Kenali Gejala Asam Urat Sebelum Terlambat, Usia Muda Tak Jadi Jaminan Loh

 26 Jan 2019  Cheryl mikayla
Kenali Gejala Asam Urat Sebelum Terlambat, Usia Muda Tak Jadi Jaminan Loh

Kenali Gejala Asam Urat Sebelum Terlambat (Foto: hellosehat.com)

Pernah merasakan sakit pada pergelangan kaki atau tangan? Penyebabnya sangat beragam, salah satunya asam urat.

Meski biasa menyerang orang diusia 40an, tetap hati-hati bagi kalian yang berusia muda...

Penyakit asam urat adalah bentuk arthritis (peradangan pada sendi) yang dikenal masyarakat dengan istilah encok.

Penyebab asam urat adalah terlalu banyaknya kadar purin di dalam tubuh. Purin adalah protein yang ada diproduksi di dalam tubuh dan juga terkandung pada banyak makanan. Semakin banyak makan makanan yang mengandung purin, semakin besar juga tubuh memproduksi asam urat atau uric acid.

Nah, kadar purin yang tinggi ini akan mengalir di dalam darah dan akhirnya mengubah asam urat menjadi kristal. Semakin lama, kristal akan menumpuk di sekitar sendi dan jaringan lunak tubuh lainnya.

Akibatnya, sendi dan otot akan terasa linu serta nyeri. Seperti inilah proses terjadinya asam urat pada tubuh Anda.

Sebenarnya, kondisi ini bisa hilang dalam satu atau dua hari. Purin yang berlebih akan dibersihkan dari darah oleh ginjal dan dibuang dari dalam tubuh bersama dengan urine. Namun, kadar asam urat juga bisa terus menumpuk di dalam tubuh, saat ginjal terlalu sedikit membuang asam atau bila terus tubuh memproduksinya dalam jumlah banyak.

Penyakit ini umum terjadi, terutama pada orang dewasa yang berusia sekitar 40 sampai 50 tahun. Namun, orang berusia sekitar 20 tahun atau lebih dilaporkan juga bisa memiliki kondisi ini.

Biasanya gejala asam urat pada kaki, gejala asam urat pada tangan berupa nyeri akan Anda rasakan. Jika kondisi sudah lumayan parah nyeri tersebut makin tak tertahankan, timbul pembengkakan, dan terkadang diikuti rasa panas menyengat di persendian.

Organ tubuh yang paling sering terkena asam urat adalah persendian tangan, lutut, pergelangan kaki, dan juga jari kaki, mengingat di bagian tubuh tersebut biasanya tempat menumpuknya kandungan asam urat.

Asam Urat Beda dengan Rematik

Penyakit asam urat dan rematik adalah dua penyakit yang yang dianggap sama, padahal berebeda. Hal ini lantaran gejala asam urat dan rematik hampir mirip.

Pada umunya, penyakit asam urat dan rematik menimbulkan rasa nyeri pada persendian tubuh. Sehingga, penyakit asam urat dan rematik termasuk dalam kategori penyakit nyeri sendi.

Jika asam urat muncul karena terlalu banyaknya kadar asam (uric acid) pada tubuh. Rematik atau dalam bahasa medis disebut rheumatoid arthritis adalah penyakit autoinum yang menyebabkan sendi-sendi menjadi kaku dan meradang.

Rematik disebabkan oleh sistem imun yang menyerang jaringan tubuh sehat. Serangan yang 'keliru' ini menyebabkan lapisan tipis sel menutupi persendian dan akhirnya sendi akan meradang dan bengkak.

Lapisan tersebut juga melepaskan bahan kimia yang kemudian merusak tulang rawan dan tulang dalam sendi.

Nah, berikut akan kami paparkan gejala, penyebab serta cara pengobatan asama urat sebagaimana dikutip dari berbagai sumber;

Gejala Asam Urat

Kenali Gejala Asam Urat Sebelum Terlambat, Usia Muda Tak Jadi Jaminan Loh

Gejala asam urat (alodokter.com)

Sama seperti penyakit lainnya, tidak semua orang akan merasakan gejala asam urat yang sama. Namun, gejala asam urat yang umumnya sering terjadi, meliputi:

  • Nyeri sendi mendadak
  • Pembengkakan pada sendi (efusi sendi)
  • Kesulitan untuk melakukan kegiatan karena gerakan terbatas
  • Area yang nyeri dan membengkak akan terasa panas
  • Kemerahan pada kulit di sekitar sendi
  • Muncul nodul (pembengkakan parah yang memerah di kulit)

Biasanya gejala asam urat hanya memengaruhi satu sendi, misalnya asam urat pada kaki. Rasa sakit yang semakin parah menandakan bahwa peradangan pada sendi juga semakin memburuk.

Area yang paling sering mengalami rasa sendi adalah jempol kaki dan dikenal dengan istilah podagra (peradangan pangkal ibu jari kaki). Banyak orang yang merasakan asam urat pada kaki atau tangan, namun kondisi ini sebenarnya bisa terjadi hampir di semua sendi yang ada pada tubuh.

Penyebab Asam Urat

Asam urat tidak hanya menyerang orang-orang berusia lanjut. Sekarang ini, banyak orang di usia muda sudah memiliki kadar asam urat tinggi. Asam urat merupakan hasil akhir metabolisme makanan yang kemudian dibuang melalui urine.

Kadar asam urat yang tinggi bisa disebabkan karena terlalu banyak asupan makanan yang berpotensi menghasilkan asam urat, terhambatnya pembuangan melalui ginjal, atau kondisi tubuh yang terlalu aktif menghasilkan asam urat melebihi normal.

Kadar asam urat bisa tinggi disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makan yang mengandung purin tinggi. Masalahnya, saat mencerna makanan yang mengandung purin, tubuh akan secara otomatis memproduksi asam urat. Jadi siapa saja yang mengonsumsi makanan dengan purin tinggi akan memiliki kadar asam urat yang tinggi pula. Termasuk mereka yang berusia di bawah 30 tahun, bahkan masih berusia remaja.

Semakin hari, semakin banyak orang yang tidak memerhatikan pola makan dan apa saja kandungan dari makanan yang dikonsumsi. Hal inilah yang membuat pola makannya menjadi buruk dan dapat meningkatkan risiko asam urat.

Asam urat pada usia muda juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Ini artinya mereka yang memiliki anggota keluarga berpenyakit asam urat berisiko mengalami kondisi yang sama. Apalagi kalau Anda juga kurang menjaga pola makan dan gaya hidup sehat.

Cara Mengobati Asam Urat

Kenali Gejala Asam Urat Sebelum Terlambat, Usia Muda Tak Jadi Jaminan Loh

Ilustrasi obat asam urat (hellosehat.com)

Jika dipastikan menderita asam urat tinggi, maka beberapa langkah pengobatan berikut ini biasanya akan diresepkan oleh dokter:

Tujuan pengobatan dengan obat asam urat adalah untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah serta mencegahnya untuk kambuh kembali.

  • Sebagai pereda nyeri beberapa obat biasanya akan diresepkan seperti colchicine, OAINS (obat anti-inflamasi nonsteroid), dan obat-obatan golongan steroid.
  • Untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah dokter biasanya akan meresepkan obat penurun kadar asam urat contohnya allopurinol.
  • Agar asam urat tak kambuh lagi konsumsi makanan rendah kalori, jaga berat badan ideal, hindari makanan kadar asam urat tinggi seperti jeroan, biji melinjo atau yang lainnya.

Asam urat bukan termasuk penyakit berbahaya walaupun menimbulkan rasa nyeri yang menyiksa. Namun jika tidak ditangani dengan baik, bisa menimbulkan komplikasi beberapa penyakit sebagai berikut:

  • Penderita mengalami nyeri menyengat akibat timbul benjolan keras efek lanjutan dari radang.
  • Sendi bisa makin sakit dan rusak yang disebabkan radang
  • Makin banyak benjolan muncul dalam sendi dan mengganggu fungsi tulang rawan
  • Tulang sendi juga tidak sinkron dalam bekerja dengan bagian tulang lain sehingga bisa rusak akibat asam urat tidak segera diobati
  • Dampak lanjutan bisa mengganggu fungsi ginjal dengan munculnya batu ginjal efek endapan kadar asam urat dan kalsium yang tinggi.

Oleh karena itu jika penderita mengalami gangguan kesehatan akibat kadar asam urat tinggi sebaiknya segera diobati sebelum muncul gangguan komplikasi seperti di atas.

Baca Juga: Ini Makanan Untuk Penderita Asam Urat, Terbukti Ampuh Turunkan Zat Purin

Makanan Penyebab Kadar Asam Urat

Kenali Gejala Asam Urat Sebelum Terlambat, Usia Muda Tak Jadi Jaminan Loh

Makanan penyebab asam urat (cermati.com)

Asam urat tinggi bisa disebabkan komplikasi banyak konsumsi makanan tinggi kadar asam uratnya, jarang berolah raga sehingga kadar asam urat tidak bisa terbakar menjadi energi, dipicu usia dan juga biasanya makanan tidak sehat tersebut juga mengandung kolesterol tinggi.

Sebagai langkah antisipasi agar tidak terkena penyakit asam urat, pola makan teratur untuk kadar lemak rendah, banyak serat baik untuk dilakukan. Hindari juga beberapa makanan dengan kadar asam urat tinggi berikut ini:

1. Hindari Jeroan, pantangan utama penderita asam urat

Jeroan daging sapi, ayam maupun kambing seperti rempela, babat, kikil, hati, ginjal, kelenjar timus, harus dihindari penderita kadar asam urat tinggi.

Menu ini kaya akan purin sebagai pemicu asam urat tinggi akibat senyawa kimia pecah menjadi lemak dan zat asam urat sehingga jika dikonsumsi berlebih, tidak baik bagi tubuh dalam tubuh.

2. Daging Sapi merah yang kaya purin dan kolesterol

Daging merah baik daging sapi maupun kambing juga kaya akan purin dan kolesterol sehingga perlu dikurangi konsumsinya. Idealnya cukup beberapa gram saja selama konsumsi seminggu agar tidak mengganggu kesehatan dari sisi kadar asam urat.

Pusat purin adalah pada lemak yang menempel pada daging, sehingga jika mau sehat konsumsi daging, bagian ini harus dibuang. Pengganti daging merah jika Anda adalah maniak daging, bisa diganti dengan daging ayam atau kalkun.

3. Seafood, pantangan lain selain jerohan yang wajib dihindari

Seafood juga kaya akan purin dan kalium pemicu asam urat tinggi. Menu lezat ini biasanya banyak disajikan dalam bentuk olahan bahan makanan dari udang, kerang, lobster, atau ikan tuna.

Jika dilihat dari hasil riset 86 gram lobster bisa support lebih dari 66 miligram kolesterol dan akan makin banyak kolesterol dan purinnya jika digoreng.

Jadi tinggalkan seafood atau setidaknya kurangi jika Anda adalah penderita asam urat tinggi.

Seperti yang telah kami terangkan diatas, penyakit ini umum terjadi terutama pada orang dewasa yang berusia sekitar 40 sampai 50 tahun. Namun, orang berusia sekitar 20 tahun atau lebih dilaporkan juga bisa memiliki kondisi ini.

Oleh karena itu, menerapkan hidup sehat selagi muda adalah solusi terbaik mencegah datangnya asam urat.