Inilah Alasan Mengapa ASI Eksklusif Selama 6 Bulan pada Bayi.

Penulis Unknown | Ditayangkan 11 Jul 2016
Menyusui adalah aktifitas yang harus dilalui oleh para ibu pasca melahirkan. Dalam aplikasinya, pemberian ASI secara eksklusif, tanpa tambahan makanan lain, dalam waktu sekitar 6 bulan adalah hal yang direkomendasikan oleh para ahli. Mengapa harus 6 bulan, berikut alasannya menurut dr. Raehanul Bahraen yang berhasil kami lansir dari muslimah:

Inilah Alasan Mengapa ASI Eksklusif Selama 6 Bulan pada Bayi.

– Setelah usia enam bulan anak akan mulai tumbuh giginya, bayi diatas usia 6 bulan juga harus mulai dilatih untuk mengunyah. Kegiatan mengunyah ini, akan mengantarkannya kepada pembiasaan gerakan otot-otot mulutnya. Dengan otot-otot mulut yang terlatih ini, maka dia akan mengalami kemudahan untuk belajar berbicara. Sedangkan cita rasa yang dihantarkan oleh makanan-makanan tersebut akan mendorong sel-sel indra pengecapnya untuk mulai mempelajari perbedaan antara makanan satu dengan makanan lain dan mulai membaginya dalam kategori-kategori yang disusun rapi dalam otaknya.

– Bayi mulai melakukan tahap belajar duduk, lalu berdiri, lalu berjalan. Keempat aktifitas ini, memerlukan tulang yang kuat, energi yang tepat, tenaga yang besar dan koordinasi kerja organ-organ tubuh yang seimbang. Sehingga bayi juga perlu protein, baik protein hewani (seperti susu, keju, daging, telur, dll) ataupun protein nabati (seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, dll) karena protein tersebut bisa membantu tubuh untuk membentuk sel-sel darah yang berguna agar kerja otak dan jantung menjadi maksimal.

— Anak secara naluri mulai menaruh apa saja yang ia pegang di mulutnya, oleh karena itu kita harus benar-benar mengawasi (pengalaman penyusuan, anak kami pernah pegang cicak mati, itu juga langsung mau dimasukkan ke mulutnya)

— Umur enam bulan enzim dan pencernaan bayi mulai berkembang dan matang.

Demikian alasan mengapa harus ASI eksklusif selama 6 bulan. Semoga bisa bermanfaat bagi para calon ibu untuk bisa memahami apa yang harus di lakukan untuk bayi-bayi mereka..
SHARE ARTIKEL