Tidak Di Sangka, Setelah Banyak Yang Gagal Ternyata Seperti Ini Cara Yang Benar Untuk Memelihara Ikan, Amazing

Penulis Penulis | Ditayangkan 18 Apr 2016

Tidak Di Sangka, Setelah Banyak Yang Gagal Ternyata Seperti Ini Cara Yang Benar Untuk Memelihara Ikan, Amazing

Membudidayakan ikan mas di kolam terpal memiliki keuntungan tersendiri, antara lain adalah tempat yang lebih efisien karena tidak membutuhkan lahan yang luas untuk mempersiapkan sebuah kolam tanah. Kebersihan air dan kualitas air lebih terjamin, sehingga mengurangi resiko terjadinya infeksi penyakit pada ikan mas pada saat membudidayakannya. Dengan menggunakan cara membudidayakan ikan mas di kolam terpal, akan lebih mudah dalam melakukan perawatan dengan suhu air yang lebih stabil.

Pada musim ini membudidayakan ikan merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan . Salah satunya adalah dengan membudidayakan ternak ikan mas. Ikan mas sering dijadikan sebagai salah satu menu yang tersedia di restoran atau rumah makan, membuat kebutuhan akan ikan mas segar selalu meningkat. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan budidaya ikan mas di kolam terpal. Cara ini hanya membutuhkan modal yang sedikit, namun dapat memberikan keuntungan yang sangat besar ke depannya.

Tidak Di Sangka, Setelah Banyak Yang Gagal Ternyata Seperti Ini Cara Yang Benar Untuk Memelihara Ikan, Amazing

Setelah Anda mengetahui manfaat budidaya ikan mas di kolam terpal. Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan jenis budidaya ikan mas yang akan Anda budidayakan. Tujuan apakah yang Anda sasarkan dalam membudayakan ikan mas ini apakah untuk budidaya pembibitan ikan mas, atau untuk budidaya ikan mas untuk dikonsumsi.
Panduan Cara Budidaya Ikan Mas dengan Kolam Terpal Buatan

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam membudidayakan ikan mas di kolam terpal:

1. Persiapkan Kolam Terpal

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan kolam terpal untuk tempat budidaya ikan mas. Membudidaya ikan mas di kolam terpal harus memperhitungkan kalkulasi yang tepat antara besar kolam dengan jumlah ikan yang akan diternakkan. Anda juga harus memperhatikan beberapa bahan untuk digunakan dalam pembuatan kolam terpal. Bahan tersebut antara lain adalah sebuah terpal/ kayu /batako / tanah /papan untuk menahan terpal dan beberapa peralatan yang mampu mendukung proses pembuatan kolam terpal.


2. Mempersiapan Dalam Pembibitan

Hal selanjutnya adalah dengan memilih bibit yang tepat. Anda dapat melakukan 2 cara dalam melakukan proses pembibitan. Pertama adalah Anda dapat membeli bibit yang berkualitas dan menternakkan sendiri bibit ikan mas tersebut. Ada pula cara lain yang dapat Anda terapkan, yaitu memilih bibit ikan mas yang berkualitas baik untuk hasil yang lebih baik selanjutnya.


3. Proses Merawat Ikan Mas

Proses selanjutnya adalah proses perawatan ikan mas itu sendiri. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat ikan mas di kolam terpal adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang Anda beri pada ikan mas Anda. Anda dapat memvariasikan makanan bagi ikan lele Anda untuk hasil panen yang maksimal. Selain itu, kualitas air juga harus Anda perhatikan, agar ikan mas Anda tidak mudah terserang penyakit karena air yang memiliki kualitas yang buruk. Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti air secara periodik agar air selalu berada pada posisi bagus.

Demikian penjelasan tentang cara budidaya ikan mas pada kolam terpal. Semoga dengan tips diatas anda dapat memiliki usaha ikan mas yang menguntungkan.
SHARE ARTIKEL