Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email yang Benar

 24 Dec 2018  duwi Pebrianti

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email yang Benar

Surat lamaran via tipsinterview.net

Di zaman yang semakin modern ini kita bisa melakukan beberapa hal dengan cara cepat dan mudah, salah satunya adalah dengan mencoba contoh surat lamaran kerja via email.

Teknologi yang semakin canggih sekarang ini membantu seseorang dalam berbagai hal yang sifatnya meringankan pekerjaan. Salah satunya adalah dengan mengirim surat lamaran kerja lewat via email, bagaimana caranya, berikut contoh surat lamaran kerja via email yang bisa Anda jadikan sebagai contoh atau inspirasi.

Di era modern seperti saat ini, contoh surat lamaran kerja via email lebih banyak dicari oleh mereka yang akan melamar pekerjaan. Karena dengan cara ini kita tidak terlalu repot untuk mengurusnya. Dibawah ini adalah Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email yang Baik dan Benar yang bisa Anda coba.

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Secara Resmi yang Baik dan Benar

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mengirim surat lamaran kerja melalui email, diantaranya:

  • Persiapkan surat lamaran pekerjaan kedalam format berkas di MS. Word, Notepad atau PDF dan format lainnya yang nanti bisa diupload/unggah.
  • Sertakan juga Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae)
  • Scan Ijazah
  • Scan Sertifikat
  • Scan KTP
  • Pasfoto
  • Surat - surat lain ( sesuai permintaan perusahaan tempat melamar kerja )

Tata Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email

  1. Simpan berkas-berkas tersebut menjadi satu folder yang nantinya di unggah ke e-mail. Pastikan ukuran file tidak terlalu besar, karena batasan sekali kirim e-mail rata-rata berkapasitas 25MB sekali kirim. File yang terlalu besar juga membuat proses pengunggahan menjadi lama. Pastikan juga semua berkas yang akan Anda kirim sudha tersusun rapi dan tidak keliru.
  2. Pastikan Anda memiliki akun pada email yang aktif dan sering digunakan sehingga dapat mengetahui pemberitahuan secara cepat. Beberapa contoh akun email yang biasa dimiliki masyarakat Indonesia adalah Gmail dan Yahoomail. Jika Anda tidak memiliki akun email, Anda bisa membuatnya menggunakan salah satu penyedia jasa layanan email tersebut. Cara membuatnya mudah sehingga Anda hanya perlu mengikuti langkah yang sudah tersedia.
  3. Pastikan akun email Anda memiliki nama sesuai dengan identitas Anda. Bisa nama lengkap agar terlihat lebih personal dan profesional. Dalam menu pada proses pengiriman surat terdapat kolom tujuan (To: )yang bisa digunakan untuk menulis alamat pengiriman surat tersebut. Alamat ini bisa berupa email resmi perusahaan, atau langsung pada bagian recruitment.
  4. Terdapat juga kolom CC atau BCC yang memiliki fungsi seperti tembusan kepada pihak yang terkait atau dibutuhkan. Namun hal ini dilakukan jika memang diperlukan. Kolom subject pada email berfungsi sebagai perihal. Ini bisa ditulis dengan posisi apa yang Anda lamar dalam perusahaan.
  5. Dalam email akan ada menu pilihan yang bisa digunakan untuk melampirkan data-data pendukung lamaran kita, bernama attachment. Simbol dari attachment ini berupa pin spiral yang biasanya terletak dibagian bawah laman penulisan surat.
Surat lamaran pekerjaan menggunakan email tidak membutuhkan bentuk surat secara cetak (print out). Sehingga lebih ringkas dan bisa menampung banyak data yang dibutuhkan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Doc

Kolom 1 ATo : [email protected]

Cc : [email protected]

Subject : Internal Fashion Designer (kode posisi)

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang ada pada website, bahwa Rumah Mode sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Internal Designer, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama          : Lisa Mauli

Alamat        : Jln. Merdeka, No. 45, Jakarta Barat

TTL            : Surabaya, 17 Januari 1990

Pendidikan : S1 Fashion and Art

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.

Bersama dengan surat ini saya juga melampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu kedalam bentuk attachment yang bisa di unduh.

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Lisa Mauli

Nah, itulah hal-hal yan perlu Anda persiapkan dan tata cara mengirim surat lamaran kerja lewat via email lengkap dengan contoh surat lamaran kerja via email yang baik dan benar yang bisa Anda coba dan contoh, demikian artikel ini kami buat semoga bermanfaat serta bisa membantu.