Manfaat Tidur Siang Mulai dari Anak Hingga Ibu Hamil

 19 Jan 2019  Wahyu Fajar
Manfaat Tidur Siang Mulai dari Anak Hingga Ibu Hamil

Image Source: pixabay.com/en/baby-girl-sleep-child-toddler-1151351/

Jika Anda kurang tidur, banyak yang mungkin memilih untuk tidur siang sebentar. Mungkin banyak yang menganjurkan tidur siang untuk anak-anak saja. Padahal, tidur siang tidak hanya berlaku untuk anak-anak, orang dewasa pun juga membutuhkannya. 

Namun, Anda perlu tahu cara tidur siang yang baik. Karena, tidur siang di waktu yang salah atau terlalu lama akan membuat badan sakit dan manfaatnya tidak bisa didapatkan. Apa manfaat tidur siang bagi tubuh? Apa manfaat anak tidur siang?

Manfaat tidur siang bagi tubuh 

1. Meningkatkan kesabaran

Tidur siang ternyata dapat membuat Anda menjadi sosok lebih sabar. Peneliti dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, melakukan riset pada beberapa orang terkait hal tersebut. 
Peneliti meminta para peserta untuk mengerjakan tugas yang sangat menyebalkan, yaitu menggambar desain geometris pada layar komputer. Hasil penelitian menunjukkan para peserta yang telah tidur siang mampu bertahan selama 90 detik. Berbeda halnya dengan para peserta yang tidak tidur siang hanya mampu bertahan selama 45 detik.

2. Membuat lebih waspada

Setelah melakukan perjalanan jauh atau mengerjakan tugas yang berat, tidur siang menjadi salah satu cara ampuh guna meningkatkan kewaspadaan. Kedua hal tersebut dapat menurunkan konsentrasi Anda. Sebuah studi dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) menunjukkan pilot yang tidur siang selama 40 menit menjadi lebih waspada.

3. Mengurangi rasa lelah

Apakah manfaat tidur siang untuk ibu hamil? Ibu hamil terutama di trimester pertama dan trimester terakhir akan lebih mudah merasa lelah. Ibu hamil trimester pertama sering merasa lelah karena efek morning sickness. Sementara penyebab ibu hamil cepat lelah pada trimester akhir sering merasa lelah karena beban atau berat badannya terus bertambah. Kelelahan ini bisa dihilangkan atau dikurangi dengan melakukan tidur siang dengan tepat.

4. Meningkatkan daya ingat

Manfaat tidur siang bagi kesehatan ini didapatkan dari sebuah studi yang dilakukan di Jerman. Pada penelitian ini, peserta diminta untuk menonton DVD dan mengingat kata-kata yang ada di dalamnya. Setengah dari peserta menonton DVD dan sisanya tertidur. Ketika ditanya tentang apa yang mereka ingat, kelompok orang yang tidur siang dapat mengingat lima kali lebih baik daripada kelompok yang menonton DVD.

5. Dapat meningkatkan kreativitas

Jika memiliki masalah terkait kreativitas, sebaiknya Anda mencoba untuk tidur siang. Hal ini dibuktikan studi yang dilakukan oleh psikiater dari Universitas California, Sara Mednick.
Studi tersebut menemukan seseorang yang tidur siang, dengan gerakan mata yang cepat atau tidur nyenyak hingga bermimpi, lebih kreatif daripada mereka yang tidak.

6. Mencegah penyakit jantung

Menurut studi pada 23.000 orang Yunani dewasa, mereka yang tidur siang memiliki risiko meninggal karena penyakit jantung lebih kecil, yakni 30 persen, menurut The Washington Post, mengutip dari Huffington Post. Michael Twery dari National Heart Lung and Blood Institute mengatakan, pada The Washington Post, tidur siang dapat membantu mengatasi stres akibat menjalankan kehidupan sehari-hari.

7. Memperbaiki suasana hati

Jika tidak bisa tidur siang, cukup berbaring selama 10 menit ternyata membawa manfaat mengejutkan. Studi pada 2007 menunjukkan hanya dengan berbaring, mood Anda akan meningkat daripada mereka yang tidak tidur siang.

8. Meningkatkan daya ingat anak

Apa manfaat tidur siang bagi anak? Anak yang rutin tidur siang akan lebih baik mengingat kata-kata. Hal itu terungkap dari penelitian yang dilakukan University of Arizona, AS. Dalam penelitian tersebut, sejumlah anak berusia 3 tahun diminta tidur siang setelah mempelajari kata-kata baru, sementara sebagian lagi tidak tidur siang. Peneliti kemudian menguji pemahaman kata-kata kepada anak-anak itu setelah 24 jam kemudian.