10 Manfaat Buah Alpukat

 15 Jan 2019  Wahyu Fajar
10 Manfaat Buah Alpukat

Image Source: unsplash.com/@thoughtcatalog

Buah avokad atau biasa disebut juga dengan nama apukat biasanya dijadikan minuman jus yang menyehatkan. Buah berbentuk lonjong ini berasal dari negara Meksiko dan Amerika Tengah.

Tak hanya nikmat menjadi minuman jus, alpukat ternyata memiliki banyak manfaat. Apa manfaat buah alpukat?

Manfaat Buah Alpukat 

1. Baik untuk menjaga berat badan dan kesehatan jantung

Orang dewasa yang mengonsumsi alpukat kemungkinan memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Mereka yang mengonsumsi buah ini biasanya memiliki pola makan yang juga sehat, seperti rajin makan sayuran dan diet rendah gula. Hal ini berpengaruh kepada kestabilan berat badan, lingkar pinggang, dan indeks massa tubuh. Konsumsi alpukat juga baik bagi sistem metabolisme tubuh, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan selanjutnya yaitu menurunkan kolesterol jahat.Mengonsumsi alpukat dianggap baik untuk tubuh karena kandungan lemak baik dalam buah ini melimpah. Menurut penelitian, konsumsi alpukat disertai pola makan sehat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Hal ini tidak mengherankan mengingat kandungan lemak dalam alpukat berbentuk lemak tak jenuh tunggal. Yang harus diperhatikan adalah jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan.

3. Mengobati kencing batu

Bahan yang diperlukan: Siapkan 4 lembar daun alpukat, 3 buah rimpang teki, siapkan juga 5 tangkai daun randu,  setengah biji pinang, 1 buah pala dan 3 jari gula enau.

Cara membuat:

  • Cuci semua bahan hingga bersih.
  • Rebus menggunakan 3 gelas air bersih sampai mendidih hingga tersisa kira-kira 2 1/4 gelas. 
  • Setelah ramuan dingin kemudian disaring.
  • Minum 3 x 3/4 gelas.

4. Baik untuk penderita osteoarthtritis

Buah alpukat yang diekstrak dengan minyak kedelai atau biasa disebut dengan Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU) kemungkinan memiliki manfaat bagi penderita osteoarthritis. Produk tersebut diklaim mampu mengurangi rasa sakit dan secara umum berdampak baik bagi penderita osteoarthritis.

5. Baik bagi ibu hamil

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil, sangat dianggap baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena buah alpukat kaya akan folat, folat sangat berperan dalam melindungi ibu hamil, khususnya membantu perbaikan sel tubuh selama kehamilan.

6. Mengurangi risiko kanker

Para ahli menemukan fakta bahwa ekstrak alpukat yang tinggi antioksidan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti pada kanker prostat dan kanker mulut. Namun, penelitian ini kebanyakan terbatas pada penelitian di laboratorium, dan belum banyak penelitian yang menguji efek alpukat secara klinis dalam mengurangi risiko kanker.

7. Bagus untuk mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam alpukat diprediksi baik untuk menjaga kesehatan mata. Kedua zat tersebut bertindak sebagai antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan mata, seperti katarak, dan meminimalkan risiko terjadinya degenerasi makula terkait pertambahan usia.

8. Anti penuaan

Mengkonsumsi alpukat dan mengaplikasikan minyak alpukat manfaat buah alpukat untuk kecantikan yaitu untuk melembabkan kulit dikaitkan dengan anti penuaan. Alpukat mengandung senyawa seperti lutein dan zeaxanthin, yang memiliki sifat antioksidan. Studi penelitian oleh Dr. Richard L. Roberts et al. menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat mengurangi tanda-tanda proses penuaan dengan melindungi kulit dari kerusakan dari keduanya, seperti sinar UV dan radiasi.

9. Mengatasi asam lambung

Gangguan pada lambung biasanya disebabkan produksi asam (HCl) oleh sel-sel parietal di dinding lambung meningkat tajam. Kondisi ini bisa membuat sensasi tidak nyaman muncul, terutama di area ulu hati (epigastrium), seperti sesak, nyeri, perih, panas, mual, berdahak, mengganjal, dan lain sebagainya. Manfaat buah alpukat untuk asam lambung, apabila dilihat dari kandungan pH nya (tingkat keasamannya) bukan merupakan makanan yang bersifat sangat asam, melainkan lebih mendekati pH netral.  Oleh karenanya, disarankan untuk mencoba dulu konsumsi alpukat dalam jumlah sedikit dulu untuk mengetahui dampaknya.

10. Baik untuk bayi

Alpukat adalah sumber vitamin C dan K yang baik dan dibutuhkan untuk pertumbuhan, serta perbaikan jaringan tubuh. Manfaat buah alpukat untuk bayi yaitu membantu mengatur tekanan darah karena alpukat mengandung folat, dan kalium. Selain itu, alpukat juga mengandung mangan yang terlibat dalam fungsi otak dan saraf.

Meski alpukat tidak mengandung zat besi yang tinggi, namun kandungan folat, vitamin C, B6, dan riboflavin yang dimilikinya dapat membantu penyerapan zat besi, sehingga pemberian alpukat sebagai makanan pendamping ASI dapat mencegah anemia.