5 Cara Mengobati Sariawan Supaya Terbebas Rasa Perih dan Nyeri

 25 Feb 2019  Khoirul Rizky F
5 Cara Mengobati Sariawan Supaya Terbebas Rasa Perih dan Nyeri

Image Source: hellosehat.com

Sariawan merupakan suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Penyebab pasti munculnya sariawan sampai saat ini belum diketahui.

Tetapi sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam lebih berisiko muncul jika sedang stres, terkena infeksi virus maupun jamur, alergi terhadap makanan, dan kekurangan vitamin atau mineral.

Tidak hanya itu, sistem kekebalan tubuh bermasalah, perubahan hormon, siklus menstruasi, lidah atau dinding mulut tergigit, dan luka di mulut juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan.

Selain itu, hampir semua orang pernah mengalami sariawan. Sariawan juga membuat makan terasa sakit, minum sulit, bahkan sampai sikat gigi perih. Namun jangan khawatir, cara mengobati sariawan bisa menggunakan bahan-bahan alami. Lalu bagaimana cara mengobati sariawan?

Bagaimana cara mengobati sariawan secara alami? Bagaimana cara mengobati sariawan agar cepat sembuh? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga:

Berikut Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

5 Cara Mengobati Sariawan Supaya Terbebas Rasa Perih dan Nyeri

Image Source: panduanibu.com

1. Menggunakan madu

Madu mempunyai sifat antiradang dan antibakteri yang dapat berguna untuk membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan. Lalu bagaimana cara mengobati sariawan dengan madu? Caranya mudah, cukup dengan mengoleskan madu pada luka sariawan tersebut.

2. Menggunakan air garam

Garam mempunyai sifat antiradang dan antibakteri untuk mencegah sariawan berkembang semakin parah dan juga membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Tidak hanya itu, garam bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut. Lalu bagaimana cara mengobati sariawan dengan garam?

Caranya:

  • Siapkan 1 sdt garam
  • Kemudian campurkan garam tersebut dalam satu gelas air hangat 
  • Lalu aduk sampai rata dan gunakanlah untuk berkumur Jangan
  • Segera buang setelah selesai berkumur dan bilas dengan minum air putih 
  • Lakukanlah berkumur air garam beberapa kali sehari

3. Menggunakan kelapa

Kelapa bekerja dengan mencegah peradangan luka yang semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan.

Caranya:

  • Siapkan susu kelapa dan madu
  • Kemudian campurkan susu kelapa dengan madu
  • Lalu oleskan campuran tersebut pada luka sariawan. 
  • Lakukanlah sebanyak 3-4 kali dalam sehari

4. Menggunakan kantong teh bekas

Kantong teh bersifat basa yang dapat berguna untuk membantu menetralisir lingkungan mulut yang asam agar tidak memperburuk rasa sakit akibat sariawan tersebut.

Sedangkan daun teh dapat membantu melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan. Terlebih lagi, sisa teh yang diseduh dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi.

Caranya mudah, cukup dengan menempelkan kantong teh bekas selama kira-kira 5 menit pada luka sariawan tersebut.

5. Menggunakan es batu

Rasa sejuk es batu dapat berguna untuk membantu menjadi obat sariawan alami yang dapat meringankan rasa nyeri akibat sariawan.

Caraya mudah, cukup dengan kulum es batu pada bagian luka sariawan sampai es batu mencair sepenuhnya dalam mulut.

Demikian penjelasan diatas tentang bagaimana cara mengobati sariawan cepat dan alami. Semoga bermanfaat!

KOMENTAR