1 Orang Meninggal Saat Longsor Melanda di Kabupaten Magelang

Penulis Penulis | Ditayangkan 07 Dec 2016
1 Orang Meninggal Saat Longsor Melanda di Kabupaten Magelang

Bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Gunung Malang, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mengakibatkan seorang warga meninggal dunia. Korban adalah Juwarni (45), warga RT: 03, RW: 03 Dusun Gunung Malang, Desa Sukomakmur.

Kiswadi, anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Magelang wilayah Kecamatan Kajoran menyebutakan, longsor terjadi pada hari Selasa , seperti yang wajibbaca.com rangkum dari laman kompas.com, setelah sebelumnya hujan deras mengguyur kawasan tersebut sejak siang.

Berdasarkan informasi dari warga, sebut dia, ketika itu korban sedang bertani di area persawahan yang terletak di bawah hutan lindung Perum Perhutani atau sekitar 5 kilometer dari permukiman warga. Tiba-tiba tebing setinggi sekitar 40 meter tidak jauh dari lokasi korban mengalami longsor hingga menyeret tubuh korban.

"(Material) longsoran kedua menimbun sebagian tubuh korban," ujar Kiswadi, seperti yang wajibbaca.com rangkum dari laman kompas.com.

Mengetahui kejadian itu pihak keluarga dibantu warga dan relawan berusaha menolong korban. Medan yang terjal sempat menyulitkan proses evakuasi korban. Meski berbekal alat sederhana, akhirnya korban berhasil dievakuasi sekitar satu jam kemudian dalam kondisi masih hidup.

"Saat dievakuasi korban masih hidup. Namun saat sampai di rumah sekitar pukul 17.30 WIB, nyawa korban tidak tertolong. Korban diketahui mengalami patah kaki," katanya.

Saat ini korban sudah disemayamkan di rumah duka. Rencana pemakaman akan dilaksanakan Rabu pagi di Dusun setempat.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, mengatakan, BPBD Kabupaten Magelang telah melakukan pendataan korban dan memberikan bantuan logistik ke lokasi musibah. 

Ia selalu mengimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan dan waspada guna mengantisipasi bencana longsor selama musim penghujan tahun ini.
Masyarakat diminta untuk mengenali kondisi lingkungan sekitarnya agar longsor dapat diantisipasi.


"Saat hujan deras sebaiknya waspada dan disarankan menjauhi lokasi-lokasi rawan longsor," kata Sutopo melalui pesan singkat.
SHARE ARTIKEL