5 Hal Ini Dapat Menyebabkan Bau Badan

 30 Jul 2016  Dzikir Pikir
5 Hal Ini Dapat Menyebabkan Bau Badan

Selain membuat kita tak percaya diri saat bergaul, bau badan juga menjadikan kita sendiri tidak nyaman. Karena kita mencium bau tak sedap, dan itu berasal dari diri kita sendiri.

Bau Badan (BB) bukan hanya sekadar lupa menggunakan deodoran! Ada penyebab lain yang belum tentu diketahui umum yang menjadi penyebab aroma tak sedap dari tubuh seseorang.

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa keringat sendiri tidaklah berbau. Aroma tak sedap dihasilkan ketika bakteri di permukaan kulit mulai terurai menjadi senyawa kimia, dikutip dari hellodoctor, inilah 5 penyebab bau badan,

1.Asalnya dari Gen Anda

Trimetilaminuria – atau yang juga disebut sebagai Sindrom Bau Amis adalah penyakit keturunan langka yang penyebabnya belum diketahui. Tubuh Anda tak mampu mengurai senyawa kimia yang disebut Trimetilamin, dan menimbulkan aroma amis atau seperti ikan busuk pada keringat, air seni dan nafas.

Baca Juga : Begini Cara Yang Benar Menangani Luka Melepuh

Penyakit ini bisa didiagnosa lewat tes urin, tapi sayangnya saat ini belum ada obatnya. Akan tetapi, menurut National Human Genome Research Institute, aroma tersebut bisa dikurangi dengan menghindari makanan-makanan tertentu.

Tapi sebab genetis tidak hanya berhenti di situ saja. Anda juga bisa mewarisi bau kaki! Bakteri berkembangbiak di tempat yang gelap dan hangat, misal kaus kaki dan sepatu tertutup adalah lingkungan ideal bagi bakteri. Hal ini lebih mudah ditangani. Anda bisa mengurangi bau dengan lebih memperhatikan kebersihan tubuh. Satu hal lagi, pastikan kaki dan sela-sela jari kaki benar-benar kering sehabis mandi.

2.Diabetes

Jika tidak ditangani, penyakit diabetes bisa menimbulkan Ketoasidosis Diabetik. Tubuh Anda tidak memiliki cukup insulin dan mulai menguraikan lemak, bukan kalori, untuk menghasilkan energi. Hal ini menyebabkan bertimbunnya senyawa kimia yang disebut dengan keton, yang menimbulkan bau yang tajam yang menyerupai bau aseton.

3.Keringat Stres

Ada dua jenis kelenjar keringat yaitu ekrin dan apokrin. Jika Anda stres, kelenjar apokrin mengeluarkan cairan yang disukai oleh bakteri karena kandungan lemak dan protein, dan hal ini menyebabkan bau tidak sedap.

Baca Juga : Cara Mudah Putihkan Gigi Dalam Hitungan Menit!!!

Ingat bahwa Anda bisa menderita stres tanpa Anda sadari.

4.Sayuran

Pola makan kaya sayuran, adalah bagian penting dalam penyediaan nutrisi yang baik, tapi ada beberapa sayuran tertentu seperti brokoli dan Brussel sprouts yang kaya belerang dan dapat berkontribusi menyebabkan Bau Badan.

5.Minuman beralkohol

Anda tahu bahwa nafas Anda tidak segar setelah malam sebelumnya minum minuman beralkohol, tapi tahukah Anda bahwa alkohol bisa keluar dari pori-pori kulit Anda? Jadi, walaupun Anda tak keberatan dengan nafas Anda, sebaiknya Anda segera mandi jika tak ingin bau yang keluar dari tubuh Anda menjadi berkali lipat.

Bila anda punya masalah dengan bau badan maka periksa dulu, apakah ada dari 5 hal diatas yang anda lakukan atau alami. Jadi lebih mudah penangananya.