Kentang Goreng Memang Enak, Namun Ternyata Ini Pemicu Terbesar Alami Kematian

Komentar

kentang goreng via pegipegi.com

Sebuah penelitian telah dibuktikan oleh American Journal of Clinical Nutrition, terhadap bahaya kentang goreng.

Bagikan agar semua orang tahu!

Kentang merupakan salah satu jenis umbi yang sering kita temukan sebagai makanan pendamping. Kentang juga merupakan salah satu makanan pokok di benua Eropa. Di Indonesia sendiri, kentang sering diolah menjadi makanan pendamping, seperti dibuat lauk, dibuat keripik, direbus, atau digoreng. Di Indonesia, kentang tidak dijadikan makanan pokok oleh masyarakat. Oleh sebagian orang, kentang dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

Kentang merupakan tanaman dengan suku tumbuhan berbunga atau disebut pula Solanaceae. Kentang sangat cocok di tumbuh di wilayah dengan cuaca yang sejuk. Di Indonesia yang memiliki iklim tropis, kentang sangat cocok dibudidayakan di daerah pegunungan karena daerah pegunungan memiliki cuaca yang sejuk.

Selain manfaatnya, kentang jika diolah secara salah dapat berbahaya, salah satunya adalah bahaya kentang goreng. Simak selengkapnya berikut ini!

Berapa kalori kentang goreng ?

Kentang goreng biasanya digoreng dengan minyak banyak dan dengan proses deep frying yang meningkatkan kalori dan kandungan lemaknya. Tak heran mengapa kentang goreng termasuk dalam makanan penyumbang kaori terbesar. Dalam jumlah 100g kentang goreng menyumbang kalori hingga 311,9 kcal. Jika ingin sekali makanan cepat saji, lebih baik pilih kentang panggang (baked potatoes).

Olahan kentang goreng sederhana 

Berikut ini inspirasi olahan kentang goreng sederhana yang dapat anda contoh. Kami akan menampilkan apa saja bumbu kentang goreng serta cara pembuatannya. Simak yuk!

Cara membuat kentang goreng renyah dan crispy

kentang goreng krispy via food.detik.com

Untuk menjadikan kentang goreng renyah tahan lama, ternyata rahasianya cuma tepung. Bisa menggunakan tepung terigu atau tepung maizena. Bagaimana cara membuat kentang goreng seperti ini? Di bawah ini kami jabarkan resep lengkapnya.

Bahan:
  • 2 Buah kentang ukuran besar
  • 1/2 Sendok teh kunyit bubuk
  • 1 Sendok makan tepung terigu
  • 2 Gelas air untuk merebus
  • 2 Gelas air es
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya


Cara membuat kentang goreng renyah dan crispy:
  1. Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Segera masukkan ke dalam air setelah kentang diiris agar tidak berubah warna.
  2. Didihkan air rebusan, kemudian tambahkan 1/4 sendok teh kunyit bubuk agar kentang tidak terlalu pucat. Rebus kentang selama 3 atau 4 menit.
  3. Tiriskan kentang dan segera masukkan ke dalam air es.
  4. Campur terigu dan garam, kemudian gulingkan kentang di atasnya. Aduk hingga seluruh bagian kentang terlumuri tepung dan garam.
  5. Panaskan minyak secukupnya, kemudian goreng kentang hingga berwarna kekuningan. Setelah itu angkat dan tiriskan minyaknya di atas kertas minyak atau kertas tisu.


Cara membuat kentang goreng ala KFC yang enak

kentang goreng kfc via dopacetic.blogspot.com

Berikut ini kami tampilkan cara membuat kentang goreng ala KFC yang renyah.

Bahan:

  • 200 Gram beef tallow atau lemak daging sapi beku (bisa diganti dengan palm shortening)
  • 2 Buah kentang ukuran besar
  • 1 1/2 gelas air
  • 1/4 Cangkir sirup jagung (bisa diganti dengan 1/4 cangkir gula yang dilarutkan dengan 1 sendok makan air hangat)
  • 1/4 Sendok teh kaldu sapi blok (opsional)
  • 2 Sendok teh garam


Cara membuat kentang goreng ala KFC:

  1. Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Segera masukkan ke dalam air setelah kentang diiris agar tidak berubah warna.
  2. Campurkan sirup jagung dan air, kemudian masukkan kentang ke dalamnya. Dinginkan selama sekitar 30 menit.
  3. Panaskan minyak goreng, kemudian tiriskan kentang dari larutan gula. Setelah itu goreng kentang selama 1 sampai 2 menit.
  4. Tiriskan minyak dari kentang goreng, kemudian dinginkan kentang di dalam lemari es selama 15 menit.
  5. Panaskan kembali minyak goreng dan tambahkan lemak daging sapi. Setelah itu goreng kentang selama 5 menit atau sampai kuning keemasan.
  6. Tiriskan minyak dari kentang goreng, kemudian taburi garam dan merica sesaat sebelum dihidangkan.


Cara membuat kentang goreng tanpa tepung

kentang goreng tanpa tepung via beritajowo.com

Kebanyakan resep kentang goreng atau french fries lokal menggunakan tepung terigu atau maizena untuk menambahkan tekstur renyah yang tahan lama. Sebenarnya cara membuat kentang goreng seperti ini bisa dimodifikasi dengan rendaman air es.

Di bawah ini kami sajikan cara membuat kentang goreng renyah tanpa tepung terigu atau tepung maizena.

Bahan:
  • 100 gram beef tallow atau lemak daging sapi beku (bisa diganti dengan palm shortening atau minyak kanola)
  • 4 Buah kentang ukuran sedang
  • 2 Liter air es
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
  • Garam secukupnya


Cara membuat kentang goreng tanpa tepung:
  1. Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Segera masukkan ke dalam air es setelah kentang diiris. Biarkan kentang terendam selama 1 jam.
  2. Lelehkan beef tallow di penggorengan, kemudian tambahkan minyak goreng.
  3. Tiriskan kentang dari air rendaman, kemudian goreng dalam campuran minyak dan beef tallow yang sudah panas. Jika warnanya sudah kuning keemasan, angkat dan tiriskan minyaknya.
  4. Taburi kentang goreng dengan garam halus sesaat sebelum disajikan.

Kenapa kentang goreng tidak sehat ?

kentang goreng tidak sehat via cantiknyakulitsehat.com

Apakah kentang goreng berbahaya bagi tubuh ? Jelas kentang goreng berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Meski rasanya lezat, gurih, dan renyah, kentang goreng bisa membahayakan kesehatan. Bahkan risiko kematian lebih cepat pun mengintai Anda yang hobi makan kentang goreng.

Makan kentang goreng bisa meningkatkan risiko kematian lebih cepat
Pernyataan ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Penelitian ini melibatkan sebanyak 4.400 orang yang berusia 45-79 tahun. Penelitian berlangsung selama 8 tahun. Selama studi berlangsung, pola makan peserta penelitian terus dipantau.

Pada tahun kedelapan, ada 236 peserta penelitian yang meninggal dunia dan sebagian besar dari peserta tersebut memiliki kebiasaan makan kentang goreng atau keripik kentang setiap minggu. Maka, para ahli menyimpulkan bahwa makan kentang goreng setidaknya 2-3 porsi dalam satu minggu bisa meningkatkan risiko kematian lebih cepat hingga dua kali lipat.

Makan kentang memang enak, tapi kandungan gizinya tidak lagi sehat
Banyak yang mengira kalau kentang adalah salah satu jenis sayur-sayuran. Jadi, kalau ngemil kentang, sama saja ngemil sayuran. Padahal kenyataannya, kentang setara dengan makanan pokok lainnya yang mengandung karbohidrat.

Jadi, kalau Anda makan kentang sebagai camilan, Anda akan kelebihan asupan karbohidrat, yang mana akan membuat berat badan Anda naik, tumpukan lemak tubuh semakin banyak. Akhirnya risiko tinggi terserang berbagai penyakit kronis, seperti serangan jantung, gagal jantung, diabetes, hingga gangguan fungsi ginjal.

Apakah kentang goreng baik untuk diet ?

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa ngemil kentang goreng akan menyebabkan penumpukan kalori berlebih. Makan kentang goreng terlalu sering juga bisa bikin asupan lemak berlebih. Biasanya, kentang digoreng dengan cara deep frying atau merendam seluruh bagian kentang ke dalam minyak. Hal ini membuat kentang Anda akan menyerap lemak sangat banyak. Padahal, lemak tersebut terdiri dari lemak trans serta lemak jenuh. Kedua jenis lemak tersebut telah terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Belum lagi kalori tinggi yang ada di kentang goreng. Dalam 100 gram kentang goreng saja terdapat 312 kalori yang setara dengan satu porsi sarapan. Tentu saja, menjadikan kentang goreng jadi camilan, akan membuat Anda kelebihan kalori dan akhirnya bikin berat badan naik cukup drastis. Ingat, semua makanan yang digoreng punya nilai kalori yang cukup tinggi, jadi memang sebaiknya batasi asupannya.

Apakah kentang goreng baik untuk ibu hamil ?

kentang goreng untuk ibu hamil via youtube.com

Kentang tidak baik untuk ibu hamil, karena akan menyebabkan beberapa resiko yang menakutkan. Berikut ini bahaya kentang bagi ibu hamil.

PARA perempuan hamil sepertinya harus berpikir dua kali ketika ingin makan kentang goreng. Makanan ini rupanya bisa berdampak buruk buat kesehatan calon bayi.

Sebuah temuan baru menyebutkan zat arcylamide yang terkandung dalam kentang goreng dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat di bawah normal dan lingkar kepala yang kecil. Dampak yang sama juga ditemui pada kasus ibu merokok.

Temuan ini berdasarkan riset yang mengevaluasi sekitar 1.000 wanita hamil dan bayi yang baru lahir (orok) di Denmark, Inggris, Yunani, Norwegia, dan Spanyol.

Ditemukan, ibu yang mengonsumsi acrylamide dalam jumlah berlebih menyebabkan berat badan bayinya berkurang sekitar 132 gram atau 4,56 ons dan ukuran kepala bayi hanya sekita 0,33 cm. Zat ini bisa masuk ke janin karena zat kimiawi bisa masuk lewat plasenta.

"Efek acrylamide yang terdekteksi pada kasus berat badan bayi sebanding dengan efek yang disebabkan merokok," ujar Profesor Manolis Kogevinas dari Centre for Research in Environmental Epidemiology (CREAL), Spanyol.

Efek buruk tidak berhenti di situ saja. Penurunan berat badan bayi berelasi dengan beberapa masalah kesehatan yang akan dialami bayi ketika tumbuh dewasa seperti penyakit jantung dan diabetes.

"Selain itu, ukuran kepala yang kecil juga berhubungan dengan masalah perkembangan saraf," ujar Dr. Marie Pedersen, peneliti lainnya dari CREAL.

Jadi, bagi ibu hamil sebaiknya hindari konsumsi kentang goreng ya! Demikianlah artikel tentang kentang goreng yang ternyata memiliki banyak bahaya. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan ya!
Top