Makhluk Kerdil Misterius Diduga Suku Mante Ramai Dibicarakan Netizen

 27 Mar 2017  Cang Karna
Makhluk Kerdil Misterius Diduga Suku Mante Ramai Dibicarakan Netizen

Makhluk misterius penghuni kawasan hutan Aceh, tertangkap kamera komunitas motor trail asal Banda Aceh saat melakukan off road pekan lalu. Video yang diunggah ke sosial media tersebut menjadi perbincangan netizen dan membuat kontroversi, benarkan makhluk yang berlari sambil membungkuk tersebut merupakan Suku Mante.

Dalam video yang berdurasi sekira satu menit, awalnya rombongan pemotor trail melaju beriringan, cuaca di sana terlihat cerah. Tidak lama kemudian salah satu pemotor terjatuh diduga kaget saat makhluk misterius keluar dari dalam hutan di sebelah kanan jalan.

Ciri-ciri makhluk tersebut berlari sambil membungkuk dan tidak mengenakan pakaian. Diduga juga berbadan kerdil.

Melihat hal itu, beberapa temannya lantas memacu kendaraan dan mengejar, hingga makhluk misterius menghilang masuk ke dalam ilalang rimbun di sisi sebelah kiri jalan.

Pemotor tersebut lantas berhenti disusul teman-temannya yang mengikuti di belakang. Mereka berusaha masuk ke dalam ilalang untuk mencari, namun tak membuahkan hasil.

"Tahan-tahan, parang, parang ada," katanya.

Video yang ramai sejak beberapa waktu lalu tersebut mendapat komentar beragam dari netizen. Salah satu pengguna Instagram, nisae23 menyakini bahwa makhluk tersebut dari Suku Mante.

"Itu suku pedalaman Aceh, yaitu Suku Mante. Mereka sebenarnya ada di sekeliling pedalaman hutan Aceh dan hidup berkelompok. Penciuman mereka tajam dan sangat asing dengan dunia di luar hutan. Mereka termasuk pelari tercepat. Hobi sih boleh tapi tahu tempat lah, kalau tracking ke hutan mah gak masalah, ini maen motor di hutan. Situ waras?"dikutip dari Merdeka.

Ada juga netizen yang menyarankan untuk tidak asal menuding keberadaan Suku Mante. "Gara-gara video ini, ada berita orang suku mante ditangkap," ujar netizen lainnya, ram.ski.

Ada juga netizen yang menyangsikan keaslian video tersebut. "Editan kayaknya, soalnya semak-semak gak goyang sama sekali," tulis ecchayoe.

"Sedetik sebelum crosser jatuh makhluk itu tidak ada, kemudian tiba-tiba muncul masuk ke frame, amati lagi deh dan kemunculan pertama warna tubuh makhluknya terlalu kontras seperti animasi, tapi begitu lari pergerakannya alami dan warna menyatu sama environment-nya.

Hmmm, kalau ini animasi yang ngedit boleh juga lah, hehehe, berhasil mengelabuhi banyak mata. Dikontrak industri film Indonesia aja hehe, kalau beneran ada ya jangan diusik kehidupannya," tutur rivsatss.

Informasi dihimpun, Suku Mante merupakan salah satu etnik terawal dalam legenda rakyat pernah mendiami Aceh. Suku ini bersama suku-suku asli lainnya seperti Lanun, Sakai, Jakun, Senoi, dan Semang, merupakan etnik-etnik pembentuk Suku Aceh yang ada sekarang.

Suku Mante diperkirakan termasuk dalam rumpun bangsa Melayu Proto, awalnya menetap di wilayah sekitar Aceh Besar, dan tinggal di pedalaman hutan. Mereka bermigrasi melalui Semenanjung Melayu.

Dalam legenda masyarakat Aceh, Suku Mante dan Suku Batak disebut sebagai cikal bakal dari suku tiga ratus, yang merupakan salah satu kelompok penduduk asli Aceh.

Suku Mante saat ini diperkirakan sudah punah, karena sudah bercampur dengan suku bangsa pendatang lainnya. Belum ada bukti ilmiah yang kuat terhadap keberadaan suku untuk saat ini.

KOMENTAR