Manfaat Daun Salam, Mengobati Maag Hingga Menyembuhkan Kanker

 06 Feb 2019  Wahyu Fajar
Manfaat Daun Salam, Mengobati Maag Hingga Menyembuhkan Kanker

Image Source: pixabay.com

Daun salam merupakan tanaman yang paling sering dipakai dalam masakan Indonesia. Tak hanya melezatkan makanan, ternyata daun salam juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat daun salam antara lain membantu penyembuhan beberapa jenis penyakit ringan sampai berat. Baik daun salam segar maupun yang sudah keringkan sama bermanfaat. Apa saja manfaat daun salam bagi kesehatan?

Manfaat daun salam untuk kesehatan

1. Dapat menurunkan gula darah dan kolesterol

Apa saja kegunaan daun salam? Daun salam mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Berdasarkan sebuah penelitian, satu kapsul suplemen yang mengandung 1-3 gram daun salam yang dikonsumsi tiap hari diduga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada penderita diabetes.

2. Mengobati batu ginjal

Apa manfaat daun salam bagi tubuh? Daun salam dipercaya mampu mengurangi jumlah urease di dalam tubuh. Urease adalah enzim yang jika jumlahnya tidak seimbang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti terbentuknya batu ginjal dan gangguan lambung. Untuk mencegah batu ginjal, daun salam disarankan digunakan bersama-sama dengan beberapa tanaman tradisional lainnya. Meskipun demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kemampuan daun salam dalam mencegah dan mengobati batu ginjal.

3. Mengurangi peradangan

Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak daun salam diduga dapat bermanfaat mengurangi peradangan pada luka. Meskipun penelitian tersebut dilakukan pada hewan, namun para ilmuwan meyakini manfaatnya bisa sama jika diaplikasikan pada manusia.

4. Menyembuhkan kanker

Ekstrak daun salam diduga dapat membantu mengobati dan mencegah kanker payudara. Ekstrak daun ini dianggap sebagai pengobatan alami yang bisa diandalkan dan sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian. Namun masih diperlukan penelitian lanjutan untuk membuktikan teori tersebut.

5. Membuat jantung lebih sehat

Saat mengalami kecemasan, otak mengaktifkan respons untuk melawan atau justru menghindar. Sistem ini memberikan dampak yang besar terhadap kinerja jantung. Sehingga jantung berdenyut lebih cepat, bahkan membuat otot menjadi tegang. Asam kafeat dalam daun salam jelas dapat meningkatkan kesehatan jantung. Terlebih, senyawa ini juga merupakan antioksidan yang mampu melawan peradangan.

6. Untuk diet

Ternyata manfaat daun salam juga bisa dirasakan oleh mereka yang sedang berjuang menurunkan berat badan. Dilansir Times of India, mengunyah beberapa lembar daun salam setiap hari bisa membantu meluruhkan lemak. Jika ingin mendapatkan cara manfaat daun salam untuk diet, caranya rebus 1 liter air dengan 1 sendok makan kayu manis bubuk, 6 lembar daun salam, dan 1 sendok makan madu murni. Minum air rebusan ini di pagi hari saat perut masih kosong.

7. Melancarkan pencernaan 

Apa manfaat daun salam kering? Daun salam ternyata dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti mulas, sembelit, dan perut kembung dengan minum teh daun salam. Caranya seduh daun salam kering dengan air panas, kemudian diamkan sampai airnya berubah warna. Minum secara teratur setiap hari.

8. Mengurangi maag

Apa manfaat daun salam dan serai? Daun salam yang dikombinasikan dengan sereh (serai) dan jahe bisa membantu meredakan sakit maag, kembung, dan nafsu makan yang hilang. Caranya, rebus 5 lembar daun salam, 1 ruas jahe, dan 1 batang sereh dalam 200 ml air. Boleh ditambahkan madu untuk rasa dan nutrisi ekstra. Minum air rebusannya 2 kali sehari.

Jadi sekarang Anda sudah tahu, apa saja manfaat daun salam bagi kesehatan? Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

KOMENTAR