Bakal Menyesal Selamanya Dunia Akhirat, Jangan Pernah Nikahi Wanita Yang Memiliki 10 Sifat Ini

Penulis Penulis | Ditayangkan 30 Jan 2018

Bakal Menyesal Selamanya Dunia Akhirat, Jangan Pernah Nikahi Wanita Yang Memiliki 10 Sifat Ini

Sebelum memutuskan untuk menikah ada baiknya seseorang untuk mencari tau bagaimana sifat calon pasangannya.

Berkaitan dengan apa yang akan dijalani sehidup semati bersama pasangan.

Sebaiknya Anda tidak menikahi 10 tipe wanita ini. 

Sebab hidup Anda bisa runyam, kacau, bahkan penuh masalah. 

Kebahagiaan di dunia susah didapat, apalagi kebahagiaan di akhirat.

Sebagian orang Arab menyatakan, “Janganlah kalian menikahi enam orang perempuan berikut ini; annanah, mannanah, hannanah, haddaqah, barraqah, dan syaddaqah.” seperti yang dikutip dari masterberita.com

Untuk itu hindarilah beberapa tipe kaum perempuan berikut ini:
  1. Annanah, yakni perempuan yang banyak mengaduh dan mengeluh, ia mengikat kepalanya setiap saat. Menikahi perempuan yang sering sakit atau pura-pura sakit tentu tidak mengandung kebaikan.
  2. Mannanah, yakni perempuan yang mengungkit-ungkit kebaikannya kepada suaminya, ia mengatakan, ”Aku telah berbuat begini dan begini demi dirimu.”
  3. Hannanah, yakni perempuan yang menyayangi suami orang lain, atau menyayangi anak dari suami sebelumnya, sehingga mengabaikan hak suaminya yang sekarang.
  4. Haddaqah, yakni perempuan yang suka melirik segala sesuatu, sehingga ia menginginkannya dan membebabi suami untuk membelikannya.
  5. Barraqah, mengandung dua makna. Pertama, perempuan yang sepanjang hari memoles dan merias wajahnya agar wajahnya memukau. Kedua, perempuan yang sering mencacat makanan.
  6. Syaddaqah, yakni perempuan yng banyak bicara alias cerewet.

Tirmidzi meriwayatkan hadits dengan sanad hasan, bahwasanya Nabi shalallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

وإن أبغضكم إلي وأبعدكم مني مجلسا يوم القيامة الثرثارون والمتشدقون والمتفيهقون ، قالوا : يا رسول الله قد علمنا الثرثارون والمتشدقون فمن المتفيهقون ؟ قال : المتكبرون

”Sesungguhnya orang yang paling aku benci dan paling jauh tempat duduknya dariku pada hari kiamat adalah orang-orang yang banyak berceloteh, orang-orang yang gemar berbicara dan al mutafaihiqun.” Orang berkata, ”Wahai Rasulullah, kami mengetahui siapa itu orang-orang yang banyak berceloteh dan gemar berbicara, lantas siapakah al mutafaihiqun itu?” Beliau bersabda, ”Yaitu orang-orang yang sombong”

BACA JUGA Ini Sebabnya Suami Bisa Akrab Dengan Teman Wanitanya, Tapi Dengan Istri Sikapnya Dingin

Bakal Menyesal Selamanya Dunia Akhirat, Jangan Pernah Nikahi Wanita Yang Memiliki 10 Sifat Ini
Gambar sebagai illustrasi
Terdapat sebuah ungkapan, ”Ada empat perempuan yang tidak layak dinikahi, yakni mukhtali’ah, mubariyah, ’ahirah, dan nasyiz.”

  1. Mukhtali’ah, yaitu perempuan yang meminta khulu’ setiap saat tanpa ada sebab.
  2. Mubariyah, yakni perempuan yang suka membanggakan diri dengan perantaraan perbuatan orang lain dan membanggakan hal-hal keduniaan. Misalnya, ”Aku punya keponakan yang bisa begini dan begini.”
  3. ’Ahirah, yakni perempuan fasik yang dikenal memiliki pria idaman lain atau selingkuhan. Perempuan inilah yang disebut dalam firman Allah, ”.. dan bukan (pula) perempuan yang mengambil laki-laki lain sebagai piaraannya.” (Qs. An Nisa: 25)
  4. Nasyiz, yakni perempuan yang merasa lebih tinggi atas suami, baik dalam hal perbuatan maupun perkataan. Nasyiz artinya bagian tanah yang tinggi.
SHARE ARTIKEL