Ciri-ciri Asam Urat dan Obat Alami Asam Urat yang Manjur

 17 Jan 2019  Wahyu Fajar
Ciri-ciri Asam Urat dan Obat Alami Asam Urat yang Manjur

Image Source: viva.co.id

Pernah merasakan sakit pada pergelangan kaki atau tangan? 

Penyebabnya sangat beragam, salah satunya asam urat. Biasanya kondisi ini terjadi ketika kadar purin di dalam tubuh menjadi sangat tinggi sehingga tubuh bereaksi dengan menimbulkan rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu. Apa ciri ciri asam urat? Berikut ini penjelasan tentang asam urat.

Definisi asam urat

Penyakit asam urat adalah peradangan pada sendi yang dikenal masyarakat dengan istilah encok. Kondisi ini sangat menyakitkan karena terlalu banyak kadar purin di dalam tubuh. Purin adalah protein yang diproduksi di dalam tubuh dan juga terdapat pada banyak makanan. Semakin banyak makan yang mengandung purin, semakin besar juga tubuh memproduksi asam urat atau uric acid.

Kadar purin yang tinggi akan mengalir kedalam darah dan akhirnya mengubah asam urat menjadi kristal. Semakin lama, kristal akan menumpuk di sekitar sendi dan jaringan lunak tubuh lainnya. Akibatnya, sendi dan otot akan terasa linu serta nyeri. Seperti inilah proses terjadinya asam urat pada tubuh Anda.

Tahapan-tahapan asam urat

Ada empat tahapan penyakit asam urat yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1.Hiperurisemia asimptomatik.

Kondisi ini menandakan terlalu banyak kadar asam urat di dalam darah. Meskipun begitu, kondisi ini tidak menimbulkan gejala asam urat apa pun.

2.Penyakit asam urat akut. 

Kondisi ini menandakan hiperurisemia asimptomatik yang tidak ditangani  sehingga akan membentuk kristal yang menumpuk pada sendi. Anda mungkin akan merasakan gejala nyeri selama 3 sampai 10 hari.

3.Penyakit asam urat interval. Kondisi ini disebut juga dengan asam urat interkis, yang rasa sakitnya akan terjadi secara tiba-tiba. Anda akan merasa sehat, bisa saja tiba-tiba muncul sakitnya.

4. Chronic tophaceous gout. Kondisi ini terjadi akibat penyakit asam urat yang tidak diobati, kurang lebih butuh waktu 10 tahun untuk berkembang. Pada tahap ini, bukan hanya rasa sakit, nodula juga akan terbentuk, Nodula adalah pembengkakan disertai kemerahan pada kulit dan jaringan lunak lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan permanen pada sendi.

Gejala asam urat

Apa ciri ciri gejala asam urat? Sama seperti penyakit lainnya, tidak semua orang akan merasakan gejala asam urat yang sama. Namun, gejala asam urat yang umumnya sering terjadi, meliputi:

  • Nyeri sendi mendadak.
  • Pembengkakan pada sendi (efusi sendi).
  • Kesulitan untuk melakukan kegiatan karena gerakan terbatas.
  • Area yang nyeri dan membengkak akan terasa panas.
  • Kemerahan pada kulit di sekitar sendi.
  • Muncul nodul (pembengkakan parah yang memerah di kulit).

Biasanya penyebab dan ciri ciri asam urat hanya memengaruhi satu sendi, misalnya asam urat pada kaki. Rasa sakit yang semakin parah menandakan bahwa peradangan pada sendi juga semakin memburuk.

Obat asam urat alami

Sekarang ini banyak obat asam urat alami yang muncul dan dipercaya dapat mengurangi rasa sakit serta mengatasi gejala asam urat. Apa saja obat asam urat alami tersebut?

1. Buah ceri

Mungkin sebagian besar dari Anda belum mengetahui bahwa ternyata buah ceri sangat baik untuk pasien yang sedang mengalami peradangan, termasuk asam urat. Penyakit asam urat terjadi karena kadar asam urat di dalam darah yang terlalu tinggi.

Manfaat buah ceri sebagai obat asam urat bahkan telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa pasien dengan asam urat yang mengonsumsi buah ceri dengan rutin mengalami rasa sakit yang lebih sedikit. Bagi penderita asam urat, dianjurkan untuk memakan buah ceri sebanyak 15-20 buah per hari.

2. Jahe

Dalam sebuah jurnal yaitu Annals of Biological Research disebutkan bahwa jahe mempunyai sifat antiradang yang sangat efektif digunakan untuk mengurangi gejala penderita asam urat.

Zat anti peradangan yang terkandung di dalam jahe dan dianggap sebagai obat asam urat adalah gingerols dan shogaol. Bagi Anda yang mengalami asam urat, Anda bisa menambahkan jahe ke dalam makanan atau minuman Anda setiap hari.

3. Buah Pisang

Penderita asam urat harus menghindari makanan yang mengandung purin tinggi karena dari purin tersebut asam urat dalam darah akan terbentuk.  Oleh karena itu, yang dibutuhkan para penderita asam urat adalah makanan yang rendah purin, salah satunya adalah pisang.

Pisang juga mengandung kalium dan vitamin C yang cukup tinggi. Kalium memiliki kemampuan untuk mengubah kristal asam urat menjadi cairan sehingga dapat dikeluarkan oleh tubuh dengan mudah melalui urin. Sedangkan kandungan vitamin C yang tinggi di dalam pisang dianggap dapat menurunkan tingkat peradangan yang terjadi pada penderita asam urat.

4.  Buah apel

Menurut jurnal Arthritis and Rheumatism yang diterbitkan pada tahun 2005, vitamin C yang ada di dalam apel baik bisa menjadi obat asam urat alami yang mengurangi rasa nyeri, dan juga mampu mencegah penyakit asam urat terjadi. Para ahli dari University of Pittsburgh Medical Center menyarankan agar sebaiknya penderita asam urat mengonsumsi 2 hingga 4 buah apel dalam sehari.

KOMENTAR