8 Manfaat Jus Tomat, Mulai Menjaga Sistem Pencernaan Hingga Cegah Kanker

 25 Feb 2019  Wahyu Fajar
8 Manfaat Jus Tomat, Mulai Menjaga Sistem Pencernaan Hingga Cegah Kanker

Image Source: pixabay.com

Tomat merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasanya dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dibuat jus tomat. Tomat memiliki daun dan batang yang tidak bisa dimakan karena mengandung alkaloid.

Tomat memiliki kandungan gizi yang sangat banyak, seperti Vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, fosfor, magnesium, potasium, dan lainnya. Selain memiliki kandungan gizi yang banyak, tomat juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Lalu, apa manfaat jus tomat?

Berikut beberapa manfaat jus tomat bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat jus tomat

1. Baik untuk sistem pencernaan

Apa manfaat jus tomat untuk ibu hamil? Jus tomat ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan gizi yang terdapat pada jus tomat dapat meningkatkan bakteri baik didalam usus. Salah satu masalah pencernaan yang sering dialami yaitu sembelit, untuk mengatasinya Anda cukup minum jus tomat sebagai obatnya. Karena tomat memiliki kandungan serat yang mampu melancarkan buang air besar. Dengan mengonsumsi jus tomat secara rutin maka usus akan terjaga kesehatannya sehingga mampu mencerna makanan dengan baik.

2. Dapat membuang racun dalam tubuh

Apa manfaat jus tomat untuk kesehatan? Makanan, minuman, maupun udara yang setiap harinya kita makan dan hirup bisa saja mengandung racun. Racun ini bisa juga membahayakan bagi tubuh jika tidak dihilangkan dalam tubuh. Dengan mengonsumsi jus tomat racun-racun dalam tubuh dapat hilang. Karena tomat memiliki kandungan klorin dan sulfur yang dapat meningkatkan fungsi hati dan ginjal yang merupakan organ terpenting ekskresi utama. Sehingga racun-racun didalam tubuh hilang dan tubuh tetap sehat bugar.

3. Menjaga kesehatan tulang

Penyakit tulang seperti osteoporosis dan osteoartritis adalah penyakit yang harus dicegah. Dengan mengonsumsi jus tomat secara rutin dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang. Kandungan vitamin K dalam jus tomat dapat membantu kesehatan tulang Anda. Vitamin K berperan melakukan sintesis osteokalsin yang sangat penting untuk kesehatan tulang.

4. Menjaga kesehatan jantung

Apa saja manfaat jus tomat? Selain menjaga kesehatan tulang jus tomat juga dapat menjaga kesehatan jantung juga. Karena jus tomat dipercaya dapat menurunkan kelesterol dalam tubuh. Kandungan serat dan niasin di dalam tomat dapat menguraikan kolesterol LDL sehingga kolesterol kembali normal. Selain itu, vitamin B6 pada tomat juga akan memecah homosistein yang berbahaya bagi arteri dan jantung. Untuk mendapatkan manfaat itu Anda cukup mengonsumsi jus tomat secara rutin dan menghindari makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi.

5. Mencegah kanker

Apa manfaat jus tomat untuk tubuh? Penyakit kanker bisa saja menyerang siapa saja tua hingga muda. Penyakit kanker harus diwaspadai karena juga dapat menimbulkan kematian. Manfaat jus tomat dapat mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker paru-paru, dan lainnya. Dengan mengonsumsi jus tomat setiap hari dipercaya berbagai jenis kanker dapat diatasi. Karena kandungan antioksidan dalam jus tomat antikarsinogenik yang dapat menangkal jenis radikal bebas.Jika radikal bebas dalam tubuh dibiarkan risiko kanker bisa saja muncul.

6. Menjaga kesehatan mata

Sebagian orang tua banyak yang menyuruh anaknya untuk sering makan tomat, hal ini dipercaya agar anak terhindar dari pemakaian kacamata. Ternyata pernyataan tentang tomat untuk kesehatan mata tersebut memang benar. Karena vitamin A atau retinol yang terkandung di dalam jus tomat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi jus tomat secara rutin dapat membantu penglihatan yang baik sekalipun hanya ada sedikit cahaya.

7. Menghindari berbagai masalah kulit

Apa manfaat jus tomat untuk kecantikan? Jus tomat memiliki antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat mencegah berbagai kerusakan kulit terutama karena radikal bebas dan peradangan. Jus tomat juga dapat mengobati jerawat, mengecilkan pori-pori wajah, dan mengatasi kulit berminyak. Selain itu, kandungan vitamin C dalam jus tomat bisa merangsang produksi kolagen sehingga membuat kulit lebih kenyal dan kencang.

8. Menurunkan berat badan

Banyak orang yang berlomba-lomba ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sangat rumit, padahal ada cara yang sederhana untuk menurunkan berat badan. Caranya adalah dengan rutin mengonsumsi jus tomat. Kandungan serat pada jus tomat akan melancarkan buang air besar dan menjaga kinerja usus ketika mencerna makanan. Pengolahan, penyerapan, dan pembuangan yang baik akan mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh secara berlebih. Selain minum jus tomat rutin, Anda juga harus ruti berolahraga juga agar berat badan tetap ideal seperti yang diinginkan.

Demikian apa saja manfaat jus tomat bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga dapat bermanfaat.

KOMENTAR