Cara Mendidik Anak Agar Tangguh Menghadapi Masalah Yang Dihadapinya

 23 Mar 2017  Cang Karna
Cara Mendidik Anak Agar Tangguh Menghadapi Masalah Yang Dihadapinya

Masalah keluarga seringkali tak terhindarkan dalam kehidupan berumah tangga. Namanya juga masalah keluarga, sebesar apapun usaha orangtua menutupinya dari anak, toh mereka akan kena dampaknya juga. Di sisi lain, tak baik menutup-nutupi masalah dari anak dan bersikap seolah tak ada apa-apa. Dengan begitu anak malah tak bisa belajar tentang realita hidup.

Lalu bagaimana seharusnya orangtua bersikap untuk mendampingi anaknya agar tangguh menghadapi masalah apapun yang dihadapinya kelak? Tak ada salahnya orangtua mempersiapkan mental anak sedini mungkin.

BACA JUGA : Tanggung Jawab Anak Terhadap Orang Tua

Masalah bisa beres bila dihadapi dengan sikap dewasa. Anak-anak pun bisa dibimbing untuk dapat bersikap mandiri dan dewasa, antara lain, dengan cara:

1. Tidur terpisah

Dengan cara ini, anak belajar mengatasi kesendirian dan rasa takut. Bila terus tidur bersama orangtua, daya juangnya tak terlatih karena selalu merasa aman dalam dekapan orangtua.

2. Layani diri sendiri

Paling tidak sejak usia 3 tahun, anak bisa dilatih untuk melayani dirinya sendiri, seperti mandi, memakai baju, dan makan sendiri. Jikaa terus dilayani, mereka tak bisa memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri.

3. Latihan ibadah

Sejak usia 7 tahun biasakan anak shalat lima waktu dan puasa sebulan penuh sehingga di usia 10 tahun sudah terbiasa. Momen shalat berjamaah juga jadi sarana merekatkan hubungan orangtua dan anak.

4. Gaya hidup sederhana

Walau mampu secara finansial, tak ada salahnya tetap hidup sederhana agar anak tahu setiap usaha untuk mendapatkan uang. Ajarkan pula mereka mengelola uang secara bijaksana untuk digunakan, ditabung, dan disedekahkan.

5. Hindari menyalahkan orang lain

Ketika sesuatu terjadi pada anak, jangan cepat menyalahkan orang lain. Tanyakan langsung kepada anak hingga ia bisa bertanggung jawab terhadap tindakannya sendiri. Kelak, bila ada masalah, ia pun tak mudah menyalahkan orang lain.

KOMENTAR