Awas, 6 Kebiasaanmu Ini Mengerikan Buat Otak

Penulis Penulis | Ditayangkan 26 Jun 2016

Seperti organ vital lainnya, otak adalah bagian tubuh yang sangat berharga. Otak juga menjadi identitas manusia yang tidak bisa tergantikan, berbeda dengan organ tubuh lain. Pasalnya, otak menyimpan ingatan dan pengalaman yang diperoleh pemiliknya selama bertahun-tahun.

Agar dapat bekerja optimal, otak membutuhkan asupan glukosa dan oksigen dalam jumlah cukup. Glukosa diperoleh dari zat makanan seperti protein, karbohidrat dan sebagainya.

Gaya hidup netizen di kota-kota besar ternyata membuat otak bekerja keras. Secara tak sadar, berbagai kebiasaan ini berdampak mengerikan buat otak. Untuk merawat dan mengembangkan otak, hindari kebiasaan buruk ini, sebagaimana dilansir dari laman Deutsche Welle.:

1. Meninggalkan Sarapan


Awas, 6 Kebiasaanmu Ini Mengerikan Buat Otak

Sering terburu-buru berangkat kerja sampai lupa sarapan? Jangan lupa... sarapan itu sangat penting. Mereka yang tidak sarapan akan memiliki kadar gula darah lebih rendah. Ketika Anda tidur di malam hari selama berjam-jam, otak kekurangan nutrisi yang harus segera diasup kembali. Jika Anda terbiasa tidak sarapan selama bertahun-tahun itu dapat menyebabkan degenerasi otak.
Stop kebiasaan tidak sarapan dan ganti dengan asupan bergizi cukup.

Baca Juga : Mata Merah Karena Terlalu Lama di Depan Komputer ? Coba Solusi Berikut Ini Untuk Mengtasinya .

2. Menghisap Rokok Sebagai Gaya Hidup


Awas, 6 Kebiasaanmu Ini Mengerikan Buat Otak

"Merokok, sangat mengurangi kesehatan otak sehingga dapat menyebabkan kerusakan otak," kata dr Roeslan Yusni Hasan, Sp Bs, Dokter ahli bedah saraf dari Mayapada Hospital kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

"Tetapi banyak perokok yang mencari-cari alasan dengan menyatakan bahwa merokok adalah menyehatkan. Itu salah besar," lanjutnya.

Baca Juga : Suami Jahat, 5 Tahun Tak Cium Istri Gara-gara Jerawat

Kita semua tahu merokok itu buruk bagi kesehatan. Efek samping lain dari merokok adalah menyebabkan penyusutan beberapa bagian otak. Merokok juga diduga merupakan penyebab Alzheimer dan penyakit demensia lainnya.

Kita semua tahu merokok itu buruk bagi kesehatan. Efek samping lain dari merokok adalah menyebabkan penyusutan beberapa bagian otak. Merokok juga diduga merupakan penyebab Alzheimer dan penyakit demensia lainnya.

3. Makan Terlalu Banyak


Indonesia memang surganya makanan? Sering terus makan meski sudah sangat kenyang? Seolah-olah kita belum merasa bersalah tentang yang satu ini! Ternyata, selain berat badan bertambah, makan berlebihan juga menyebabkan pengerasan arteri otak yang pada gilirannya menurunkan kinerja berpikir. Makanlah secukupnya.

4. Polusi Udara


Yang satu ini memang lebih sulit dihindari di kota-kota yang kadar polusinya tinggi. Kecuali jika Anda berjalan-jalan di luar rumah dengan masker wajah. Otak membutuhkan jumlah oksigen yang luar biasa banyak agar otak dapat berfungsi dengan baik. Terus-menerus menghirup polusi mengurangi suplai oksigen dan menyebabkan penurunan efisiensi otak.

5. Kurang Tidur


Awas, 6 Kebiasaanmu Ini Mengerikan Buat Otak

Kurang tidur, dalam jangka panjang mempercepat kematian sel-sel otak. Padahal kita perlu menjaga sel-sel otak agar hidup selama mungkin! Tidur memberikan otak Anda kesempatan beristirahat dan regenerasi setelah hari kerja yang panjang, melelahkan dan kadang-kadang stres. Jadikan tidur sebagai prioritas.

6. Memaksa Otak Bekerja Ketika Sakit

Ketika tubuh menunjukkan tanda-tanda sakit, sering kali tubuh memberitahu kita untuk beristirahat dan mengembalikan gaya hidup sehat. OTAK kita juga membutuhkan istirahat! Memaksakan diri terus belajar atau bekerja serta melakukan rutinitas harian padahal kita sedang sakit, dapat menurunkan efektivitas otak dan merusak otak.

Itulah 6 kebiasaan buruk yang dapat merusak otak. Sangat mengerikan, bukan? Untuk itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan tersebut agar otak kita tetap terjaga kesehatannya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.
SHARE ARTIKEL