Pengemudi Truk di Nice Sempat Keluarkan Senjata dan Lepas Tembakan Sebelum Ditembak Mati Polisi

Penulis Penulis | Ditayangkan 15 Jul 2016

Pengemudi truk besar yang menabrak mati puluhan orang di Nice, Prancis, sempat mengeluarkan pistol saat beraksi. Pengemudi truk itu melepas tembakan beberapa kali, sebelum ditembak mati polisi setempat.

Pengemudi Truk di Nice Sempat Keluarkan Senjata dan Lepas Tembakan Sebelum Ditembak Mati Polisi

"Pada saat pengemudi truk ditembak mati polisi, dia sempat melepas tembakan beberapa kali," terang pejabat setempat atau yang disebut sebagai presiden wilayah Nice, Christian Estrosi, seperti dilansir News.detik.com, Jumat (15/7/2016).

Sumber yang memahami penyelidikan insiden ini menyatakan, ada sebuah granat yang tidak aktif ditemukan di dalam truk besar berwarna putih itu. Sejumlah senjata api juga ditemukan di dalam truk. "Beberapa senapan itu palsu," imbuhnya.

Baca juga: Dunia Kecam Teror Truk Pembunuh Massal di Nice, Paris Tewaskan 80 Orang

Secara terpisah, seorang saksi mata bernama Nader menuturkan kepada televisi lokal BFM-TV, bahwa dirinya menyaksikan serangan teror itu dari awal hingga akhir. Nader awalnya mengira pengemudi truk itu kehilangan kendali atas kendaraannya.

"Saya ada di jalanan. Pengemudi itu berhenti di depan saya setelah dia menabrak banyak orang. Saya melihat ada satu orang di jalan, kami berusaha berbicara dengan pengemudi itu untuk memintanya berhenti," terang Nader.

"Pengemudi itu terlihat gugup. Ada seorang gadis di bawah truknya, pengemudi itu melindasnya. Pria di sebelah saya menarik gadis itu keluar," tuturnya dalam bahasa Inggris terbata-bata.

Nader kemudian mengaku dirinya melihat pengemudi truk itu mengeluarkan senjata api dan mulai menembaki polisi. "Polisi membunuhnya dan kepalanya menjulur keluar dari jendela," sebutnya.

Kaca bagian depan truk berukuran besar itu dipenuhi lubang bekas peluru. Polisi terus menembaki truk itu untuk menghentikannya menabraki orang-orang, namun sang pengemudi terus melaju. Bahkan dituturkan seorang wartawan AFP yang ada di lokasi, Robert Holloway, truk terus melaju sejauh 2 kilometer dan menerjang orang-orang yang berkumpul di trotoar dan pinggir pantai Nice. Nice adalah kota di sebelah tenggara Prancis yang berjarak 932 km dari Paris. 
SHARE ARTIKEL