Tuntut Keadilan, Ratusan Karyawan PT Freeport Indonesia Mogok Kerja

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 04 Oct 2016
Tuntut Keadilan, Ratusan Karyawan PT Freeport Indonesia Mogok Kerja

PT Freeport Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan tambang terkemuka di dunia telah melakukan eksplorasi, menambang, dan memproses bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak di daerah dataran tinggi di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Indonesia. Beberapa kali sempat muncul kepermukaan karena ada beberapa hal negatif yang menyangkut PT. Freeport ini.

Kali ini Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PT Freeport Indonesia (PT FI) menggelar unjuk rasa. Dalam unjuk rasa tersebut, SPSI Freeport meminta adanya keadilan pembagian bonus bagi kurang lebih 800 karyawan yang bekerja di tambang terbuka.

Baca Juga : Viral di Medsos, Foto Siswa SDN 018 Upacara di Tengah Banjir, Hingga Dihujani Ribuan Komentar

Sekretaris Hubungan Industrial Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Freeport Tri Puspital menyebutkan, puncak permasalahan pada pertemuan 19 September 2016 terjadi ketimpangan pemberian bonus bagi pekerja tambang terbuka hanya 17 persen. Sementara bagi pekerja Geotek mendapatkan bonus 45 persen dari total gaji karyawan.

"Para pekerja kecewa mendapatkan bonus kecil, apalagi selama ini karyawan telah membantu perusahaan dalam operasional. Dengan adanya ketimpangan ini, maka sejak 28 September karyawan memutuskan untuk mogok kerja, hingga ada kesepakatan antara perusahaan dan karyawan," jelas Tri Puspital, dikutip dari Liputan6.com, Senin (3/10/2016).

Setiap harinya, tambang terbuka itu menghasilkan sekitar 200 ribu ton ore atau bijih mineral. Sementara para pekerja di tambang terbuka itu membawa alatnya masing-masing berkisar 6-7 jam per hari.

Tuntut Keadilan, Ratusan Karyawan PT Freeport Indonesia Mogok Kerja

"Sementara ini yang dituntut oleh teman-teman karyawan adalah meminta transparansi dari perusahaan tentang pemberian bonus, misalnya bagaimana formula pemberian bonus, bagaimana caranya dan baru dibandingkan dengan aktual pencapaian dengan kondisi real di lapangan," urai dia.

Tuntut Keadilan, Ratusan Karyawan PT Freeport Indonesia Mogok Kerja

Juru bicara PT Freeport Indonesia, Riza Pratama membenarkan adanya mogok kerja sejak 28 September dari karyawan di tambang terbuka, karena masalah pemberian bonus.

"Kami sedang berupaya untuk mengatasi masalah ini dan mengembalikan operasi tambang terbuka sesegera mungkin," jelasnya.

Mogok kerja yang dilakukan karyawan Freeport Indonesia tersebut tak berdampak pada operasi tambang bawah tanah. "Operasi pabrik pengolahan juga masih beroperasi secara terbatas,"ungkap dia.

Bila dikupas lebih dalam, akan mengarah ke arah politik. Namun terlepas dari itu seharusnya hak-hak pekerja, terutama anak negeri harus diberikan yang sepadan dan adil. Itu adalah kekayaan negeri kita dan seharusnya dimanfaatkan sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat.
SHARE ARTIKEL