Fakta Menarik Dibalik Kemenangan Pasangan Ganda Campuran Indonesia Tontowi & Liliyana

Penulis Unknown | Ditayangkan 18 Aug 2016
Nama Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir seakan menjadi bintang nomor 1 se-Indonesia sejak kemenangannya dalam meraih medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro kemarin.

Fakta Menarik Dibalik Kemenangan Pasangan Ganda Campuran Indonesia Tontowi & Liliyana

BACA JUGA: HEBOH! Agama Yahudi Disahkan dan Diizinkan Berkembang Di Indonesia!

Kemenangan Ini juga dianggap sebagai kado bagi Indonesia atas Ulang tahunnya yang ke 71. Tapi tahukah kamu ternyata ada fakta-fakta yang menarik loh, dibalik kemenangan pasangan yang akrab disapa Owi & Butet ini. Ini dia ke-7 fakta menarik seperti yang dilansir dari kompas.

1. Owi/Butet tak pernah kehilangan satu gim pun selama Olimpiade Rio 2016. Mulai dari melawan pasangan Robin Middleton/Leanne Choo, Bodin Issara/Savitree Amitrapai, Chang PS/Goh LY (dua kali), Praveen Jordan/Debby Susanto, dan Zhang Nan/Zhao Yunlei, mereka menang dua game langsung.

2. Keberhasilan Owi dan Butet adalah persembahan medali emas pertama dari nomor ganda campuran. Sebelumnya, prestasi terbaik dari nomor ini adalah dua medali perak oleh Tri Kusharjanto/Minarti Timur (2000) dan Nova Widianto/Liliyana (2008).

3. Bagi Owi, ini adalah medali pertamanya di Olimpiade sedangkan Liliyana sempat meraih medali perunggu pada 2008. Pada London 2012, Owi/Butet kalah dalam perebutan medali perunggu dari pasangan Denmark.

4. Liliyana Natsir menjadi wanita Indonesia kedua yang berhasil meraih medali emas Olimpiade setelah Susi Susanti meraihnya di Olimpiade Barcelona tahun 1992 dari nomor tunggal putri.

5. Sejak bulu tangkis resmi dipertandingkan di Olimpiade 1992, tercatat hanya pada Olimpiade London 2012, Indonesia gagal meraih emas. Bahkan, pada olimpiade tersebut tim bulu tangkis Indonesia gagal meraih medali apa pun.

6. Medali yang diraih Owi dan Butet adalah medali emas ketujuh bagi Indonesia di ajang Olimpiade sejak berpartisipasi pada 1952 di Olimpiade Helsinki. Tujuh medali emas itu seluruhnya disumbangkan oleh cabang bulu tangkis.

7. Medali emas dari Owi dan Butet dipastikan pada hari Rabu, 17 Agustus 2016, pukul 23.57 WIB. Medali ini bagai sebuah kado spesial pada hari ulang tahun ke-71 Republik Indonesia. Pada laga final, dipergunakan 17 kok (sesuai tanggal kemerdekaan) dan berlangsung selama 45 menit (sesuai tahun kemerdekaan).

Gak nyangka banget kan.. Ternyata ada 7 fakta tersembunyi dibalik itu kemenangan mereka. Bagaimana menurutmu guys?
SHARE ARTIKEL