6 Manfaat Buah Pepaya yang Tak Cuma Baik Untuk Pencernaan

 28 Jan 2019  Khoirul Rizky F
6 Manfaat Buah Pepaya yang Tak Cuma Baik Untuk Pencernaan

Image Source: pixabay.com

Pepaya adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya.

Tidak hanya enak, pepaya yang rendah kalori ini ternyata kaya akan kandungan mineral dan vitamin. Tak heran jika ada banyak manfaat pepaya bagi tubuh kita. Lalu apa manfaat buah pepaya?

Apa saja manfaat buah pepaya? Apa manfaat buah pepaya untuk kesehatan? Yuk simak dibawah ini.

Manfaat Buah Pepaya

6 Manfaat Buah Pepaya yang Tak Cuma Baik Untuk Pencernaan

Image Source: pixabay.com

1. Dapat menjaga kesehatan mata

Pepaya mempunyai kandungan vitamin A yang baik untuk mata. Vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan kornea dan menghasilkan kelembapan yang cukup agar mata selalu terlumasi dengan baik.

2. Dapat menjaga kesehatan rambut dan kuku

Pepaya kaya akan vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Selain itu buah ini bahkan bisa dijadikan masker rambut untuk menyuburkan rambut.

3. Dapat menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari

Pepaya mempunyai kandungan zat yang bernama likopen. Likopen dapat memelihara kesehatan kulit karena aktivitas antioksidan dari zat ini berperan dalam menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas.

4. Dapat mempelancar pencernaan

Pepaya mempunyai kandungan enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Selain itu, dengan mengkonsumsi pepaya selama 40 hari diduga dapat menyembuhkan konstipasi dan perut kembung.

5. Dapat menjaga kesehatan jantung

Pepaya mempunyai kandungan vitamin C dan likopen bisa menjadi salah satu makanan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, antioksidan dalam pepaya juga dapat meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

6. Dapat mengurangi resiko kanker

Apa manfaat dari buah pepaya yang terakhir? Yaitu, buah pepaya mempunyai kandungan antioksidan likopen yang mampu mengurangi radikal bebas penyebab kanker.

Demikian penjelasan diatas apa manfaat buah pepaya bagi tubuh. Semoga bermanfaat!