Cara Mengobati Gatal-gatal Dengan Bahan Rumahan

 21 Jan 2019  Wahyu Fajar
Cara Mengobati Gatal-gatal Dengan Bahan Rumahan

Image Source: alodokter.com

Kulit gatal bisa disebabkan oleh banyak hal seperti alergi, gigitan serangga, atau kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis. Bagaimana cara menghilangkan gatal gatal?

Anda bisa mengobati rasa gatal dengan bahan-bahan alami di rumah. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit gatal. 

Cara mengobati gatal-gatal dengan bahan alami 

1. Lidah buaya

Cara mengobati gatal gatal biang keringat adalah lidah buaya yang dikenal memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah untuk meredakan iritasi dan kulit gatal. Iritasi dan kulit gatal bisa disebabkan oleh kulit yang kering. Lidah buaya dapat membantu menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit Anda karena mengandung air yang sangat tinggi. Lidah buaya juga memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah berkembang iritasi menjadi infeksi. Selain itu, lidah buaya membantu merangsang pertumbuhan sel sehingga kulit yang iritasi akan lebih cepat sembuh dan meninggalkan bekas luka yang hanya sedikit saja.

2. Minyak kelapa

Cara mengobati gatal gatal secara alami yaitu menggunakan minyak kelapa, yang dipercaya dapat mengobati berbagai masalah kulit seperti kulit gatal, jerawat, psoriasis, dan eksim. Kandungan protein pada minyak kelapa dapat membantu proses meregenerasi sel kulit, yang dapat membantu memperbaiki kulit rusak sehingga dapat mencegah terjadinya masalah kulit seperti iritasi.

3. Kulit buah

Kulit semangka mengandung antiradang yang berfungsi menenangkan iritasi kulit atau rasa gatal, serta menyegarkan kulit Anda. Selain itu, kulit pisang juga dapat mengatasi kulit gatal kemerahan, karena dapat melembapkan kulit.

4. Minyak zaitun

Cara mengobati gatal gatal di badan Anda bisa gunakan minyak zaitun. Minyak zaitun dapat menyembuhkan kondisi kulit kering, gatal, atau iritasi kemerahan. Minyak zaitun mengandung oleochantal yang bisa menghilangkan rasa tidak nyaman akibat peradangan di kulit, khususnya wajah.

5. Cuka apel

Cuka apel dapat mengatasi kulit gatal karena iritasi kulit akibat reaksi alergi. Anda bisa menerapkan satu sendok teh cuka apel ke kulit yang gatal. Anda juga dapat menggunakan kompres kapas rendaman cuka apel untuk mengatasi kulit gatal. Sifat antiseptik dan antifungi pada cuka apel juga dapat membantu meringankan infeksi kulit. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu mengurangi kulit kering yang dapat menyebabkan iritasi.

6. Daun peppermint

Daun peppermint mengandung mentol yang melimpah, memiliki sifat anestetik dan anti-inflamasi. Minyak esensial daun peppermint bisa digunakan untuk mengatasi kulit gatal dan iritasi kemerahan akibat gigitan serangga atau tanaman beracun. Karena daun peppermint bersifat dingin dan sangat menyejukkan.

7. Oatmeal

Oatmeal bersifat humektan, yang dapat membantu melembapkan kulit. Oatmeal juga mengandung senyawa avenanthramide yang bekerja mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit.

Untuk mendapatkan manfaat ini, oleskan bubur oatmeal dingin ke area yang gatal. Ini dapat memperbaiki kulit Ada yang iritasi. Selain itu, oatmeal juga dipercaya dapat menjadi obat alami untuk eksim dan psoriasi.

8. Tea tree oil

Cara mengobati gatal gatal di seluruh tubuh secara alami selanjutnya dengan tea tree oil, yang memiliki sifat antiradang dan antimikroba yang dapat meredakan iritasi kulit dan mengatasi kulit gatal. Dengan sifat antiradang pada kandungan tea tree oil, kandungan tersebut dipercaya dapat meredakan gatal eksim dan psoriasis kulit.

Caranya:

  • Campurkan 1 sdm minyak kelapa (5 tetes minyak pohon teh, dan 2 tetes ekstrak lavender). 
  • Buatlah teksturnya seperti cairan lotion untuk kulit. 
  • Anda bisa menggunakannya sebagai krim gatal yang bisa dibawa berpergian.

9. Yogurt

Cara mengobati gatal gatal akibat alergi makanan yaitu yogurt. Karena mengandung probiotik yang tinggi, yogurt bisa menjadi antihistamin yang aman ketika alergi. Antihistamin bertugas untuk menghentikan reaksi sistem imun berlebihan terhadap pemicu alergi. Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengonsumsi yogurt dengan kandungan probiotik Lactobacillus casei ketika alergi muncul.