Inilah Alasan Mengapa ASI Eksklusif Selama 6 Bulan pada Bayi.

 11 Jul 2016  Unknown
Menyusui adalah aktifitas yang harus dilalui oleh para ibu pasca melahirkan. Dalam aplikasinya, pemberian ASI secara eksklusif, tanpa tambahan makanan lain, dalam waktu sekitar 6 bulan adalah hal yang direkomendasikan oleh para ahli. Mengapa harus 6 bulan, berikut alasannya menurut dr. Raehanul Bahraen yang berhasil kami lansir dari muslimah:

Inilah Alasan Mengapa ASI Eksklusif Selama 6 Bulan pada Bayi.

– Setelah usia enam bulan anak akan mulai tumbuh giginya, bayi diatas usia 6 bulan juga harus mulai dilatih untuk mengunyah. Kegiatan mengunyah ini, akan mengantarkannya kepada pembiasaan gerakan otot-otot mulutnya. Dengan otot-otot mulut yang terlatih ini, maka dia akan mengalami kemudahan untuk belajar berbicara. Sedangkan cita rasa yang dihantarkan oleh makanan-makanan tersebut akan mendorong sel-sel indra pengecapnya untuk mulai mempelajari perbedaan antara makanan satu dengan makanan lain dan mulai membaginya dalam kategori-kategori yang disusun rapi dalam otaknya.

– Bayi mulai melakukan tahap belajar duduk, lalu berdiri, lalu berjalan. Keempat aktifitas ini, memerlukan tulang yang kuat, energi yang tepat, tenaga yang besar dan koordinasi kerja organ-organ tubuh yang seimbang. Sehingga bayi juga perlu protein, baik protein hewani (seperti susu, keju, daging, telur, dll) ataupun protein nabati (seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, dll) karena protein tersebut bisa membantu tubuh untuk membentuk sel-sel darah yang berguna agar kerja otak dan jantung menjadi maksimal.

— Anak secara naluri mulai menaruh apa saja yang ia pegang di mulutnya, oleh karena itu kita harus benar-benar mengawasi (pengalaman penyusuan, anak kami pernah pegang cicak mati, itu juga langsung mau dimasukkan ke mulutnya)

— Umur enam bulan enzim dan pencernaan bayi mulai berkembang dan matang.

Demikian alasan mengapa harus ASI eksklusif selama 6 bulan. Semoga bisa bermanfaat bagi para calon ibu untuk bisa memahami apa yang harus di lakukan untuk bayi-bayi mereka..