengan hormon estrogen, maka tubuh tidak perlu lagi menghasilkan lebih banyak hormon estrogen. Estrogen sendiri jika kadarnya berlebihan dapat menghidupkan sel-sel kanker pada payudara. Maka, mengonsumsi makanan dari kedelai mampu mengurangi risiko kanker payudara. Fakta tersebut berhasil dicatat oleh para ahli dalam American Journal of Clinical Nutrition. Penelitian ini juga membuktikan bahwa risiko kanker payudara bisa berkurang hingga 60 persen kalau Anda rutin mengonsumsi kedelai.

6. Mengencangkan kulit

Susu kedelai dapat meningkatkan kekencangan kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat perbaikan serat elastin. Serat kolagen maupun elastin akan bekerja sama untuk membantu menjaga agar kulit tetap kencang. Seperti yang kita tahu, produksi kolagen pada kulit kita akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia.

7. Mencegah keriput atau tanda-tanda penuaan

Apa manfaat susu kedelai untuk kulit? Di dalam susu kedelai terkandung isoflavon yang disebut aglikon. Kandungan tersebut bisa membantu mencegah penuaan pada kulit dengan cara mengurangi kerutan-kerutan dan garis-garis halus. Sebuah penelitian di Jepang yang diterbitkan pada bulan Februari tahun 2007 di Journal of Nutritional Sains dan Vitaminology menyebutkan bahwa, mengkonsumsi 40 mg aglikon dari kedelai selama kurang lebih 12 minggu bisa membuat kulit wanita berusia 40 tahun terlihat seperti kulit wanita 30 tahun.

8. Mencegah obesitas

Obesitas dapat terjadi pada pria maupun wanita setelah menopause. Isoflavone pada susu kedelai memiliki efek hormonal yang dapat menghambat adipogenesis yang dapat menurunkan pelebaran dari jaringan lemak. Hal ini turut mempengaruhi dalam menurunnya kadar LDL kolestrol dalam darah dan dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

9. Melancarkan pencernaan

Apa manfaat susu kedelai untuk orang hamil? Susu kedelai diketahui memiliki banyak protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Manfaat yang didapatkan dari susu kedelai ini didapatkan dari kandungan isoflavone yang terkandung di dalamnya. Isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai juga baik dalam meningkatkan absorpsi usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

10. Meningkatkan kecerdasan otak 

Kandungan di dalam susu kedelai yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak adalah kandungan lesitin. Sejenis nutrisi yang sangat penting bagi otak. Menurut penelitian, mengonsumsi susu kedelai bisa membantu mencegah penyakit alzheimer.

Demikian apa saja manfaat dari susu kedelai. Semoga bermanfaat.