Kenali Sejak Dini, Seperti ini Ciri-ciri Kanker Serviks yang Membahayakan

 20 Feb 2019  Wahyu Fajar
Kenali Sejak Dini, Seperti ini Ciri-ciri Kanker Serviks yang Membahayakan

Image Source: tribunnews.com

Kanker serviks merupakan penyakit yang sangat berbahaya khususnya bagi wanita. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri penyakit kanker serviks sejak dini. Apa kanker serviks itu?

Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah penyakit kanker yang menyerang leher rahim pada organ reproduksi wanita, yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus atau HPV. Umumnya kondisi ini disadari ketika telah memasuki stadium lanjut.

Selain melakukan pemeriksaan rutin, Anda perlu mengamati berbagai ciri-ciri kanker serviks, kenali sejak dini dan lakukan konsultasi kepada dokter agar mencegah kanker serviks ini dengan cepat. Apa saja ciri ciri penyakit kanker rahim?

Ciri-ciri Kanker Serviks

1. Pendarahan

Apa ciri ciri gejala kanker serviks? Pada penderita kanker serviks, gejala awal yang biasanya muncul adalah pendarahan yang tidak normal pada vagina. Pendarahan ini dapat terjadi banyak atau pun lebih sedikit dari menstruasi biasanya, dapat juga terjadi di antara periode menstruasi, atau pada wanita yang sudah menopause. Pendarahan vagina ini bisa terjadi saat berhubungan seksual.

2. Buang air kecil meningkat

Gejala ini perlu diperhatikan wanita jika merasakan nyeri ketika buang air kecil dan tidak bisa menahan untuk ke kamar kecil, Bisa jadi ini merupakan ciri-ciri kanker serviks. Kondisi ini disebabkan oleh sel kanker yang tumbuh mengelilingi leher rahim, kemudian menyebar hingga ke kandung kemih. Tetapi gejala ini juga bisa muncul akibat infeksi saluran kemih (ISK), sehingga konsultasi kedokter adalah cara yang efektif untuk mengetahuinya.

Baca Juga:

3. Cepat lelah

Ciri-ciri yang bisa muncul pada penderita kanker serviks adalah cepat lelah. Gejala ini terjadi akibat pendarahan yang tidak normal pada vagina, sehingga tubuh akan mengalami kekurangan sel darah merah (anemia), sehingga membuat tubuh menjadi cepat lelah. Rasa lelah biasanya berlangsung setiap saat dan tidak hilang meskipun Anda telah beristirahat cukup.

4. Rasa nyeri saat berhubungan intim

Bagaimana ciri ciri gejala kanker serviks? Pada penderita kanker serviks stadium lanjut, akan muncul tanda yang lebih beragam. Salah satunya adalah nyeri panggul saat berhubungan intim. Rasa nyeri timbul dapat membuat Anda merasa tidak nyaman sewaktu berhubungan intim. Konsultasikan dan periksakan diri ke dokter ketika mengalami nyeri panggul saat berhubungan intim.  Untuk memastikan kondisi ini tanda penyakit kanker serviks atau penyakit lain, seperti endometriosis atau fibroid.

5. Pembengkakan pada tungkai

Memasuki kanker serviks stadium lanjut, biasanya menimbulkan berbagai komplikasi. Salah satunya adalah pembengkakan pada tungkai. Kondisi ini terjadi karena sel kanker menekan pembuluh darah di panggul, sehingga menghambat sirkulasi ke tungkai. Sehingga terjadi penimbunan cairan yang membuat tungkai menjadi bengkak.

6. Urine atau fases keluar dari vagina

Fungsi vagina dapat dipengaruhi dari penyakit kanker serviks. Ketika sudah memasuki stadium lanjut, kanker servis bisa menimbulkan kebocoran urine atau keluarnya tinja dari vagina. Hal ini bisa terjadi karena terbentuknya fistula antara vagina dan saluran kemih, sehingga urine dan fases dapat melewati vagina.

7. Mengalami keputihan 

Apa saja ciri ciri kanker serviks? Salah satunya keputihan yang tidak normal adalah ciri-ciri kanker serviks. Lendir ketika keputihan akan mengalami perubahan warna, serta aroma yang tidak sedap, dan terjadi perubahan tekstur dan konsistensi cairan vagina. Keputihan yang tidak biasa ini juga bisa disebabkan oleh penyakit lain, oleh karena itu sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

Dari ciri-ciri diatas, kanker serviks bisa juga disebabkan oleh penyakit lain dalam tubuh Anda. Mengetahui gejala atau ciri-ciri kanker serviks sejak dini dan obat ciri ciri kanker serviks sangatlah dianjurkan, maka sembuh dari kanker serviks akan lebih tinggi.

Cara Mencegah Kanker Serviks

1. Melakukan vaksin HPV

HPV adalah sebuah virus yang menyebabkan infeksi menular seksual, sehingga menyebabkan kanker serviks pada wanita. Tetapi, virus ini bisa juga menyebar melalui kontak dari kulit ke kulit. Vaksin HPV penting dilakukan karena para ahli mengatakan bahwa, semakin muda seseorang mendapatkan vaksin ini tingkat efektivitas kerja vaksin ini akan semakin tinggi. Anak perempuan disarankan mendapatkan vaksin ini mulai usia 9 tahun. Selain melindungi diri dari strain virus HPV yang menyebabkan penyakit kutil kelamin, wanita juga dapat menurunkan risiko penularan strain virus HPV penyebab kanker serviks pada pasangan seksualnya.

2. Tes pap smear

Pap smear adalah sebuah tes yang memeriksa keadaan sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina. Dengan pemeriksaan rutin, perubahan sel-sel yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker bisa terdeteksi. Saat melakukan pap smear, dokter bisa juga mengombinasikannya dengan tes human papillomavirus (HPV), khususnya buat wanita berusia 30 tahun ke atas.

Demikian apa ciri ciri dari kanker serviks yang bisa kita ketahui mulai sekarang. Semoga bermanfaat.

KOMENTAR