Selain Menjaga Kesehatan Jantung, Berikut 7 Manfaat Buah Pir

 24 Jan 2019  Wahyu Fajar
Selain Menjaga Kesehatan Jantung, Berikut 7 Manfaat Buah Pir

Image Source: pixabay.com

Buah-buahan dan sayur-sayuran termasuk makanan yang sangat digemari masyarakat karena sangat menyehatkan tubuh apabila dikonsumsi rutin. Salah satu buah yang digemari salah satunya adalah buah pir, selain memiliki rasa yang menyegarkan. Dibalik rasanya yang menyegarkan terdapat manfaat yang terkandung didalamnya. Apa manfaat buah pir?

Manfaat buah pir bagi kesehatan

1. Memperkuat sistem imun

Apa manfaat buah pir untuk ibu hamil? Sebuah pakar kesehatan menjelaskan ternyata buah pir sangat kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin K. Tingginya kandungan vitamin C tentu akan sangat baik bagi sistem imun tubuh kita dan membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih baik.

2. Melawan radikal bebas

Pakar kesehatan menyebutkan jika buah pir yang sudah matang sangatlah kaya akan kandungan antioksidan, jika kita rutin mengkonsumsinya, khasiat buah pir pada tubuh akan lebih baik dalam melawan berbagai radikal bebas. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Innsbruck, Austria, menyebutkan jika kandungan klorofil pada buah pir yang matang mampu berubah menjadi antioksidan aktif yang sangat baik bagi tubuh kita.

3. Melancarkan pencernaan

Apa manfaat buah pir untuk tubuh? Buah pir ternyata kaya akan serat dimana asupan serat larut dan tak larut, pada satu buah pir saja bisa mencapai 5 gram atau sekitar 20 persen kebutuhan harian serat tubuh kita. Selain memperlancar saluran pencernaan, adanya serat ini juga akan membuat sistem imun tubuh menjadi lebih kuat dan membuat kita mampu menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab berbagai macam penyakit.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Pir memiliki kemampuan kuat untuk menurunkan laju penyakit jantung. Phytochemicals antioksidan hadir dalam pir dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, serangan jantung dan stroke. Ini juga membantu menjaga arteri Anda tetap bersih, mengurangi peradangan dan tingginya tingkat stres oksidatif.

5 Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pir mengandung vitamin C, antioksidan kuat yang melawan kerusakan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Vitamin C diperlukan untuk melindungi DNA, menjaga metabolisme yang sehat, memperbaiki jaringan dan menghentikan mutasi sel. Ini juga memiliki efek anti-penuaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Menyehatkan otak

Mengonsumsi satu buah pir berukuran sedang bisa membuat kita mendapatkan asupan copper (mineral minor) harian sebanyak 15 persen. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University School of Medicine di Missouri, Amerika Serikat, menyebutkan jika kandungan copper ini bisa memperbaiki kekuatan sistem saraf dan membuat kinerja otak menjadi jauh lebih baik.

7. Mengatasi penyakit kardiovaskular dan kolesterol

Apa manfaat buah pir bagi kesehatan? Peningkatan asupan serat juga telah terbukti menurunkan kadar kolesterol. Studi terbaru menunjukkan bahwa serat makanan bahkan dapat berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan, dan manfaat buah pir memiliki potensi untuk mengurangi risiko kondisi terkait peradangan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan obesitas.

8. Mengandung serat tinggi

Dalam buah pir mengandung serat yang sangat tinggi yang akan menambah berat serta kelembapan yang akan dibuang atau dengan kata lain melancarkan pembuangan kotoran dan mencegah konstipasi. Manfaat serat larut yang merupakan salah satu jenis serat dalam buah pir ini tidak hanya baik dikonsumsi sebagai solusi diare, namun juga manfaat buah pir hijau untuk lambung.