Makin Punah, Padahal ini Sederet Manfaat Buah Duwet / Buah Jamblang

 21 Feb 2019  Khoirul Rizky F
Makin Punah, Padahal ini Sederet Manfaat Buah Duwet / Buah Jamblang

Image Source: cintaihidup.com

Buah duwet atau yang juga bisa disebut "Jambu Keling" dan "Buah Jamblang", merupakan sejenis buah dari suku jambu-jambuan. Buah duwet termasuk ke dalam buah-buahan tropis, dan juga buah ini merupakan tanaman yang dipercaya asli dari India Subbenua. Namun, sekarang telah menyebar ke suluruh belahan dunia.

Buah duwet pada umumnya berwarna hijau ketika muda, lalu menjadi berwarna hitam keunguan ketika matang. Dan juga banyak orang menganggap buah ini mirip dengan blackberry. Selain itu, ternyata manfaat buah duwet untuk kesehatan sangat banyak. Karena buah duwet mempunyai banyak sekali kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Lalu apa manfaat buah duwet?

Apa manfaat buah duwet atau jamblang? Apa manfaat buah duwet untuk kesehatan? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga:

Berikut Berbagai Manfaat Buah Duwet Untuk Kesehatan

Makin Punah, Padahal ini Sederet Manfaat Buah Duwet / Buah Jamblang

Image Source: imusinformasi.com

1. Dapat menjaga kesehatan pencernaan

Buah duwet mempunyai kandungan serat yang dapat berguna untuk membantu mengatasi sembelit. Selain itu, jus buah duwet dan kulit buah duwet dapat berguna untuk dijadikan obat tradisional ketika sedang pendarahan usus.

2. Dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi

Buah duwet mempunyai banyak sekali kandungan nutrisi. Salah satunya kandungan zat besi, kalsium, pospor, magnesium. Oleh karena itu, buah duwet sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

3. Dapat mengatasi anemia

Buah duwet mempunyai kandungan zat besinya yang dapat berguna untuk membantu memenuhi kebutuhan sel darah merah dalam tubuh. Sehingga buah duwet sangat baik dikonsumsi bagi penderita anemia.

4. Dapat menjaga kesehatan mata

Buah duwet mempunyai kandungan vitamin A. Sehingga buah duwet dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti wortel untuk menjaga kesehatan mata serta mengurangi mata minus.

5. Dapat mengatasi batuk

Buah duwet mempunyai kandungan dan antioksian yang dapat berguna untuk membantu melawan bakteri penyebab utama batuk. Sehingga buah duwet sangat baik dikomsumsi bagi yang sedang batuk.

6. Dapat mengatasi pusing dan sakit kepala

Buah duwet mempunyai kandungan zat astringen yang dapat berguna dan terbukti ampuh untuk membantu menyembuhkan sakit kepala. Sehingga buah duwet sangat baik dikomsumsi bagi yang sedang mengalami pusing dan sakit kepala.

7. Dapat mencegah kanker dan penyakit berbahaya lainnya

Buah duwet mempunyai kandungan senyawa flavonoid. Senyawa ini yang terbukti ampuh dapat berguna untuk membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Sehingga tubuh bisa terhindari dari kanker, tumor, dan masalah jantung.

Demikian penjelasan diatas tentang apa manfaat buah duwet bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat!

KOMENTAR