MasyaAllah, Dokter Ini Tumbuhkan Hidung di Dahi, Dan Berhasil Lakukan Operasi Langka.

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 11 Jul 2016

MasyaAllah, Dokter Ini Tumbuhkan Hidung di Dahi, Dan Berhasil Lakukan Operasi Langka.
Arun Patel (12) dari Madhya Pradesh, India via healtdetik
Sungguh kasihan nasib anak ini, dia adalah Arun Patel (12) dari Madhya Pradesh, India. Sewaktu masih bayi ia mengalami pneumonia (infeksi paru) yang menyebabkannya harus dirawat. Orangtuanya membawa Arun ke klinik kesehatan setempat namun terapi yang dilakukan malah membuat infeksi semakin parah menyebar ke hidung.

Meski pada akhirnya kondisi kesehatan Arun bisa diperbaiki, hidungnya sudah rusak kehilangan bentuk karena infeksi telah sampai menggerogoti tulang rawan.

Lebih dari satu dekade kemudian tim dokter dari kota Indore yang mengetahui kondisi Arun memutuskan untuk melakukan prosedur operasi bedah plastik langka. Operasi yang memakan waktu total setahun ini melibatkan penumbuhan kembali hidung menggunakan jaringan lain yang ada di tubuh pasien.

dr Ashwini Dash selaku pemimpin tim menjelaskan ia mengambil jaringan tulang rawan dari dada untuk menjadi bahan baku. Setelah itu tulang rawan tersebut ditanam di dahi Arel selama tiga bulan agar bisa tumbuh menjadi hidung dan siap ditanam di tempat hidung lama yang sudah disiapkan sebelumnya.

Baca Juga : MasyaAllah, Lelaki Ini Hidup Tanpa Jantung Manusia Selama Hampir 2 Tahun.

"Yakin hidung baru ini bisa berfungsi semestinya seperti organ lain," kata dr Dash seperti dikutip dari BBC.

Saat ini kondisi Arun dilaporkan sudah semakin baik. Tinggal fase terakhir dari operasi yang melibatkan prosedur untuk memperbaiki dahinya dari bekas luka. Semoga keadaan Arun lekas membaik ya.

Memang bagi orangtua, memperhatikan kesehatan anak semenjak dini merupakan suatu yang harus dilakukan. Agar tak menyesal nantinya.
SHARE ARTIKEL