11 Jenis Kerja Freelance yang Menghasilkan Banyak Uang

 22 Dec 2018  anisa nurfadila
11 Jenis Kerja Freelance yang Menghasilkan Banyak Uang

kerja freelance via magazine.job-like.com

Banyak orang yang meremehkan kerja freelance. Padahal kerja freelance memiliki hasil yang menguntungkan lho! Simak apa saha kerja freelance yang berpenghasilah besar berikut ini!

Mau punya penghasilan tambahan tanpa terikat jam kantor? Cari pekerjaan yang tepat buatmu di contoh kerja freelance berikut ini.

Menjadi karyawan di sebuah perusahaan sangatlah menyita waktu. Banyak orang kini memilih kerja freelance (lepas) karena alasan ingin bersantai dirumah. Kerja freelance kerap kali dicari oleh mereka yang mau jam kerjanya fleksibel dan tidak harus bepergian keluar rumah.

Jenis pekerjaan freelance saat ini belum banyak yang mengetahuinya untuk anda yang menyukai para pekerja lepas anda bisa mengetahuinya disini.

Kini menjalani kerja freelance menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang. Bekerja freelance tentunya memiliki keuntungan tersendiri, seperti jam kerja lebih fleksibel karena kita bekerja tanpa perlu berangkat ke kantor.

Jika sampai saat ini anda masih meremehkan kerja freelance, dan menganggap kerja freelance sebagai pekerjaan yang kurang potensial.

Maka segeralah buang jauh jauh pikiran tersebut.

Karena di era pertumbuhan teknologi impormasi dan perkembangan internet saat ini, gaji seorang freelance dengan skill yang komersial bisa saja mengalahkan gaji seorang manajer bahkan direktur di suatu perusahaan.

Bagaimana tidak demikian?

Seorang freelancer, baik online maun offline,dalam satu kali pengerjaan projectnya bisa di bayar hingga jutaan rupiah lho, bayangkan bila dia mampu menyelesaikan puluhan proyek dalam satu bulan? maka tentu pundi pundi penghasilan mereka sangat besar.

Meski memang tidak semua kerja freelance memiliki bayaran yang cukup besar, namun setidaknya ini membuktikan bawa kerja freelance, bukanlah pekerjaan yang bisa kita anggap enteng.

Terutama buat anda yang memang memiliki skill di bidang tertentu yang saat ini bayak di butuhkan.

Nah untuk itu saat ini saya akan membagikan 11 contoh kerja freelancee terbaik untuk mencari tambahan penghasilan atau bahkan sebagai pekerjaan utama anda

Baca Juga : Kerja Sampingan Online yang Dibayar Pakai Dollar, Nggak Ngaruh Deh Meski Rupiah Turun

11 Jenis Kerja Freelance yang Menguntungkan

11 jenis kerja freelance berikut ini memiliki penghasilan yang sangat menguntungkan lho

1. Android Developers

Android Developers merupakan jenis kerja freelance dengan gaji terbesar, disalah satu situs freelance pekerjaan ini merupakan pekerjaan populer yang menduduki di posisi pertama.

Untuk pekerjaan Android Developer ini adalah mulai dari membuat dan mengembangkan suatu aplikasi android. Salah satu keunggulan jenis pekerjaan lepas ini anda bisa mendapatkan banyak sekali projects aktif disemua situs freelance.

2. Content Writers

Content Writers dapat dikategorikan sebagai pekerjaan lepas dengan gaji terbesar, karena disini fungsi utama yang sulit dari seorang penulis konten adalah wajib memberikan informasi kepada pembacanya dengan baik.

Seorang penulis konten juga wajib menguasai kriteria tulisan yang dibuat harus salah satunya paling tidak Informative dan Edukative. Content Writers juga termasuk Jenis kerja freelance yang banyak disenangi oleh setiap pekerjanya, selain mudah juga bisa berbagi informasi yang tentunya bermanfaat bagi pembacanya.

Untuk anda yang senang menjadi Penulis konten anda dapat menjadikan keahlian anda sebagai penghasil uang. Caranya sangat mudah anda tinggal membuat blog, atau bisa juga anda bekerja di situs blog ternama. Dan disana anda bisa mendapatkan bayaran tinggi jika konten yang anda tulis bagus dan berkualitas tinggi.

Sudah pasti anda disana mendapatkan bayaran tinggi disetiap konten yang berhasil anda tulis dengan baik dan tentunya bermanfaat bagi pembacanya.

3. Copywriters

Copywriter adalah jenis kerja freelance dibagian periklanan yang bersifat komersial yang tugasnya menulis naskah periklanan. Baik untuk iklan cetak, iklan televisi, iklan radio dan segala macam bentuk iklan bermerek. Seorang Copywriter berpasangan dengan Art Director (Penata Artistik), membuat sebuah konsep iklan. Atasan mereka adalah Creative Director dan mereka di dalam Creative Department di sebuah perusahaan iklan (Advertising Agency).

Seorang Copywriters juga mampu menghipnotis semua pembacanya,  pembaca pun akan merasa nyaman dari hasil karya tulisannya. Oleh karena itu sebuah Copywriters bergaji tinggi walau pun hanya kerja freelance sekalipun.

Tidak hanya itu Seorang Copywriters akan sedikit menulis emosi yang dapat membangkitkan pembaca. Tujuannya adalah untuk membuat banyak sekali pembaca yang tertarik dengan apa yang ditulis sehingga akan banyak pembeli dari produk yang ditawarkan. Itulah seorang pekerja lepas Copywriters yang mempunyai gaji yang lumayan besar setiap tugas yang dikerjakannya.

4. Customer Service Representatives

Seorang CS Representatives bisa termasuk kedalam salah satu jenis kerja freelance, dimana pekerjaan ini mampu memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pelanggan. Biasanya posisi ini sangat diperlukan oleh perusahaan komunikasi yang sering melakukan verifikasi dan validasi data pelanggan.

Sering juga menggali permasalahan (probing) yang disampaikan oleh pelanggan mengklasifikasikan setiap masalah yang disampaikan pelanggan untuk menentukan jenis/kategori permasalahan yang akan dicatat ke dalam aplikasi database.

5. Graphic Designers

Untuk pembuatan gambar terbaik disini sangat diperlukan yang namanya Dasigners Graphic terbaik dibidanganya. Gambar logo indah, unik dan terlihat menarik sangat di cari oleh pemilik website perusahaan-perusahaan.

Karena tidak hampir semua orang ahli dibidang designer ini dengan baik dan professional. Jadi untuk para Graphic Designers pekerja lepas sangat bangga, dan memilik pembayaran yang tinggi untuk setiap tugas yang dikerjakan.

6. Website Developers

Kerja freelance sebagai Website Developers yaitu yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pada dasarnya, web developer membuat berbagai hal yang terjadi pada sebuag situs web.

Peran penting kerja freelance ini sebagai penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada sebuah website. Mulai dari penentuan data base, membuat halaman website yang relevan. Bahkan mengatur cara pengunjung yang masuk di website yang dibuat untuk berinteraksi dengan sejumlah elemen-elemen dari website tersebut.

Seorang web developer yang handal akan terbiasa dengan bahasa pemrograman, baik itu di sisi server maupun client. Dan jangan lupa dengan aspek database yang akan digunakan. Berikut adalah bagian aplikasi yang harus dikuasai oleh seorang pekerja lepas web developer.

Pembuatan Client-side: menggunakan Software JavaScript, Server side: ASP, ASP.NET, Java, Perl, PHP, Python, Ruby, dsb. Untuk penyimpanan sekumpulan data website dengan mengguanakan MS MySQL, Oracle, dsb.

Disini untuk dari segi tampilan biasanya menjadi sisi yang terkesampingkan oleh pekerja lepas web developer. Pada umumnya setelah scripting dari aplikasi web telah selesai dibuat. Maka web developer akan menyerahkan pekerjaannya tersebut selanjutnya kepada web designer untuk menciptakan tampilan yang responsive.

7. Web Designers

Web Designers adalah salah satu jenis kerja freelance yang memberikan bayaran yang cukup tinggi. Anda bisa mendapatkan pembayaran hingga 500 ribu untuk sekali desain web saja. Salah satunya untuk design mockup halaman home sebuah website.

Disini para designer harus memiliki sense of creativity yang baik, menguasai software design seperti halnya Adobe Photoshop, dan menguasai typography dengan baik.

Seorang Designers Website harus sanggup membuat design yang konseptual (elegan, corporate, colorful, dll) sesuai branding client anda. Disini anda harus memiliki portfolio minimal 5 design untuk dijadikan sebagai bukti anda designers web professional. Kalau sudah punya portfolio web design maka akan lebih bagus dan memilik nilai lebih dipkerjaan lepas posisi Web designers ini.

Pemahaman tentang Client-side scripting, HTML, CSS, cara memanipulasi image dan animasi merupakan beberapa hal yang dikuasai oleh web designer.

Berikut adalah bagian hal yang harus dikuasai oleh seorang freelance web designer:

• Client-side scripting: JavaScript

• Server-Side scripting: PHP, ASP, dsb.

• Cascading Style Sheets

• HTML

• Manipulasi image : Adobe Photosop, GIMP, Corel Draw, dsb.

• Animasi, biasanya berupa flash.

Web designer biasanya bekerja dalam tim untuk memastikan sebuah tampilan website dapat membuat aplikasi web bekerja dengan baik. Keterampilan tambahan berupa komunikasi, tentu akan menjadi nilai tambah dan sangat berguna bagi para web designer.

8. Webmaster

Webmaster merupakan gabungan dari keduanya, bahkan webmaster juga bertugas untuk memelihara aplikasi web yang digunakan. Sebagai catatan tambahan, webmaster mungkin juga bertanggung jawab untuk optimisasi mesin pencari ( SEO ), mengisi content pada website, hingga memasarkan website tersebut.

Dalam kelompok kerja yang lebih besar, webmaster akan lebih banyak menjadi manager dari sebuah web-based project, mengatur pekerjaan web developer dan web designer, hingga melakukan pengujian terhadap usability dari aplikasi web yang dibuat.

9. iOS Developers

Jenis pekerjaan ini membuat dan mengembangkan aplikasi mobile berbasis IOS, developer yang hebat juga punya kesabaran yang hebat pula dengan software Apple tersebut. Seorang developer perlu belajar menikmati setiap hal yang diarahkan Apple dan bukan mengeluh tentang teknologi Apple.

Jenis kerja freelance yang satu ini sangat tinggi dari segi pembayarannya karena disini dalam pembuatan satu aplikasi berbasis Ios sangat mahal harganya. Jadi untuk anda para pekerja lepas yang menyukai pekerjaan ini anda dapat mengembangkannya di situs-situs freelance yang banyak sekali memberikan kesempatan dalam berkerja.

10. Data Entry

Jenis kerja freelance yang satu ini adalah pekerjaan yang dimana kita meng input data-data ke komputer dengan menggunakan program software komputer. Biasanya data entry ini menggunakan bantuan Aplikasi Microsoft exel.

Banyak jenis sistem data entry misalnya data-data akunting yang dapat di input menggunakan program sistem komputerisasi akunting. Umumnya orang yang mengerjakan tugas data entry ini disebut juga operator komputer.

Untuk bayaran jenis pekerjaan lepas ini bisa dibilang besar tergantung dari tingkat kesulitan dan banyaknya data yang di inputkan.

11. Facebook Marketers

Facebook Marketers merupakan salah satu Jenis kerja freelance yang banyak diminati oleh mereka yang menyukai online dimedia social facebook. Pada dasarnya pekerjaan lepas ini memiliki nilai bayar yang cukup tinggi karena disinilah banyak produk yang dipasarkan dengan metode pengiklanan di media social facebook.

Sudah bisa dipastikan, Facebook adalah tempat marketing digital pertama yang harus Anda tuju untuk melakukan promosi. Dengan pengguna mencapai kurang lebih 1 miliar di seluruh dunia, dan di Indonesia sendiri total pengguna saat ini sudah mencapai lebih dari 79 juta pengguna facebook.

Itu berarti untuk pekerja freelance facebook marketers sasaran utama dan kemungkinan besar mempunyai calon pembeli atau pengguna produk yang di iklankan.

Beriklan di facebook ini sangat menjanjikan dan baik untuk memperbanyak nilai jual yang dapat membuat produk tersebut diterima dipasaran global ini.

Sudah tahu kan jenis kerja freelance apa saja yang tersedia? Ada banyak hal positif ketika kita melakukan kerja paruh aktu. Selain mendapat uang lebih, hal itu akan memberikan kita pengalaman bekerja lebih baik serta skill yang belum tentu dimiliki orang lain ketika sudah kerja penuh waktu.

Sekian dulu dari saya, meskipun sebenarnya masih banyak jenis kerja freelance yang lain , tidak mungkin bisa saya tuliskan disini semuanya. Semoga beruntung dalam proses melamar, dan selamat bekerja, ya!

KOMENTAR