Ketika Kiamat Kelak, Apakah Bumi Akan Menjadi Padang Mahsyar? Ini Penjelasannya

Penulis Cheryl mikayla | Ditayangkan 12 Jan 2019

Ketika Kiamat Kelak, Apakah Bumi Akan Menjadi Padang Mahsyar? Ini Penjelasannya
Gmabra ilustrasi dilansir dari youtube.com

Benarkah ketika kiamat kelak bumi diluluh-lantahkan dan dibuat rata sebagai Padang Mahsyar?

Jika tidak, lalu di manakan Padang Mahsyar itu?

Para ulama memiliki penjelasan soal ini, sebagaimana dijelaskan dalal Al-Quran dan hadis. Seperti ini jawabannya...

Setelah hari kiamat, manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan di Padang Mahsyar untuk dihisab, diperhitungkan segala amal.

Menjawab pertanyaan diatas, para ulama memiliki penjelasan sebagaimana dalam Al-Quran dan hadist.

Pertama

Mengimani adanya Padang Mahsyar dan Yaumul Hisab(hari perhitungan) adalah bagian dari iman kepada hari kiamat yang merupakan rukun iman kelima.

Setiap muslim wajib percaya bahwa kelak setelah hari kiamat, seluruh manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan di padang mahsyar untuk dihisab.

Mengimani adanya Padang Mahsyar dan Yaumul Hisab (hari perhitungan) adalah bagian dari iman kepada hari kiamat yang merupakan rukun iman kelima.

Kedua

Para ulama berbeda pendapat tentang apakah bumi ini akan menjadi Padang Mahsyar atau Padang Mahsyar itu merupakan “bumi” yang lain.

Sebagian ulama berpendapat bahwa bumi yang sekarang ditempati manusia inilah yang akan menjadi Padang Mahsyar.

Hal tersebut berdasarkan firman Allah:

إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ . وَأَذِنَتْ لِرَبِّهَا وَحُقَّتْ . وَإِذَا الْأَرْضُ مُدَّتْ . وَأَلْقَتْ مَا فِيهَا وَتَخَلَّتْ . وَأَذِنَتْ لِرَبِّهَا وَحُقَّتْ

Apabila langit terbelah, dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya langit itu patuh, dan apabila bumi diratakan, dan dilemparkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong, dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya bumi itu patuh, (pada waktu itu manusia akan mengetahui akibat perbuatannya)”(QS. al-Insyiqaq: 1-5)

Dilansir dari tarbiya.net, menurut sebagian ulama, ayat ini menjelaskan tentang kiamat hingga yaumul hisab, dan tempat yaumul hisab itu adalah bumi yang sama dengan bumi yang ditempati manusia saat ini.

Seperti dipaparkan Syaikh Mahir Ahmad Ash Shufi dalam Al Ba’tsu wa An Nusyur, buminya sama tetapi bumi ini akan diubah sifatnya.

Yakni diratakan sehingga tidak ada gunung, bukit dan lautan, semuanya rata. Itulah makna ayat ketiga dalam surat Al Insyiqaq menurut ulama yang mengikuti pendapat bahwa bumi ini kelak menjadi Padang Mahsyar.

Pendapat ini juga didasarkan dengan hadits:

إذا كان يوم القيامة مدت الأرض مد الأديم وحشر الله الخلائق

Pada hari kiamat kelak, bumi akan diratakan bagaikan kulit yang disamak dan seluruh makhluk akan dikumpulkan” (HR. Hakim; shahih)

Baca Juga: Baca Doa Ini, Agar Kelak Hisabmu Dimudahkan dan Dosamu di Ampuni Allah Swt


Pendapat kedua menyatakan bahwa Padang Mahsyar bukanlah terjadi di bumi yang ditempati manusia sekarang ini melainkan “bumi” yang lain.

Pendapat ini berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

يَوْمَ تُبَدَّلُ الْأَرْضُ غَيْرَ الْأَرْضِ وَالسَّمَوَاتُ

(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit” (QS. Ibrahim: 48)

Bumi akan hilang dan lenyap,” kata Az Zuhri seperti dikutip Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Fathul Bari, “sementara bumi di mauqif (padang mahsyar) akan muncul dalam bentuk baru.

Ibnu Abbas sebagaimana dikutip Imam Ath Thabari dalam tafsirnya juga menyimpulkan bahwa Padang Mahsyar bukanlah di bumi yang ditempati manusia sekarang.

Dan inilah pendapat yang lebih kuat dan dipakai jumhur ulama.

Wallahu a’lam bish shawab.
SHARE ARTIKEL