Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Kulkas

 24 Jan 2019  Dzikir Pikir
Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Kulkas

Cara menghilangkan bau kulkas via pxhere.com.

Kulkas bau tak sedap merupakan masalah yang sering dialami setiap rumah tangga, apalagi jika kita kurang menjaga kebersihkan. Cara menghilangkan bau kulkas itu simpelnya cukup cari sumber bau, bersihkan dengan larutan pembersih yang aman (misal sabun cuci piring atau cuka). Terakhir tinggal tempatkan pewangi kulkas untuk menetralkan bau yang tersisa.

Sayangnya kebanyakan kasus bau di dalam kulkas ini merupakan bau pada air bukan sisa makanan yang busuk. Tentu pencarian sumber bau jadi lebih susah. Oleh karena itu dianjurkan untuk membersihkan total sekaligus melakukan cara menghilangkan bau kulkas yang akan di bawah pada artikel ini.

Cara Membersihkan Kulkas yang Bau

Adanya bau tidak sedap jelas sangat mengganggu, apalagi dipercaya akan mempengaruhi kualitas makanan yang ada di lemari pendingin.

Tips terbaik untuk menghilangkan bau tak sedap di kulkas, ya harus membersihkan semua bagian kulkas. Sisa makanan busuk dan air kotor yang bisa jadi sumber bau ini mungkin saja masuk ke sela sela dalam kulkas.

  1. Cabut colokan untuk mematikan kulkas, taruh beberapa serbet di sekitar kulkas untuk mencegah air kemana mana
  2. Keluarkan semua isi kulkas, pilih mana makanan yang masih layak dan mana yang sebaiknya dibuang. Taruh makanan yang bagus dalam es, untuk menjaga suhunya tetap dingin selama kita membersihkan kulkas
  3. Lepaskan semua laci dan rak kulkas. Cuci dengan sabun cuci piring lalu bilas dengan air mengalir dan keringkan pakai kain bersih
  4. Ambil kain lap celupkan pada air bercampur sabun cuci piring. Gunakan untuk mengelap dinding kulkas
  5. Fokuskan pada bagian yang terlihat coklat kekuningan biasanya disini tempat air dan kotoran menempel. Bisa dibilang inilah sumber bau busuk dari kulkas anda. Tidak ada salahnya pakai sikat gigi untuk menjangkau sela sela dinding. Lakukan terus hingga semua bagian kulkas bersih
  6. Bilas kain lap yang telah kotor dengan air bersih, lalu gunakan lagi untuk mengelap kulkas untuk menghilangkan sisa sisa sabun
  7. Keringkan dinding kulkas pakai kain lap kering
  8. Masukkan kembali rak serta laci yang sudah bersih dan kering.
  9. Terakhir kembali taruh semua makanan ke dalam kulkas.

Membersihkan Bagian Freezer

Bau pada air di kulkas bisa saja keluar dari freezer. Bunga es yang yang membeku bersama bau amis biasanya akan mencair ketika tegangan listik tidak stabil lalu menetes ke bawah. Akhirnya bau amis menyebar ke semua bagian dalam lemari pendingin.

  1. Setelah dimatikan, buka pintu freezer selebarnya agar udara hangat masuk. Jangan lupa memasang penampung lelehan bunga es. Taruh beberapa kain di sekitar kulkas untuk mencegah air meluber kemana mana.
  2. Ambil semua makanan dalam freezer, lalu masukkan ke dalam kulkas lain misal titip ke tetangga. Atau cukup disimpan dalam wadah berisi es. Intinya jaga terus agar suhu tetap dingin.
  3. Untuk mempercepat proses pencairan bunga es, kita bisa memakai serbet yang dibasahi dengan air panas. Gunakan serbet ini untuk menyeka bagian dalam freezer.
  4. Setelah semua es mencair, buang air pada penampung lalu cuci sampai bersih.
  5. Siapkan campuran air hangat dan produk pembersih perkakas dapur (bisa cuka). Celupkan kain serbet ke dalam larutan tersebut, lap semua bagian dalam freezer untuk menghilangkan sisa bau amis.
  6. Terakhir tinggal masukkan semua makanan ke dalam freezer dan nyakan kembali kulkas anda.

Cara Menghilangkan Bau Kulkas

Bagi anda yang belum ada waktu mencoba cara membersihkan kulkas di atas, kita bisa lo menyamarkan bau tak sedap dalam kulkas dengan bahan alami. Bahan bahan ini bisa digunakan pewangi makanan alami dan ada yang bersifat penyerap bau.

Penasaran? Berikut ini adalah bahan penghilang bau kulkas,

1. Produk Pewangi Kulkas

Sekarang banyak sekali produk yang dapat membantu mengatasi bau tidak sedap dalam kulkas.

Ada yang terbuat dari karbon aktif, bahan yang efektif menyerap bau di udara. Selain itu juga ada yang terbuat dari baking soda khusus, konon daya serapnya 50x lebih efektif dari baking soda untuk kue.

Tidak perlu khawatir karena kedua bahan ini sudah terbukti aman sehingga tidak meracuni makanan dalam kulkas. Produk ini juga tidak berbau (tanpa parfum).

Pemakaiannya cukup tempatkan produk tersebut di dalam kulkas. Bau tidak sedap seperti amisnya daging dan bau sisa makanan yang membusuk akan hilang dengan sendirinya.

2. Perasan Lemon

Lemon bisa dibilang salah satu buah yang paling sering dijadikan varian wangi dari pengharum ruangan. Aroma lemon alami memang sangat efektif sebagai cara menghilangkan bau kulkas.

Caranya,
  1. Gelindingkan lemon di permukaan rata sambil ditekan agar nanti lebih mudah diperas dan air perasannya lebih banyak
  2. Belah lemon lalu peras airnya ke dalam mangkuk
  3. Tambahkan air hangat, aduk aduk hingga merata
  4. Taruh mangkuk berisi air perasan lemon hangat ke dalam kulkas
  5. Tutup pintu kulkas dan diamkan semalaman
Dengan bantuan air hangat, perasan lemon menghasilkan lebih banyak uap yang menyebar ke semua bagian kulkas. Aroma lemon akan menetralkan bau busuk dan menggantikannya. Hasilnya ketika ketika kulkas dibuka akan tercium bau lemon yang khas.

3. Bubuk Kopi

Selain mempunyai aroma yang khas, bubuk kopi terkenal dapat berfungsi sebagai penyerap bau alami. Jadi mirip sekali dengan produk penghilang bau kulkas yang berbahan karbon aktif.

Cara menggunakannya cukup taruh bubuk kopi ke dalam mangkuk kecil dan tempatkan di dekat sumber bau. Perlahan bau busuk dalam kulkas akan dinetralkan sampai hilang tak tercium sama sekali.
Perlu diperhatikan gunakan bubuk kopi murni tanpa campuran bahan lain. Pastikan bubuk benar benar kering agar daya serapnya maksimal.

4. Baking Soda

Ternyata selain dapat digunakan untuk membuat kue ternyata bisa lho kita memakai baking soda untuk mengatasi kulkas bau.

Caranya cukup masukkan baking soda dalam mangkok kecil lalu letakkan dalam lemari pendingin. Diamkan semalaman sampai bau tak sedap hilang.

5. Larutan Cuka

Cuka merupakan salah satu bumbu masakan yang sering dipakai untuk menjaga kebersihan dapur.

Tips penggunaanya mirip dengan perasan lemon di atas. Cukup campurkan cuka dengan air hangat, taruh di dalam kulkas. Biarkan uap cuka menghilangkan bau tidak sedap.

Cara menghilangkan bau kulkas dengan bahan di atas memang efektif membasmi bau tak sedap. Sayang bau itu bisa saja muncul kembali. Hal ini sangat wajar karena sumber bau masih ada, apalagi kondisi kulkas yang selalu lembab dan tertutup membuat bau lebih awet. Sebaiknya luangkan waktu sebentar untuk membersihkan kulkas secara menyeluruh.

Cara Mencegah Bau dalam Kulkas

Dari pada ribet membersihkan kulkas untuk menghilangkan bau, ada baiknya kita melakukan pencegahan munculnya bau busuk tersebut,
  • Jangan biarkan ada sisa bahan makanan dalam kulkas. Sering kali ada beberapa daun sayur yang tertinggal dalam kulkas. Lama kelamaan daun ini bisa membusuk, apalagi jika bercampur air dari udara lembab
  • Sering kali para ibu khilaf beli banyak bahan makanan karena harga murah, akhirnya tidak sempat dimasak dan membusuk di dalam kulkas. Selalu beli makanan sesuai kebutuhan, jangan turuti hawa nafsu
  • Kalau tidak sengaja menumpahkan minuman dalam kulkas, bersihkan sesegera mungkin
  • Simpanlah makanan dengan di tempat yang tepat. Perlu diingat semua bagian kulkas tidak memiliki suhu yang sama. Penyimpanan dengan suhu yang benar membuat makanan lebih awet. Misalkan saja taruh buah dan sayur dalam laci bawah dan daging dalam freezer
  • Simpan daging dan ikan dalam wadah, kebanyakan bau amis dalam kulkas muncul dari daging. Kalau bisa ditaruh dalam wadah tertutup misal tupperware.
Sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Bau Kulkas Sampai Tuntas. Selalu jaga kebersihan lemari pendingin anda. Toh tidak ada ruginya, malah banyak manfaat seperti menjaga kesehatan keluarga dan pastinya bisa hemat uang karena lemari pendingin jadi awet. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.